Mojogedang, Karanganyar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mojogedang
Peta lokasi Kecamatan Mojogedang
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKaranganyar
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total59,798 (2.003) jiwa
Kode Kemendagri33.13.15
Kode BPS3313150
Luas53,31 km²
Desa/kelurahan13

Mojogedang (Jawa: ꦩꦺꦴꦗꦺꦴꦒꦼꦢꦁ) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Nama kecamatan ini berasal dari kata mojo yang berarti cita-cita, dan pepadang yang berarti petunjuk, karena di tempat inilah Raden Mas Said (Mangkunagara I) mendapatkan petunjuk akan cita-citanya menjadi penguasa setelah mendengar kicauan burung derkuku di wilayah ini.

Peninggalan Belanda yang masih aktif hingga sekarang adalah sebuah Gua Bosan dengan panjang sekitar setengah kilo meter, yang digunakan sebagai jalur irigasi untuk mengaliri persawahan. Ketika musim kemarau air yang melalui Gua Bosan surut sehingga dapat dilewati orang untuk menangkap ikan didalamnya. Lubang masuk Gua Bosan memiliki tinggi sekitar 2 meter dan lebar 1,5 meter. Di bagian dalam, tinggi Gua Bosan ada yang mencapai 6 meter dan lebarnya ada yang menyempit dan melebar antara 1 sampai 2 meter.

Untuk kereta gantung sebagai angkutan hasil perkebunan serat sudah tidak ada bekasnya. Bahkan lahan serat sudah menjadi perkampungan.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]