Wikipedia:Memulai halaman baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Memulai halaman baru)
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:MHB

Halaman ini menjelaskan beberapa hal mengenai bagaimana memulai halaman baru, suatu hal yang sangat diharapkan dari Anda, kontributor Wikipedia Indonesia!

Prinsip umum

  • Disarankan untuk masuk log sebelum Anda mulai menyunting.
  • Sangat disarankan untuk memulai halaman dari pranala (link) yang sudah ada. (ada yang dinamakan "pranala hantu (ghost links)" atau "pranala merah (red links)" -- pranala yang telah dibuat pada teks, tetapi belum ada artikel yang menjelaskannya. Lihat keterangan lebih lanjut di bawah.
  • Harap diingat untuk menyajikan konteks, yaitu menuliskan pengantar singkat di awal artikel. Janganlah menulis "Ini adalah novel ketiga dari..." -- sementara Anda mungkin telah mengikuti pranala dari novelis tenar X, pembaca lain mungkin tiba di halaman ini dari halaman lain.
  • Pelajari konvensi penamaan wikipedia sebelum menamai suatu halaman baru. Penamaan yang benar menjamin halaman Anda akan dikaitkan dengan halaman yang berhubungan, dan membantu menghindari perubahan nama di masa mendatang.
  • Mulailah dengan kalimat sempurna (lengkap), dan bukan seperti definisi di kamus. Tonjolkan kalimat atau kata yang menjadi judul di awal artikel (umumnya di kalimat pertama).

PERINGATAN: Jangan memasukkan artikel yang terlalu pendek, tidak ada kaitannya dengan judul, berisi kata-kata kotor, dan tidak memuat cukup informasi. Pelanggar akan diblokir aksesnya.

Cara-cara untuk memulai halaman baru

Memulai halaman baru dari pranala (link) yang sudah ada, setelah menciptakannya, atau setelah pencarian

Pranala (link) berwarna merah menandakan bahwa artikel tersebut masih belum mempunyai isi, sedangkan yang berwana biru menunjukkan bahwa artikel tersebut telah diciptakan.

Untuk memulai halaman baru, Anda bisa menggunakan link yang sudah ada di sebuah halaman.

Pranala-pranala internal yang menuju halaman-halaman yang belum ada biasanya diciptakan dalam proses persiapan sebuah halaman, dan/atau untuk menggalakkan orang lain untuk memulainya. Pranala-pranala ini biasanya berwarna merah.

Mengklik pranala seperti ini akan membawa Anda kepada mode penyuntingan halaman baru.

Sebelum mengklik pranala penyuntingan, putuskan apakah Anda ingin memberi halaman baru tersebut judul tersebut. Jika tidak, sunting dahulu pranala yang ada di halaman perujuknya.

Anda tentu saja dapat menciptakan pranalanya sendiri, di halaman yang bersangkutan atau di halaman indeks. Meskipun begitu, Anda sebaiknya menciptakan pranala setelah selesai menulis halaman baru, khususnya jika pranala tersebut akan menggantikan sebuah pranala yang menuju ke halaman yang sudah ada. Dalam situasi seperti ini Anda dapat menciptakan pranala tetapi jangan klik 'Simpan halaman' tetapi gunakan 'Lihat pratayang' dahulu (agar dapat memastikan bahwa link tersebut bekerja).

Perlu diperhatikan juga bahwa pranala-pranala pada halaman yang bersangkutan membuat navigasi antar halaman menjadi lebih nyaman, dan juga membuat orang mengetahui adanya halaman baru tersebut.

Memulai halaman baru melalui URL

Jika Anda mengetikkan URL (alamat internet) Wikipedia yang belum mempunyai isi/informasi, Anda akan menemukan sebuah halaman yang menampilkan pesan seperti ini.

Anda bisa menyunting halaman itu dengan mengklik 'sunting' di bagian atas halaman.

Cara yang mudah untuk membuat URL baru adalah dengan mengedit bagian terakhir URL untuk artikel lain dalam proyek yang sama.

Misalnya:

Anda menggunakan URL halaman Raja yang berada di:

http://id.wikipedia.org/wiki/Raja

Lalu jika Anda ingin memulai halaman baru yang berjudul 'Halaman Baru', ganti bagian belakangnya menjadi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Baru

Membuat pranala ke halaman lain

Ketika Anda mengedit suatu artikel, jika ada suatu kata atau frasa memberi ide bahwa perlu ada artikel tersendiri untuk menjelaskannya lebih lanjut, beri saja dua kurung siku di sisi-sisinya, [[seperti ini]]. Kita sebut sebagai pe-"wiki"-an teks. Setelah Anda simpan artikel tadi, maka kata tadi secara ajaib akan dikaitkan dengan artikel lain yang sudah ada, atau akan menjadi satu kait berwarna merah seperti yang dijelaskan di atas, yaitu memungkinkan penambahan artikel baru. Demikianlah cara jitu untuk menulis artikel.

Memulai halaman yang baru sama sekali

Jika Anda ingin membuat satu halaman yang sama sekali baru, ada baiknya melakukan pencarian (search) terlebih dahulu menggunakan kotak "Cari" (lihat di bagian kiri halaman ini, misalnya) dan lihat apakah belum ada sama sekali orang lain yang membuat halaman dengan topik tersebut ataupun yang mirip dengannya.

Carilah halaman yang sejenis, sehingga Anda tidak perlu membuat yang baru, atau mungkin juga Anda cukup membuat pengarah (redirection) ke entri yang sudah ada tadi. Sebagai contoh kalau Anda ingin menulis entri Soekarno atau Sukarno, ternyata sudah tersedia entri Soekarno mirip dengan yang Anda maksud, jadi tidak perlu membuat yang baru, cukup memasang halaman pengarah (redirection page).

Sekiranya belum ada seorang pun membuat halaman dengan subjek yang Anda maksud, silakan cari topik-topik yang relevan (seringkali kategori umum, seperti Pendidikan atau Olah raga), sunting halaman itu, kemudian (di tempat yang sesuai) tambahkan judul artikel yang anda akan buat dengan cara menaruh dua pasang kurung siku, [[seperti ini]]. Kemudian tekan tombol "Simpan halaman" di bagian bawah halaman. Di halaman yang baru saja Anda sunting akan terlihat pranala berwarna merah yang bisa diklik atau bisa juga muncul tanda tanya (tergantung dari preferensi yang Anda pasang); klik di tempat itu dan mulailah mengerjakan halaman tersebut! Kebiasaan yang baik ini akan menjaga ensiklopedia tetap terstruktur dengan rapi.

Menggunakan bak pasir

Cara lainnya adalah menggunakan bak pasir!

  • Sunting bak pasir (sandbox, tempat uji coba/bermain), kemudian buat sebuah pranala.
  • Kemudian mulai/sunting halaman baru dengan mengklik pranala, serta menuliskan teks.

Catatan: Bak pasir (sandbox) secara teratur dihapus, jadi jangan lupa menandai halaman-halaman yang sudah Anda buat, untuk dapat menyuntingnya lagi di lain kesempatan. Jika Anda pengguna yang terdaftar, akan muncul juga di bawah "Kontribusi saya" pada Quickbar di kanan atas halaman.

Ada baiknya juga halaman yang baru dituliskan diuji dengan pemeriksa ejaan (spell checker) sebelum dikirim. Anda mungkin juga merasa nyaman untuk membuat salinan dari halaman yang dimaksud, menyuntingnya, lalu menaruhnya kembali (paste) di halaman itu.

Memulai topik yang sama sekali baru sangatlah bermanfaat dalam pengembangan Wikipedia lebih luas (dan lebih dalam).

Catatan: Ingat bahwa Wikipedia adalah ensiklopedia dengan isi terbuka. Anda berkontribusi pada basis data informasi umum yang bebas. Anda secara otomatis menerima lisensi atas apa yang Anda tuliskan mengkuti GFDL; Anda hanya boleh melakukannya jika Anda memiliki hak cipta atas material (yang Anda karang sendiri), atau jika material itu milik umum. Silahkan baca selengkapnya di Wikipedia:Hak Cipta (dalam bahasa Inggris). Jangan cantumkan bahan yang dilindungi hak cipta tanpa seizin pemiliknya.

Membuat halaman baru

Setiap pengguna yang terdaftar dapat memulai halaman baru di Wikipedia! Ketiklah judul artikel yang ingin Anda buat di kotak di bawah ini, tekan "Buat artikel", dan mulailah menulis.

Tombol tersebut akan membawa Anda ke halaman penyuntingan untuk memasukkan tulisan. Jika artikel dengan judul yang Anda masukkan belum tersedia, maka Anda akan menyunting suatu halaman baru. Sebaliknya, jika sudah tersedia artikel dengan judul tersebut, isi artikel akan ditampilkan dan Anda bisa mengubah halaman tersebut.

Ada baiknya untuk membaca prinsip-prinsip umum yang berlaku di Wikipedia sebelum Anda mulai menulis. Baca pula petunjuk menyunting suatu halaman untuk mempelajari markah (markup) wiki yang bisa Anda pergunakan dalam kotak suntingan.

Lihat pula