Melon Cake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Melon Cake"
Lagu oleh Demi Lovato
dari album Dancing with the Devil... the Art of Starting Over
Dirilis02 April 2021 (2021-04-02)
GenrePop
Durasi3:32
LabelIsland
Pencipta
Produser
  • Eren Cannata
  • Oak
  • Alex Nice
  • Keith "Ten4" Sorrells
Video musik
"Melon Cake" di YouTube

"Melon Cake" adalah lagu yang direkam oleh penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat, Demi Lovato, untuk album studio ketujuhnya, Dancing with the Devil... the Art of Starting Over (2021). Lagu ini dirilis melalui Island Records sebagai lagu kedelapan album pada 2 April 2021. Lovato menulisnya bersama Julia Michaels, Justin Tranter dan produsernya Eren Cannata, Warren "Oak" Felder dan Keith "Ten4" Sorrells. Alex Nice juga mengisi bagian produksi.

Judul lagu ini mengacu pada program diet Lovato yang sangat dibatasi di masa lalu, dan liriknya menekankan pada "perpisahan" kepada manajemen lamanya. "Melon Cake" umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus. Musik video yang disutradarai oleh Hannah Lux Davis untuk lagu ini ditayangkan perdana secara eksklusif di Facebook pada tanggal 20 Agustus 2021, dan dirilis di saluran Vevo Lovato pada hari berikutnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Maret 2021, Demi Lovato mengumumkan album studio ketujuhnya, Dancing with the Devil... the Art of Starting Over (2021), yang aslinya berjudul The Art of Starting Over, album pertamanya dalam hampir empat tahun.[1] Lovato juga mengonfirmasi bahwa album tersebut akan berisi 19 lagu, dengan tiga lagu bonus, dan tiga kolaborasi.[2] Pada tanggal 26 Maret, Lovato meluncurkan daftar lagu untuk album tersebut, di mana "Melon Cake" muncul sebagai lagu kedelapan, dan lagu kelima di paruh kedua, setelah pendahuluan.[3]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

"Melon Cake" adalah lagu pop, yang digambarkan oleh Vulture sebagai lagu "catchy" yang juga berfungsi sebagai lagu perpisahan dengan budaya diet ketat.[4] Judulnya mengacu pada pola makan Lovato, yang sangat dibatasi oleh mantan timnya, di mana kue ulang tahunnya adalah "kue semangka yang mana Anda memotong semangka menjadi bentuk kue dan menaruh krim bebas lemak di atasnya.", sesuai dengan apa yang diungkapkan Lovato dalam wawancaranya di The Ellen DeGeneres Show pada tahun 2020.[4] Dalam lagu ini, Lovato juga menekankan pada "mengatasi iblisnya".[5]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Quinn Moreland dari Pitchfork menyebut lagu ini "synthy", dan menulis: "Bahkan ketika Lovato dengan yakin menyatakan bahwa kue melon adalah masa lalu, gambarannya sangat menyedihkan [sulit] untuk fokus pada hal lain, terutama pada apa yang ada dimaksudkan untuk menjadi lagu yang menyenangkan. Tapi bukankah itu yang dilakukan banyak dari kita untuk bertahan hidup? Kita mencoba untuk mengubah trauma kita sebagai pelajaran yang kita dapat; spiral destruktif".[6] Rachel Saywitz dari The Line of Best Fit menganggap lagu ini "merefleksikan diri dengan canggung", tetapi juga "pandangan yang mengungkapkan betapa berbahayanya peraturan diet yang ketat, dan kegembiraannya karena tidak melakukan hal itu membuatnya menjadi perayaan untuk didengarkan".[7] Menulis untuk The Daily Telegraph, Nell McCormick menjuluki "Melon Cake" sebagai "lagu paling ceria tentang anoreksia yang pernah Anda dengar".[5]

Musik video[sunting | sunting sumber]

Musik video "Melon Cake" disutradarai oleh Hannah Lux Davis.[8] Video tersebut ditayangkan perdana secara eksklusif di Facebook pada tanggal 20 Agustus 2021, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Lovato yang ke-29,[9] dan dirilis di saluran Vevo Lovato pada hari berikutnya.[10] Dalam pernyataannya, Lovato menulis: "Tidak ada lagi kue melon di hari ulang tahun... 29, aku di sini hari ini dan aku senang ketika kamu juga senang".[11] Video tersebut memiliki tema "warna permen" dan menampilkan Lovato "merangkul kegembiraan dan meminta maaf kepada dirinya di masa lalu atas apa yang dialaminya".[4] Video tersebut dimulai dengan Lovato membelikan seorang gadis kue ulang tahun di toko roti, dan kemudian beralih ke Lovato dengan jumpsuit hitam, jaket, dan topi koboi di depan visual berwarna dan penari latar, di mana dia ikut bernyanyi mengikuti lirik lagu. Majalah Glitter mendeskripsikan video tersebut sebagai "momen ekspresi diri Lovato yang sebenarnya".[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shafer, Ellise (16 Maret 2021). "Demi Lovato Announces New Album 'Dancing With the Devil… The Art of Starting Over,' Coming Next Month". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Maret 2021. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  2. ^ Peacock, Tim (16 Maret 2021). "Demi Lovato Announces New Album, 'Dancing With The Devil…The Art Of Starting Over'". UDiscover Music. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  3. ^ "Demi Lovato's 'Dancing with the Devil' Album Features Collabs With Ariana Grande, Saweetie & More: See Track List". Billboard. 26 Maret 2021. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  4. ^ a b c Alter, Rebecca (21 Agustus 2021). "Demi Lovato's New Single Is a Break-Up Song for Melons". Vulture. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  5. ^ a b McCormick, Neil. "Demi Levato's shocking struggles become a witty, redemptive pop classic". The Daily Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2021. Diakses tanggal 21 April 2024. 
  6. ^ Moreland, Quinn (7 April 2021). "Demi Lovato — Dancing With The Devil... The Art of Starting Over". Pitchfork. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  7. ^ Saywitz, Rachel (2 April 2021). "Demi Lovato strips back the pop sheen exposing her barest bones on Dancing With The Devil". The Line of Best Fit. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  8. ^ Mamo, Heran (20 Agustus 2021). "Demi Lovato Celebrates 29th Birthday With 'Melon Cake' Music Video: Watch". Billboard. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  9. ^ Avila, Daniela (20 Agustus 2024). "Demi Lovato Celebrates 29th Birthday by Releasing 'Melon Cake' Music Video". People. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  10. ^ a b "Demi Lovato Rings in a New Year of Self-Love With 'Melon Cake' Video". Glitter Magazine. 20 Agustus 2021. Diakses tanggal 16 April 2024. 
  11. ^ Rowley, Glenn (21 Agustus 2021). "Demi Lovato Drops "Melon Cake" Music Video for Their 29th Birthday: Watch". Consequence. Diakses tanggal 16 April 2024.