Mr. Bean (episode Mr. Bean)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mr. Bean
Episode Mr. Bean
Nomor episodeEpisode 1
SutradaraJohn Howard Davies
Penulis
ProduserJohn Howard Davies
Musik"All Creatures of Our God and King"
Tanggal siar1 Januari 1990 (1990-January-01)
Durasi25:53
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
Selanjutnya →
"The Return of Mr. Bean"

"Mr. Bean" adalah episode pertama dari serial televisi Inggris Mr. Bean yang diproduksi oleh Tiger Television untuk Thames Television. Episode ini pertama kali disiarkan di ITV pada 1 Januari 1990 dan ditonton oleh 13,45 juta pemirsa selama transmisi aslinya.

Episode tersebut, yang ditulis oleh Ben Elton, Richard Curtis dan Rowan Atkinson, juga menampilkan bintang tamu Richard Briers bersama Paul Bown, Rudolph Walker (yang kemudian menjadi lawan main Atkinson di The Thin Blue Line) dan penampilan cameo oleh komposer musik tema Howard Goodall.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Mengikuti kesuksesan dengan karakternya selama perkenalannya di festival komedi Montreal Just for Laughs pada tahun 1987, sebuah naskah ditulis oleh Ben Elton, menjadikannya satu-satunya naskah yang dia tulis untuk seri. Thames Television menugaskan uji coba tersebut pada tahun 1989. Kepala perusahaan hiburan ringan, John Howard Davies, secara pribadi mengawasi tiga episode pertama serial tersebut sebagai produser dan sutradaranya.

Episode itu sendiri diproduksi pada akhir tahun 1989, dengan adegan lokasi yang difilmkan pada OB rekaman video di sekitar area Peacehaven dan Stanmer di East Sussex[1] dan adegan interior yang direkam di hadapan penonton langsung di kompleks Teddington Studios Thames.

Karena episode tersebut sebetulnya hanya diperuntukan sebagai episode "contoh", maka judulnya hanya disebut "Mr. Bean" dan tidak menampilkan judul pembuka, maupun lagu tema paduan suara. Alih-alih, judul episode ditumpangkan bersama dengan adegan awal selama adegan perjalanan Bean ke ruang ujian, dengan kredit penutup selama adegan terakhir. Versi remaster dari episode tersebut menambahkan judul pembuka standar dan menghapus adegan dari adegan pembuka.

Pada tahun 1991, diumumkan 20th Century Fox memiliki adaptasi film fitur dari Mr. Bean dalam pengembangan. Mereka mengubah Babak 1 menjadi film pendek: Mr. Bean Mengambil Ujian dan melampirkannya ke rilis teatrikal mereka. Itu juga termasuk dalam rilis persewaan VHS Inggris dari Hot Shots! Bagian Deux.[2] John McGlynn memerankan sesama siswa dan John Savident memerankan pengawas ujian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mr. Bean". retrofilminglocations.weebly.com. Diakses tanggal 2020-07-31. 
  2. ^ "Brit Hit Set For Date In States". Variety. Diakses tanggal December 27, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]