Nuno Álvares Pereira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Nuno Álvares Pereira, O. Carm. (Baca IPA: ['nunu 'aɫvɐɾɨʃ pɨ'ɾɐjɾɐ]) (24 Juli 13601 April 1431) adalah seorang jenderal Portugis yang sangat sukses dan memiliki peran penentu dalam Krisis 1383-1385 yang memastikan kemerdekaan Portugal dari Kerajaan Kastil. Dia kemudian menjadi mistik dan dibeatifikasi oleh Paus Benediktus XV pada 1918 dan dikanonisasi oleh Paus Benediktus XVI pada 2009.


Awal hidup[sunting | sunting sumber]

Nun'Álvares Pereira coat of arms

Nuno Álvares Pereira dilahirkan di Paços do Bonjardim, Cernache do Bonjardim dekat Sertã, Portugal tengah. Ayahnya adalah Dom Álvaro Gonçalves Pereira, Prior Crato dan Iria Gonçalves do Carvalhal.

Kehidupan agama[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian istrinya, dia menjadi Karmelit pada 1423 di Lisbon yang dia dirikna karena sebuah janji, dan mengambil nama Friar Nuno of St. Mary. Dia hidup di sana sampai kematiannya pada Paskah 1431. Dia diingat karena doanya, dan penyesalan dosa dan devosinya kepada Santa Maria.

Pada akhir hidupnya, Raja John I mengunjunginya, dia menangis karena menganggap Nuno sebagai teman dekatnya yang menaruh dia dalam tahta dan menyelematkan kemerdekaan negaranya.

Makam Nuno hilang pada Gempa bumi Lisbon 1755.


Doa[sunting | sunting sumber]

Ya Tuhan,
Engkau telah memanggil Nuno Álvares Pereira yang terberkati
untuk meletakkan pedangnya dan mengikuti Kristus
dalam perlindungan Bunda Gunung Karmel.
Melalui doa-doanya kami menolak diri kami sendiri,
dan mendevosikan diri kami pada-Mu dengan sepenuh hati kami.
Kami minta ini pada Kristus.