Kerjo, Karanganyar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerjo
Kecamatan
Lokasi-Karanganyar-Kerjo.png

Peta lokasi Kecamatan Kerjo
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Karanganyar
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 46,82 km²
Jumlah penduduk 36.038 (2003)
Kepadatan 770 per km²
Desa/kelurahan 10

Kerjo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kantor kecamatan Kerjo terletak di desa Sumberejo, kurang lebih 20 km arah timur laut Karanganyar. Dibagian utara kecamatan kerjo berbatasan dengan kecamatan Kedawung dan Kecamatan Sambirejo(Kabupaten Sragen), di bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Mojogedang, dibagian Timur berbatasan dengan kecamatan Jenawi, dan di bagian barat bebatasan dengan kecamatan Kedawung(sragen) dan kecamatan mojogedang. Penghasilan utama penduduk di kecamatan Kerjo adalah bertani, beternak dan berkebun. Di kecamatan Kerjo terdapat pabrik karet PTPN IX Kerjo Arum dan Batujamus. Sebagian besar, wilayah kecamatan Kerjo dipakai untuk perkebunan karet tersebut.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Botok
  2. Ganten
  3. Gempolan
  4. Karangrejo
  5. Kuto
  6. Kwadungan
  7. Plosorejo
  8. Sumberejo
  9. Tamansari
  10. Tawangsari

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Sekolah-sekolah yang ada di kecamatan kerjo meliputi jenjang playgroup hingga SMA. Sekolah yang ada di Kecamatan kerjo antara lain SD Negeri Sumberejo 1, SD Neger Sumberejo 3,SD Negeri Karangrejo 1, SD Negeri 1 Kuto, SMP Negeri 1 Kerjo(SSN),SMP Negeri 2 Kerjo(SSN),SMP Negeri 3 Kerjo,SMP Muhammadiyah 5 Kerjo,MTs Muhammadiyah 3 Kerjo dan SMA Negeri 1 Kerjo.

Perekonomian Pasar utama di Kecamatan Kerjo adalah pasar kerjo. pasar ini terletak di Desa Kwadungan. tepatnya di jalan Jamus-Karanganyar. Di pasar tersebut, diperjual belikan berbagai kebutuhan sehari-hari warga. Pasar Kerjo ramai saat hari pasaran kliwon. selain pasar kerjo, juga terdapat pasar kayu, pasar ternak yang juga terletak di desa kwadungan. Pada musim durian, biasanya terdapat berbagai kios durian sepanjang jalan Jamus Karanganyar, khusunya di daerah perkebunan karet dekat Dusun Bligo. Di Kecamatan Kerjo banyak kita temui pemancingan ikan. Pemancingan yang terkenal adalah Ganten Permai, di Desa Ganten. Selain di Desa Ganten, Pemancingan tersebut Juga Ada di Desa Botok, dan Desa Gempolan.

Layanan Publik Kecamatan kerjo mempunyai 1 puskesmas yang melayani warga yang sakit. puskesmas tersebut terletak di desa sumberejo, selain puskesmas, juga terdapat beberapa klinik, rumah bersalin dan praktek dokter. Klinik yang terkenal yaitu klinik permata hati, di desa kuto.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

ada beberapa klub olahraga di kecamatan ini, salah satunya adalah SSB satria muda Kecamatan ini juga mempunyai fasilitas olahtaga di setiap desanya. Di setiap desa paling tidak terdapat 1 buah Lapangan sepak bola dan lapangan Bulu tangkis. Walaupun kondisinya kurang layak, lapangan tersebut sangat bermanfaat bagi kebersamaan masyarakat kecamatan kerjo. setiap tahun, di kecamatan kerjo diadakan lomba sepak bola antar kelurahan di lapangan kecamatan kerjo.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

kecamatan kerjo hingga saat ini belum mempunyai terminal. namun, ada banyak angkutan yang mealyani trayek hingga ke wilayah tersebut

Trayek pedesaan trayek ini melayani beberapa jurusan, antara lain

  1. solo-jamus Oleh Po Karunia Mulya
  2. Sragen-jamus-jambangan oleh bus pedesaan
  3. Karanganyar-mojogedang-jamus-kerjo-sambirejo Oleh bus pedesaan
  4. Karangpandan-ngargoyoso-jamus-kerjo oleh bus pedesaan

Trayek antar kota antar provinsi trayek ini melayani perjalanan ke jakarta dan sumatra. Bis yang berangkat biasanya berangkat pada pukum 13.00-14.00. selain bis, juga terdapat travel yang melayani trayek tersebut. para penumpang biasanya membeli tiket di agen yang terletak di sekitar pabrik karet batujamus. perusahaan otobus yang melayani trayek ini antara lain Po Laju Prima, Po Handoyo, dan Po Rosalia Indah. perusahana travel yang mealyani trayek ini adalah Karno Putro travel