Nida (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk pengertian lain, silakan lihat Nida
Nida, rumah Thomas Mann

Nida (bahasa Jerman: Nidden, bahasa Rusia: Нида) adalah sebuah desa di Lituania, terletak di Tanjung Curonian dan bagian kotamadya Neringa, terletak di kabupaten Klaipeda.

Pertama kali disebutkan dalam dokumen Ordo Teutonik pada tahun 1429 dan 1497. Awalnya permukiman ini terletak 2 km di selatan posisinya kini, sebelum dipindahkan karena ancaman penurunan tanah. Hingga tahun 1945 Nida adalah bagian provinsi Prusia Timur, Jerman.

Pemenang Hadiah Nobel Paul Thomas Mann biasa tinggal di sini selama musim panas 1930-1932. Rumah musim panasnya tetap ada dan kini menjadi sebuah museum kecil yang didedikasikan atas karya dan kehidupannya.

Setelah PD II, bersama dengan 3 desa lain di kotamadya Neringa, Nida dijadikan resor liburan untuk tokoh-tokoh atas Partai Komunis dan elit industri.

Hari ini Nida berpenduduk 1650 jiwa dan menjadi pusat administratif kotamadya Neringa. Tempat ini menjadi resor musim liburan terkenal, tiap tahunnya 50.000 turis datang, sebagian besar dari Lituania dan Jerman.

Sejak tahun 2000 sebuah festival jazz diroganisir. Di sini terdapat tempat menarik yang bisa dilihat, terutama bukit pasir tertinggi di seluruh Eropa. Gereja Neo-Gothik dari tahun 1880 menjadi tempat menarik yang banyak dikunjungi. Pantai Nida berpartisipasi dalam kampanye bendera biru.

Kafe kecil di tengah desa Nida.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]