Opera seria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karikatur pertunjukan opera Handel Flavio

Opera seria atau melodramma serio adalah istilah musik bahasa Italia untuk jenis opera Italia yang "serius", yang terkenal di Eropa dari tahun 1720-an sampai sekitar 1770. Istilah ini digunakan saat opera seria tidak lagi populer, untuk membedakan dari opera buffa, jenis opera komedi yang berasal dari commedia dell'arte.

Opera seria tidak hanya dihasilkan di Italia, namun juga di Habsburg Austria, Inggris, Dresden, Spanyol, dan lain-lain. Pencipta opera seria antara lain Johann Adolf Hasse, Leonardo Vinci, George Frideric Handel, Tommaso Traetta, Gluck, dan Mozart.

Zaman opera seria muncul bersamaan dengan zaman castrati, yaitu penyanyi laki-laki yang dikastrasi sebelum akil balik untuk mempertahankan suara soprano atau alto mereka. Salah satu yang paling terkenal adalah Farinelli, yang memulai karirnya pada 1722 dibantu oleh Nicola Porpora. Saingan utama Farinelli adalah Senesino.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • The Oxford Dictionary of Opera, by John Warrack and Ewan West (1992), 782 pages, ISBN 0-19-869164-5
  • Marita P. McClymonds, Daniel Heartz. "Opera seria", Grove Music Online, ed. L. Macy (diakses pada 5 September 2007), grovemusic.com (akses berlangganan).
  • Orrey, Leslie and Milne, Rodney. Opera: A Concise History. World of Art, Thames & Hudson. ISBN 0-500-20217-6.