Oratorio Paskah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oratorio Paskah
Oratorio
TerkaitBerdasarkan BWV 249a
Dalam rangkaPaskah
Ditampilkan01 April 1725 (1725-04-01) – Leipzig
Gerakan11
PartiturSATB solo dan koor, instrumen

Oratorio Paskah ( Jerman: Oster-Oratorium ), BWV 249, adalah oratorio karya Johann Sebastian Bach. Karya ini diawali dengan kalimat Kommt, eilet und laufet ("Mari, lekaslah dan lari"). Bach menggubah karya ini di Leipzig dan pertama kali membawakannya pada 1 April 1725.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Karya ini awalnya berupa kantata untuk Minggu Paskah di Leipzig pada 1 April 1725, dan diberi judul Kommt, gehet und eilet.[1] Barulah kemudian diberi nama "oratorio" dan diberi judul baru, khusus untuk versi revisi terbitan tahun 1735. Dalam versi selanjutnya di tahun 1740-an, gerakan ketiga diperluas dari duet menjadi paduan suara empat bagian. Karya ini dibuat berdasarkan pada kantata sekuler yang berjudul Kantata Gembala, Entfliehet, verschwindet, entweichet, ihr Sorgen, BWV 249a, tetapi musiknya sudah hilang meskipun liriknya (karya Picander) masih ada. Kemungkinan Picander jugalah yang mengarang teks untuk Oratorio Paskah ini. Karya ini diawali dengan dua gerakan instrumental yang mungkin diambil dari sebuah konserto semasa Bach bekerja di Köthen. Gerakan ketiga kemungkinan juga didasarkan pada bagian akhir konserto.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti Oratorio Natal, tidak ada narator dalam Oratorio Paskah, tetapi ada empat tokoh yang diwakili keempat suara: Simon Petrus (tenor) dan Yohanes Penginjil (bass), muncul dalam duet pertama, bergegas ke kuburan Yesus dan mendapatinya dalam keadaan kosong. Di sana mereka bertemu Maria Magdalena (alto) dan "Maria yang lain", Maria istri Klopas (soprano). Pada versi awal, paduan suara hanya tampil dalam gerakan terakhir. Baru pada pertunjukan selanjutnya di tahun 1740-an, duet pembukaan diganti menjadi empat suara. Musiknya digubah dengan meriah, dengan tiga terompet, timpani, dua obo, oboe d'amore, bassoon, dua rekorder, seruling, dua biola, viola dan continuo.

No. Lirik baris pertama
1 Sinfonia
2 Adagio
3 Aria tenor, bass Kommt, eilet und laufet (Versi pertama Kommt, gehet und eilet ), Versi ke-3 dan ke-4 dengan Chorus
4 Resitatif sopran, alto, tenor, bass O kalter Männer Sinn
5 Aria sopran Seele, deine Spezereien
6 Resitatif alto, tenor, bass Hier ist die Gruft
7 Aria penyanyi tenor Sanfte soll mein Todeskummer
8 Resitatif soprano, alto Indessen seufzen wir
9 Aria alto Saget, saget mir geschwinde
10 Resitatif bas Wir sind erfreut
11 Paduan suara SATB Preis und Dank

Musik[sunting | sunting sumber]

Oratorio ini diawali dua gerakan instrumental yang saling kontras, sebuah concerto grosso Allegro yang dimainkan orkestra lengkap dengan bagian solo untuk terompet, biola dan obo; dan melodi Adagio oboe solo yang diringi motif "Seufzer" (mendesah) oleh bagian alat musik gesek (dalam versi ke-3, yang menjadi solois adalah Seruling).

Di versi selanjutnya, duet murid-murid Yesus yang membuka nyanyian diganti menjadi paduan suara, sementara bagian tengahnya tetap berupa duet. Banyak gerakan bertempo cepat menggambarkan para tokoh yang berlari menuju kuburan.

Saget, saget mir geschwinde, aria yang dinyanyikan Maria Magdalena, didasarkan pada ayat-ayat Kidung Agung tentang seorang gadis yang mencari kekasihnya, karena tanpanya ia merasa "ganz verwaiset und betrübt" (sangat terlantar dan kesepian), diletakkan di tengah dalam tempo Adagio, berbeda dari aslinya. Liriknya agak mirip pembukaan bagian kedua dari Kisah Sengsara menurut St. Matius.

Gerakan terakhir terdiri dari dua bagian yang kontras, menyerupai Sanctus yang digubah untuk Natal tahun 1724 dan Misa dalam B minor .[1]

Rekaman[sunting | sunting sumber]

  • Heinrich-Schütz-Chor Heilbronn, Orkestra Kamar Pforzheim, Edith Selig, Claudia Hellmann, Helmut Krebs, Jakob Stämpfli, konduktor Fritz Werner, Erato 1964
  • Süddeutscher Madrigalchor, Süddeutsches Kammerorchester, Teresa Żylis-Gara, Patricia Johnson, Theo Altmeyer, Dietrich Fischer-Dieskau, konduktor Wolfgang Gönnenwein, HMV 1965
  • Orkestra & Paduan Suara Barok Amsterdam, Lisa Larsson, Elisabeth von Magnus, Gerd Türk, Klaus Mertens, konduktor Ton Koopman, Erato, 1998
  • Gabrieli Consort and Players, konduktor Paul McCreesh, Archiv Produktion, 2001

literatur[sunting | sunting sumber]

  • Markus Rathey: Karya Vokal Utama Bach: Musik-Drama-Liturgi. London: Yale University Press, 2016, 138-165

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Alfred Dürr. 1971. Die Kantaten von Johann Sebastian Bach, Bärenreiter (in German)