Parenthood (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Parenthood
Poster resmi
SutradaraRon Howard
ProduserBrian Grazer
SkenarioLowell Ganz
Babaloo Mandel
CeritaLowell Ganz
Babaloo Mandel
Ron Howard
Pemeran
Penata musikRandy Newman
SinematograferDonald McAlpine
PenyuntingDaniel P. Hanley
Mike Hill
Perusahaan
produksi
Imagine Entertainment
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 2 Agustus 1989 (1989-08-02)
Durasi124 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$20 juta[1]
Pendapatan
kotor
$126 juta[2]

Parenthood adalah film drama komedi keluarga Amerika Serikat tahun 1989, dengan pemeran ansambel yang mencakup Steve Martin, Tom Hulce, Rick Moranis, Martha Plimpton, Keanu Reeves, Jason Robards, Mary Steenburgen dan Dianne Wiest.

Film ini disutradarai oleh Ron Howard, yang membantu pengembangan cerita bersama penulis skenario Lowell Ganz dan Babaloo Mandel. Sebagian besar didasarkan pada pengalaman keluarga dan mengasuh anak Howard, Ganz, Mandel, dan produser Brian Grazer, yang memiliki setidaknya 17 anak di antara mereka berempat. Pengambilan gambar utama difilmkan di dalam dan sekitar Orlando, Florida dengan beberapa adegan difilmkan di Universitas Florida. Film ini dinominasikan untuk dua Academy Awards: Dianne Wiest untuk Aktris Pendukung Terbaik dan Randy Newman untuk Lagu Terbaik untuk "I Love to See You Smile".

Film ini diadaptasi menjadi serial televisi NBC pada tahun 1990 dan 2010. Meskipun seri pertama dibatalkan setelah satu musim, seri kedua berlangsung selama enam musim.

Plot[sunting | sunting sumber]

Gil Buckman, seorang eksekutif penjualan di St. Louis, mencoba menyeimbangkan keluarga dan kariernya. Ketika dia mengetahui bahwa putra sulungnya, Kevin, memiliki masalah emosional dan membutuhkan konseling psikologis serta kedua anaknya yang lebih kecil, Taylor dan Justin, keduanya juga memiliki masalah, Gil mulai menyalahkan dirinya sendiri dan mempertanyakan kemampuannya sebagai seorang ayah. Saat istrinya, Karen, hamil anak keempat, dia tidak yakin bisa mengatasinya.

Gil juga frustrasi dan takut bahwa beban keuangan anak lain dan masalah kantor di tempat kerja mengubahnya menjadi gila kerja yang dia benci akibat ayahnya sendiri, Frank. Merasa rendah hati karena masalah keluarga dan pekerjaan, Gil membuka diri kepada Frank tentang keraguannya sebagai orang tua. Frank mengatakan kepadanya bahwa dia terlalu khawatir, dan mereka berdamai dengan Frank yang memberi tahu Gil bahwa kekhawatiran terhadap anak-anaknya tidak pernah berakhir. Gil akhirnya bisa menerima kehidupan yang dipilihnya setelah neneknya yang sudah lanjut usia menceritakan kepadanya kisah pengalaman pertamanya menaiki roller coaster ketika dia masih muda dan kagum dengan semua emosi berbeda yang dia alami dibandingkan dengan komidi putar, bulat yang sederhana dan hambar.

Kakak perempuan Gil, Helen, adalah seorang manajer bank yang sudah bercerai dan mantan suaminya yang seorang dokter gigi yang kaya dan tidak berguna, tidak ingin berurusan dengan anak-anak mereka, Garry dan Julie, selain pembayaran tunjangan anak dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga keduanya. Garry yang baru saja memasuki masa puber, adalah sosok yang pendiam dan suka menyendiri di kamarnya dengan membawa kantong kertas misterius. Pada awalnya, Helen khawatir bahwa itu berisi obat-obatan atau alkohol, namun kemudian mengetahui bahwa kantong kertas itu berisi film pornografi.

Julie masih duduk di bangku SMA tetapi tidak tertarik dengan pendidikannya. Dia dan pacarnya, Tod Higgins, menikah, dia hamil, dan Tod pindah ke rumah Helen. Helen meminta Tod untuk berbicara dengan Garry karena yakin dia akan lebih nyaman menceritakan rahasianya kepada pria lain. Tod meyakinkan Garry bahwa obsesinya terhadap perempuan dan seks adalah normal bagi anak laki-laki seusianya, yang membuat Garry lega. Hal ini juga meningkatkan rasa hormat Helen terhadap Tod, terutama ketika Tod mengungkapkan masa lalunya yang melibatkan ayahnya yang kejam dan tekadnya untuk tidak mengikuti jalan yang sama. Akhirnya, dia mendukung hubungan Tod dan Julie sampai-sampai ketika Julie ingin putus dengan Tod, Helen memerintahkan dia untuk menghadapi ketakutannya dan memperbaiki hubungan mereka. Helen juga mulai berkencan dengan guru sains Garry, memberikan Garry sosok ayah yang sudah lama tidak ia miliki.

Adik perempuan Gil dan Helen, Susan, adalah seorang guru sekolah menengah yang menikah dengan ilmuwan dan peneliti, Nathan Huffner. Mereka memiliki seorang putri yang dewasa sebelum waktunya, Patty. Susan menginginkan lebih banyak anak, namun Nathan lebih tertarik pada perkembangan kognitif Patty. Susan menyerang dengan memakan junk food dan mengkompromikan diafragmanya sebagai rencana untuk hamil yang bertentangan dengan keinginan Nathan. Dia akhirnya menjadi sangat frustrasi sehingga dia meninggalkan Nathan, yang akhirnya Nathan datang ke salah satu kelasnya dan menyenandungkannya untuk memenangkannya kembali dan berjanji padanya bahwa dia akan mencoba untuk berubah. Susan setuju untuk kembali ke rumah.

Yang termuda, Larry, adalah kambing hitam dalam keluarga tetapi merupakan favorit Frank. Alih-alih menetap dalam karier, ia malah menjalani hidup dengan mencoba mendapatkan uang dari skema cepat kaya. Dia baru-baru ini muncul bersama putra birasialnya, Cool, meminta untuk meminjam uang dari Frank. Hal tersebut menjadi jelas bahwa Larry membutuhkan uang untuk melunasi hutang perjudian atau dia akan dibunuh. Frank kecewa tetapi tetap mencintainya dan mencoba membantu. Frank menolak untuk menyelamatkannya sepenuhnya tetapi menawarkan untuk mengajarinya bisnis keluarga sehingga dia dapat mengambil alih perusahaan Frank yang harus menunda masa pensiunnya untuk melunasi utangnya. Namun, Larry malah menyarankan skema cepat kaya lainnya yang melibatkan dia pergi ke Chili. Frank setuju untuk menjaga Cool karena mengetahui bahwa Larry kemungkinan besar tidak akan pernah kembali, dan fakta bahwa Larry tidak akan menjaga Cool.

Keluarga itu berkumpul kembali di rumah sakit ketika Helen melahirkan seorang putri. Tod dan Julie bersama-sama, membesarkan putra mereka. Susan tampak hamil. Gil dan Karen sekarang menjadi orang tua dari empat anak.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan sebesar 92% berdasarkan 59 ulasan, dengan skor rata-rata 7,50/10. Konsensus kritis situs web tersebut berbunyi: "Didukung oleh pemeran yang menyenangkan, Parenthood adalah tampilan lucu dan dibuat dengan cermat tentang momen terbaik dan terburuk dalam kehidupan keluarga yang bergema secara luas".[3] Di Metacritic, film ini mendapat skor 82 berdasarkan 17 ulasan.[4] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberikan film ini nilai rata-rata "A" pada skala A+ hingga F.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Box Office Figures"Perlu langganan berbayar. Los Angeles Times. May 5, 1990. Diakses tanggal February 25, 2018. 
  2. ^ "Parenthood (1989)". Box Office Mojo. 2007-03-05. Diakses tanggal 2010-01-07. 
  3. ^ "Parenthood". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 25 July 2022. 
  4. ^ "Parenthood". Metacritic. Diakses tanggal 2016-03-19. 
  5. ^ "Cinemascore: Movie Title Search". 2018-12-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-20. Diakses tanggal 2020-07-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]