Wikipedia:Memulai halaman baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Memulai halaman baru)
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:MHB

Halaman ini menjelaskan beberapa hal mengenai bagaimana memulai halaman baru, suatu hal yang sangat diharapkan dari Anda, kontributor Wikipedia Indonesia!

Prinsip umum

  • Disarankan untuk masuk log sebelum Anda mulai menyunting.
  • Sangat disarankan untuk memulai halaman dari pranala (link) yang sudah ada. (ada yang dinamakan "pranala hantu (ghost links)" atau "pranala merah (red links)" -- pranala yang telah dibuat pada teks, tetapi belum ada artikel yang menjelaskannya. Lihat keterangan lebih lanjut di bawah.
  • Harap diingat untuk menyajikan konteks, yaitu menuliskan pengantar singkat di awal artikel. Janganlah menulis "Ini adalah novel ketiga dari..." -- sementara Anda mungkin telah mengikuti pranala dari novelis tenar X, pembaca lain mungkin tiba di halaman ini dari halaman lain.
  • Pelajari konvensi penamaan wikipedia sebelum menamai suatu halaman baru. Penamaan yang benar menjamin halaman Anda akan dikaitkan dengan halaman yang berhubungan, dan membantu menghindari perubahan nama di masa mendatang.
  • Mulailah dengan kalimat sempurna (lengkap), dan bukan seperti definisi di kamus. Tonjolkan kalimat atau kata yang menjadi judul di awal artikel (umumnya di kalimat pertama).

PERINGATAN: Jangan memasukkan artikel yang terlalu pendek, tidak ada kaitannya dengan judul, berisi kata-kata kotor, dan tidak memuat cukup informasi. Pelanggar akan diblokir aksesnya.

Cara-cara untuk memulai halaman baru

Memulai halaman baru dari pranala (link) yang sudah ada, setelah menciptakannya, atau setelah pencarian

Pranala (link) berwarna merah menandakan bahwa artikel tersebut masih belum mempunyai isi, sedangkan yang berwana biru menunjukkan bahwa artikel tersebut telah diciptakan.

Untuk memulai halaman baru, Anda bisa menggunakan link yang sudah ada di sebuah halaman.

Pranala-pranala internal yang menuju halaman-halaman yang belum ada biasanya diciptakan dalam proses persiapan sebuah halaman, dan/atau untuk menggalakkan orang lain untuk memulainya. Pranala-pranala ini biasanya berwarna merah.

Mengklik pranala seperti ini akan membawa Anda kepada mode penyuntingan halaman baru.

Sebelum mengklik pranala penyuntingan, putuskan apakah Anda ingin memberi halaman baru tersebut judul tersebut. Jika tidak, sunting dahulu pranala yang ada di halaman perujuknya.

Anda tentu saja dapat menciptakan pranalanya sendiri, di halaman yang bersangkutan atau di halaman indeks. Meskipun begitu, Anda sebaiknya menciptakan pranala setelah selesai menulis halaman baru, khususnya jika pranala tersebut akan menggantikan sebuah pranala yang menuju ke halaman yang sudah ada. Dalam situasi seperti ini Anda dapat menciptakan pranala tetapi jangan klik 'Simpan halaman' tetapi gunakan 'Lihat pratayang' dahulu (agar dapat memastikan bahwa link tersebut bekerja).

Perlu diperhatikan juga bahwa pranala-pranala pada halaman yang bersangkutan membuat navigasi antar halaman menjadi lebih nyaman, dan juga membuat orang mengetahui adanya halaman baru tersebut.

Memulai halaman baru melalui URL

Jika Anda mengetikkan URL (alamat internet) Wikipedia yang belum mempunyai isi/informasi, Anda akan menemukan sebuah halaman yang menampilkan pesan seperti ini.

Anda bisa menyunting halaman itu dengan mengklik 'sunting' di bagian atas halaman.

Cara yang mudah untuk membuat URL baru adalah dengan mengedit bagian terakhir URL untuk artikel lain dalam proyek yang sama.

Misalnya:

Anda menggunakan URL halaman Raja yang berada di:

http://id.wikipedia.org/wiki/Raja

Lalu jika Anda ingin memulai halaman baru yang berjudul 'Halaman Baru', ganti bagian belakangnya menjadi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Baru

Membuat pranala ke halaman lain

Ketika Anda mengedit suatu artikel, jika ada suatu kata atau frasa memberi ide bahwa perlu ada artikel tersendiri untuk menjelaskannya lebih lanjut, beri saja dua kurung siku di sisi-sisinya, [[seperti ini]]. Kita sebut sebagai pe-"wiki"-an teks. Setelah Anda simpan artikel tadi, maka kata tadi secara ajaib akan dikaitkan dengan artikel lain yang sudah ada, atau akan menjadi satu kait berwarna merah seperti yang dijelaskan di atas, yaitu memungkinkan penambahan artikel baru. Demikianlah cara jitu untuk menulis artikel.

Memulai halaman yang baru sama sekali

Jika Anda ingin membuat satu halaman yang sama sekali baru, ada baiknya melakukan pencarian (search) terlebih dahulu menggunakan kotak "Cari" (lihat di bagian kiri halaman ini, misalnya) dan lihat apakah belum ada sama sekali orang lain yang membuat halaman dengan topik tersebut ataupun yang mirip dengannya.

Carilah halaman yang sejenis, sehingga Anda tidak perlu membuat yang baru, atau mungkin juga Anda cukup membuat pengarah (redirection) ke entri yang sudah ada tadi. Sebagai contoh kalau Anda ingin menulis entri Soekarno atau Sukarno, ternyata sudah tersedia entri Soekarno mirip dengan yang Anda maksud, jadi tidak perlu membuat yang baru, cukup memasang halaman pengarah (redirection page).

Sekiranya belum ada seorang pun membuat halaman dengan subjek yang Anda maksud, silakan cari topik-topik yang relevan (seringkali kategori umum, seperti Pendidikan atau Olah raga), sunting halaman itu, kemudian (di tempat yang sesuai) tambahkan judul artikel yang anda akan buat dengan cara menaruh dua pasang kurung siku, [[seperti ini]]. Kemudian tekan tombol "Simpan halaman" di bagian bawah halaman. Di halaman yang baru saja Anda sunting akan terlihat pranala berwarna merah yang bisa diklik atau bisa juga muncul tanda tanya (tergantung dari preferensi yang Anda pasang); klik di tempat itu dan mulailah mengerjakan halaman tersebut! Kebiasaan yang baik ini akan menjaga ensiklopedia tetap terstruktur dengan rapi.


Dalam beberapa tahun ini, beberapa permainan elektronik salah satunya yang biasa sering kita gunakan yaitu game online mengalami peningkatan dalan penggunaan atau pengaplikasian game tersebut. Sekarang ini cara yang paling ampuh untuk merelakskan pikiran sejenak dari penat kegiatan sehari-hari adalah dengan bermain game entah itu bisa dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak.pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang online games tetapi lebih memfokuskan kepada multiplayer online games.Apa itu yang dimaksud dengan multiplayer online games serta apa dampak atau manfaatnya dan perkembangannya dalam teknologi.dan bagaimana sejarah nya.Pertama-tama akan saya jelaskan mengenai sejarah dan perkembangan nya, Perkembangan game online itu tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer serta jaringan yang ada pada komputer itu sendiri. Berkembangnya atau maraknya permainan game online ini merupakan gambaran bahwa naiknya jumlah skala jaringan komputer yang awalnya berskala kecil atau bias disebut juga small local network,hingga kini menjadi internet dan makin mengalami perkembangan pesat sampai saat ini. Game Online sekarang ini yang berkembang pengaplikasiannya berbeda dengan game online pada awalnya jika dahulu game hanya bisa maksimal bermain hanya dilakukan oleh dua orang saja tetapi sekarang dengan berkembangnya kemajuan teknologi dalam game online teknologi yang diteraplkan adalah perkembangan jaringan internet, kini game online bisa dimainkan sebanyak 100 pengguna dalam waktu yang sama meski dalam ruangan yang berbeda. Meskipun game online pada dasarnya memang dibuat khusus untuk anak-anak tetapi tidak sedikit orang tua atau dewasa baik pria ataupun wanita juga ikut bermain game online tersebut.

Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket atau packet based computer networking, Dimana jaringan komputer tidak menggunakan LAN saja tetapi juga mencakup WAN lalu menjadi Internet.

Multiplayer online games dari pemisahan kata masing-masing, Multiplayer berarti model cara bermain untuk bermain dengan menggunakan komputer dan video game di mana terdapat dua pemain atau lebih pemain yang bermain pada saat yang bersamaan. Multiplayer menggunakan layar terpisah atau dua layar atau juga bisa dalam satu layar pemain bermain dengan sistem terpisah yang terhubung ke system hanya LAN atau server game internet. SEdangkan definisi dari game adalah Permainan yang mempunyai struktur dibuat untuk menghilangkan penat atau stress pikiran .Komposisi dari Game adalah pertama adalah tujuan, kedua adalah aturan, ketiga adalah tantangan, dan terakhir yang keempat yaitu interaksi.

Sedangkan game online itu sendiri adalah permainan yang cara bermainnya dimainkan di dalam suatu jaringan baik menggunakan LAN atau jaringan Internet. Sebuah game online multiplayer adalah video game multiplayer yang dapat dimainkan melalui server game melalui internet, dengan pemain lain di seluruh dunia. Permainan game online menggunakan berbagai system yang mendukung perkembangan teknologi,salah satu contohnya teknologi grafis,Berikut penjelasannya: Game online menggunakan teknologi yang ringan dalam penggunaannya,ambar 2D tidak sebanding dengan gambar 3D,.Karen hal itu sekarang para pengguna game online beralih dari 2D ke 3D

Dalam bermain game online apalagi bermain secara bersamaan atau multiplayer, bisa membuat kita lupa waktu karena terlalu fokus bermain.Fokus dalam artian positif disini yaitu bermain itu mengaktifkan sistem motorik kita,melalui koordinasi yang akurat di antara informasi yang kita terima melalui panca indera kita yaitu mata lalu diterima oleh mata kemudian di teruskan ke otak kita untuk diproses dan diarahkan melalui pikiran kita dan memerintahkan tangan untuk menekan tombol tertentu. Bermain Game online selain mempunyai dampak yang negatif mengaktifkan sistem motorik juga dapat mendorong remaja atau anak-anak khususnya yang bermain game online tersebut menjadi cerdas, karena pemain game online mengasah otak kita untuk berfikir lebih keras atau bisa disebut juga dengan meningkatkan konsentrasi,menuntut daya analisa yang kuat serta perencanaan strategi yang jiu dalam menyelesaikan permainan agar permainan bisa terselesaikan dengan baik. Dampak postif dari game online diatas hanya beberapa manfaat saja berikutnya akan saya Jelaskan lebih detail mengenai dampak positif yang membuat remaja atau anak-anak terdoktrin terhadap game online,yaitu :lebih meningkatkan kecepatan serta kecekatan berapa hitungan waktu dan jumlah ketikan dalam mengetik itu bisa menjadi tolak ukur kita untuk mengetahui seberapa cepat kita mengetik, karena beberapa game online mengharuskan player untuk mengetik ketika berkomunikasi dengan lawan bicara,Sesuai dengan pembahasan multiplayer game online dimana pemain ada beberapa yang diikutsertakan guna menjalin atau menumbuhkan interaksi sosial yang menentang stereotip gamer yang terisolasi. Pertemanan,persaudaraan, organisasi, menghadapi permasalahan yang ada secara bersama,membiasakan diri kita terlatih untuk bisa mengendalikan emosi, membiasakan diri untuk belajar memecahkan masalah dengan mempergunakan analisa sesuai dengan jalan pikiran kita,mengasah kemampuan untuk mengatur sistematis kerja untuk mencapai tujuan,menambah pengetahuan kita tentang persepsi audio visual, serta menjadikan kita sebagai orang yang pantang menyerah selalu mencoba apabila mengalami kegagalan, melatih kesabaran kita,merangkai beberapa pikiran menjadi pikiran yang imajinatif dan kreativitas serta meluas,dan juga dalam game online ada kita jumpai beberapa permainan yang di sebelah kiri atau kanan ujung nya ada kolom chat, Menghilangkan Kepenatan dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan atau membuat stress pikiran, merelekskan beberapa urat saraf dari kesibukan rutin atau rasa letih setelah bekerja atau sekolah.,Melatih kemampuan otak kita untuk berkonsentrasi, Banyak sekali hal yang positif yang bisa kita petik dalam pengaplikasiannya contoh positifnya saja dalam bermain game online yang bersifat multiplayer yaitu :menjadikan kita fasih terhadap bahasa inggris baik dalam penulisan maupun pembicaraan, karena game online yang sekarang ini ada sudah menggunakan bahasa inggris dalam pengaplikasikan permainannya.Dari survey menyebutkan bahwa orang Indonesia yang suka bermain game online lebih lancar dalam berbahasa inggris di sekolah ataupun di jenjang pendidikian yang lebih tinggi dan juga paling mahir dalam penggunaan bahasa inggris khusus nya di game online tersebut ketika chat dengan lawan mainnya.

Hal yang paling menguntungkan atau sangat memberi dampak postif ketika bermain game online yaitu menjadikannya sebagai pekerjaan tambahan dalam mencari uang atau penghasilan yaitu dengan cara menjual karakter game online atau hasil lain yang bisa dijual dalam game online tersebut. Atau bisa disebut juga bermain game online bisa membuat kita menambah penghasilan.

Dari penjelasan diatas mengenai pembahasan multiplayer game online menurut beberapa kutipan mengenai definisi dan lain-lain,pada pembahasan kali ini yang saya rangkum adalah Dalam perkembangannya game online berkembang sangat pesat, terutama dari segi baik teknologinya. efek dari games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing bagaimana cara mengontrolnya, tetapi jika kita bisa memanfaatkan seperti yang sudah saya jelaskan diatas pasti tidak sedikit manfaat positif yang bisa diperoleh dari game online jika dilihat dari segi perkembangan teknologi dan pengaplikasiannya secara benar.

Refrensi:

FahrulAlam,M.2010.”PengertianGameOnlinedanSejarahnya”.http://my.opera.com/mfahrul/blog/show.dml/10712381(diakses10November2013). http://www.newoes.com/dampak-positif-dan-negatif-game-online/ http://iwansulistyo.blogspot.com/2012/04/dampak-negatif-internet.html

Membuat halaman baru

Setiap pengguna yang terdaftar dapat memulai halaman baru di Wikipedia! Ketiklah judul artikel yang ingin Anda buat di kotak di bawah ini, tekan "Buat artikel", dan mulailah menulis.

Tombol tersebut akan membawa Anda ke halaman penyuntingan untuk memasukkan tulisan. Jika artikel dengan judul yang Anda masukkan belum tersedia, maka Anda akan menyunting suatu halaman baru. Sebaliknya, jika sudah tersedia artikel dengan judul tersebut, isi artikel akan ditampilkan dan Anda bisa mengubah halaman tersebut.

Ada baiknya untuk membaca prinsip-prinsip umum yang berlaku di Wikipedia sebelum Anda mulai menulis. Baca pula petunjuk menyunting suatu halaman untuk mempelajari markah (markup) wiki yang bisa Anda pergunakan dalam kotak suntingan.

Lihat pula