Mr. Bean in Room 426

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mr. Bean in Room 426
Episode Mr. Bean
Nomor episodeEpisode 8
SutradaraPaul Weiland
PenulisRobin Driscoll
Rowan Atkinson
ProduserSue Vertue
Tanggal siar17 Februari 1993 (1993-February-17)
Durasi24:58
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Merry Christmas, Mr. Bean"
Selanjutnya →
"Do-It-Yourself Mr. Bean"

"Mr. Bean in Room 426" (Indonesia: Mr. Bean di Kamar 426) adalah episode kedelapan dari serial televisi Inggris Mr. Bean, yang diproduksi oleh Tiger Television dan Thames Television untuk Central Independent Television. Ini pertama kali disiarkan di ITV pada 17 Februari 1993 dan ditonton oleh 14,31 juta pemirsa selama transmisi aslinya[1]. Ini adalah episode pertama yang terdiri dari satu alur cerita dan diambil seluruhnya di lokasi di Southsea.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aksi 1 : Check In Hotel[sunting | sunting sumber]

Mr. Bean memutuskan untuk menginap di Queens Hotel untuk hari libur. Dia memarkir mobilnya di kaki tangga masuk dan berkelahi dengan portir di atas kopernya yang mengira dia pencuri, meskipun dia kemudian mempercayai portir dengan setirnya untuk memindahkan Mini-nya ke tempat parkir. Saat Mr. Bean check-in, seorang laki-laki pendiam juga check-in dan Mr. Bean mencoba bersaing dengan laki-laki tersebut ke kamar hotelnya, tetapi laki-laki itu malah naik lift di depannya. Sebagai pembalasan, Mr. Bean menaiki tangga dan menghentikan Lift di setiap lantai. Dia hampir berhasil memasuki kamarnya terlebih dahulu, setelah berjuang untuk membuka kunci pintunya, laki-laki itu malah yang akhirnya memasuki kamarnya sendiri terlebih dahulu.

Begitu berada di dalam kamarnya, Mr. Bean mulai bermain-main dengan lingkungan barunya dengan beberapa cara berbeda, seperti menyalakan dan mematikan saklar lampu dengan cepat, membuat panggilan di telepon, melompat ke tempat tidur, menguji jangkauan sinyal remote control, dan mengebor lubang di dinding untuk menggantung gambar. Dia kemudian memutuskan untuk mandi, tetapi menyadari kamarnya tidak memiliki kamar mandi. Bean kemudian mendengar air mengalir di kamar 425 dan mengetahui bahwa kamar itu memiliki kamar mandi dalam. Begitu laki-laki di kamar 425 pergi, dia menggunakan bornya untuk membuat lubang raksasa di dinding kamar mandi. Getaran menjalar sampai ke lobi, mendorong manajer untuk menyelidiki. Saat dia mengetuk pintu kamar Mr. Bean, laki-laki di kamar 425 mengeluh bahwa dia tidak bisa membuka pintu. Manajer dengan sia-sia mencoba memutar pegangan dan meminta maaf kepada laki-laki itu, menunjukkan bahwa itu mungkin macet. Ternyata Mr. Bean telah mengunci pintu dan sedang mandi. Setelah dia selesai, dia menyembunyikan lubang dengan lemari pakaiannya dan tirai di kamar mandi.

Aksi 2 : Tiram Busuk[sunting | sunting sumber]

Saat makan siang, Mr. Bean mencoba bersaing dengan tetangganya ke ruang makan, sialnya lift yang seharusnya dinaikinya malah rusak. Dia pergi untuk menaiki tangga, namun sialnya lagi, dia terjebak di belakang seorang perempuan bau tanah yang bergerak lelet.[2] Dia naik ke sisi berlawanan dari pegangan tangga untuk melewatinya, tetapi di belakangnya ada seorang aki-aki tua yang lebih lelet dengan dua tongkat. Sekarang terjebak di antara keduanya dengan ruang yang tidak cukup untuk mengulangi taktik yang sama, Mr. Bean terpaksa turun perlahan.

Begitu dia sampai di restoran, Mr. Bean menyerobot ke depan antrian dan mulai mengambil makanan apa pun yang diambil tetangganya dari Prasmanan, meskipun jumlahnya dua kali lipat. Dia kemudian duduk di sebelah tetangganya dan dengan rakus memakan apa pun yang dimakan tetangganya pada waktu tertentu. Ketika tetangganya mulai memakan tiramnya, Mr. Bean melahap semuanya, tapi tetangganya memperhatikan bau aneh yang berasal dari tiramnya dan bertanya kepada kepala pelayan tentang hal itu. Kepala pelayan mengatakan bahwa mereka telah melebihi batas keamanan pangan dan meminta maaf kepada pria tersebut. Setelah melihat ini, Mr. Bean menyadari dengan ngeri bahwa dia baru saja mengkonsumsi tiram busuk dan mulai terasa mual.[3]

Aksi 3 : Terkunci Dari Luar[sunting | sunting sumber]

Malam itu, Mr. Bean merasa tidak enak badan dengan suhu tinggi dan mengalami mimpi buruk yang melibatkan tetangga dan para pelayan menertawakannya dengan mengancam dan memaksanya untuk memakan tiram busuk. Setelah bangun, dia merasa kegerahan dan melepas piyamanya. Dia akan kembali tidur ketika dia mendengar musik keras datang dari kamar 427. Tanpa mengenakan pakaian, Mr. Bean keluar dan mengetuk pintu dengan maksud menegur penghuni kamar tersebut. Musik berhenti dan dia berjalan kembali ke kamarnya, akan tetapi pintunya tertutup dan terkunci sendiri, Mr. Bean terkunci di luar kamarnya dalam keadaan telanjang bulat. Untuk menghindari tertangkap oleh pasangan yang telah kembali dari keluar malam, dia kemudian berlari ke tangga sambil menutupi dirinya dengan pemadam api dan beberapa tanda pintu, Mr. Bean kembali bertemu dengan perempuan bau tanah yang sama di sana, dia kembali dan menyelinap melewati pasangan lain ke lift dengan merangkak di bawah karpet.

Begitu lift mencapai lobi, Mr. Bean menyelinap ke ruang kerja manajer saat manajer sedang berbicara dengan Danny La Rue, yang tampil di hotel. Ketika pemain pergi untuk memberikan encore kepada penonton, manajer memberikan kunci mobil kepada portir dan memintanya untuk membawa bagasi La Rue ke mobilnya. Manajer kembali ke ruang kerjanya dan hampir melihat koper bergerak beberapa kali, saat Mr. Bean bersembunyi di dalamnya. Porter kembali dan mengunci koper, tetapi menjatuhkannya di tangga depan saat dia membawanya ke mobil. Mr. Bean kemudian muncul di konter dengan gaun gemerlap, wig, dan lipstik, meminta kunci kamar 426. Saat manajer mendapatkannya, La Rue mendekati Mr. Bean dengan marah dan berkata kepadanya, "Hei, itu pakaian saya" dan merebut anting-anting milik Mr. Bean. Mr. Bean menangis dan berteriak kesakitan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Ini adalah episode pertama yang menggabungkan hanya satu alur cerita, bukan adegan atau sketsa terpisah, serta yang pertama diambil seluruhnya di lokasi. Episode ini difilmkan di Queen's Hotel di resor tepi laut Southsea, Portsmouth, Hampshire. Pengambilan gambar utama dimulai pada 1 Oktober 1992.

Itu juga merupakan episode penuh pertama yang disutradarai oleh Paul Weiland, yang sebelumnya merupakan sutradara spesialis untuk rangkaian film. Cerita panjang episode lainnya, Mind the Baby, Mr. Bean, juga difilmkan di Southsea.

Ini juga merupakan episode pertama yang ditugaskan dan disajikan untuk jaringan ITV oleh Central Independent Television setelah hilangnya waralaba ITV Thames di London. Central juga akan mengawasi komisioning dan kepatuhan untuk sejumlah produksi independen Thames lainnya, seperti Minder, Wish You Were Here...? dan Strike It Lucky, sampai ITV Network Center menghapus persyaratan untuk 'perusahaan komisioning' di akhir 1990-an.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Timeline". mrbean.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2013. Diakses tanggal 4 January 2014. 
  2. ^ Shaun May (17 December 2015). A Philosophy of Comedy on Stage and Screen: You Have to be There. Bloomsbury Publishing. hlm. 109–. ISBN 978-1-4725-8045-0. 
  3. ^ Rae Beth Gordon (2001). Why the French Love Jerry Lewis: From Cabaret to Early Cinema. Stanford University Press. hlm. 223–. ISBN 978-0-8047-3894-1. 
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wDLac" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.