Oklahoma!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Oklahoma!
Oklahoma-DVDcover.jpg
Kredit film
Sutradara Fred Zinnemann
Produser Arthur Hornblow Jr.
Penulis Lynn Riggs (drama)
Oscar Hammerstein II (drama)
Sonya Levien
William Ludwig
Pemeran Gordon MacRae
Gloria Grahame
Gene Nelson
Charlotte Greenwood
Shirley Jones
Musik Adolph Deutsch
Richard Rodgers
Sinematografi Robert Surtees
Floyd Crosby
Penyunting George Boemler
Gene Ruggiero
Studio The Samuel Goldwyn Company
Magna Corporation
Distributor RKO Radio Pictures Inc. (pertama kandang)
20th Century Fox (kedua kandang)
Durasi 145 menit
Anggaran $5.000.000 (perkiraan)

Oklahoma! (1943) adalah drama musik pertama yang ditulis oleh komponis Richard Rodgers dan penulis lirik Oscar Hammerstein II (lihat Rodgers dan Hammerstein). Sebagian orang mengatakan bahwa Oklahoma! menandai revolusi dalam drama musik. Drama musik ini bukanlah yang pertama kali mengisahkan cerita dengan kedalaman emosional dan kompleksitas psikologis, namun Oklahoma! menggunakan sejumlah teknik penceritaan yang baru, termasuk memusatkan perhatian pada empati emosional. Kisahnya menggambarkan tokoh-tokoh dan situasi yang jauh dari para penonton dari segi waktu dan geografi. Di sini digambarkan masalah sejarah dan sosial Amerika. Dansa digunakan untuk menyampaikan plot dan wataknya, dan bukan sekadar pengalihan perhatian bagi penontonya.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Oklahoma!, dibuat berdasarkan drama Lynn Riggs tahun 1931, Green Grow the Lilacs, yang mengambil tempat di Oklahoma Territory di luar kota Claremore pada 1906, dan mengisahkan cerita koboi Curly McLain dan kisah cintanya dengan seorang gadis petani Laurey Williams. Cinta mereka ditantang oleh pekerja ladang Laurey yang mengancamnya, Jud Fry. Sebagin besar daramanya menceritakan pertandingan antara Curly dan Jud yang memperebutkan cinta Laurey. Sebuah sub-pot yang lucu mengikuti sahabat Laurey, Ado Annie Carnes dan hubungan cintanya yang sering putus dan bersambung kembali dengan koboi Will Parker.

Drama panggung[sunting | sunting sumber]

Produksi asli Oklahoma! dibuka di Teater Shubert New Haven[1] dan kemudian dengan pertunjukan perdananya pada 31 Maret 1943 di Teater St. James di New York. Produksi ini disutradarai oleh Rouben Mamoulian, dan dibintangi oleh Betty Garde, Alfred Drake, Joan Roberts, Celeste Holm, Joan McCracken, dan Howard Da Silva. Koreografinya dikerjakan oleh Agnes de Mille, yang memberikan sisi yang paling menonjol dan tak terlupakan dari pertunjukan ini: sebuah finale balet sepanjang 15 menit dalam babak pertama (seringkali disebut sebagai balet impian) yang muncul dari ketidakmampuan Laurey untuk mengambil keputusan antara Jud dan Curly. Produksi aslinya dipertunjukkan sebanyak 2.212 kali - jumlah yang tak pernah terjadi sebelumnya, dan berakhir pada 29 Mei 1948. Sejak itu, Oklahoma! telah beberapa kali direproduksi, termasuk dengan melakukan tur nasional.


Catatan[sunting | sunting sumber]

Marc Platt menarikan peran dalam drama asli "Dream Curly" untuk produksi panggung Oklahoma! pada 1943. Ia juga muncul dalam versi film Oklahoma! 1955 dalam peranan koboi.

Paul Newman mengikuti tes pencalonan untuk peranan Curly dalam filmnya, namun peranan itu diperoleh Gordon MacRae.

Lagu-lagu dalam Oklahoma![sunting | sunting sumber]

Rujukan budaya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]