Metworst

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah metworst dari Groningen.

Metworst atau droge worst adalah jenis sosis tradisional Belanda. Sosis ini memiliki rasa yang sangat kuat dan terbuat dari daging babi cincang mentah yang kemudian dikeringkan udara.

Droge worst berarti sosis kering, mengacu pada proses pengeringan dan tekstur produk. Nama metworst (yang berarti 'sosis cincang halus') mirip dengan Mettwurst dari Jerman, walaupun nama hampir sama namun untuk rasa dan persiapan, kedua jenis sosis ini sangat berbeda.

Metworst dulu ditemukan di seluruh Belanda dan Flanders, meskipun paling banyak diproduksi di provinsi utara Belanda (Groningen, Friesland dan Drenthe) karena kondisi angin disana yang lebih cocok untuk pengeringan sosis di udara terbuka.

Pada awalnya karena dapat diawetkan , metworst menjadi pasokan daging darurat untuk petani miskin pada saat dibutuhkan atau kurangnya daging segar. Sebagaimana produksi daging secara bertahap naik, sosis mulai digunakan sebagai makan siang untuk buruh lapangan.

Sosis ini adalah cikal bakal langsung dari droë wors Afrika yang terkenal identik dalam produksinya; meskipun tidak begitu banyak dalam hal daging yang digunakan, secara alami Belanda memiliki fauna yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan Afrika Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]