Ordo Kuil Matahari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Ordo Kuil Matahari adalah sebuah sekte yang didirikan oleh Joseph Di Mambro dan Luc Jouret di Jenewa pada tahun 1984. Sekte tersebut adalah salah satu dari banyak kelompok yang telah melihat dirinya sebagai kebangkitan Kesatria Kenisah Abad Pertengahan. Jouret mengaku sebagai Kristus dan reinkarnasi dari salah satu anggota ordo abad ke-14. Para pemimpin juga menubuatkan bahwa putri Di Mambro, Emmanuelle, akan membawa anggota kelompok ke sebuah planet yang berputar di sekitar bintang Sirius setelah kematian duniawi mereka.

Ordo Kuil Matahari adalah kultus hari kiamat. Di Mambro dan Jouret percaya bahwa akhir dunia akan datang pada pertengahan 1990-an. Namun, kelompok tersebut kehilangan beberapa anggota, termasuk Emmanuelle, setelah apa yang diklaim para pemimpin sebagai "penglihatan" terungkap sebagai tipuan. Akhirnya, pada tahun 1994, Di Mambro dan Jouret percaya bahwa kiamat sudah dekat dan sudah waktunya untuk transit ke planet baru. Untuk memasuki alam spiritual yang lebih tinggi, 53 anggota ordo tersebut melakukan bunuh diri atau dibunuh di Kanada dan Swiss pada tanggal 4 dan 5 Oktober 1994.

Bangunan-bangunan tersebut juga dibakar setelah kematian, dan jenazah Di Mambro dan Jouret dikuburkan usai ditemukan di antara mayat. Belakangan terungkap bahwa Di Mambro juga baru-baru ini memerintahkan pembunuhan seorang bayi yang dia yakini sebagai anti-Kristus. Enam belas anggota ordo lainnya meninggal di Prancis pada Desember 1995, dan lima lagi setelah itu di Quebec pada Maret 1997.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]