Mechamato Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mechamato Movie
Poster rilis teatrikal resmi
SutradaraNizam Razak
ProduserKee Yong Pin
Nizam Razak
Ditulis olehNizam Razak
Berdasarkan
Mechamato Oleh Nizam Razak
PemeranArmand Ezra
Adzlan Nazir
Fadhli Mohd Rawi
Ielham Iskandar
Marissa Balqis
Fazreen Mohd
Hazzley Abu Bakar
Feroz Faizal
Penata musikYuri Wong
Nur Sharmine Md Bakri
Simmy Lor
PenyuntingDzubir Mohammed Zakaria
Raja Nukman Raja Mohd Noordin
Hafiz Ashraf Saipul Islam
Perusahaan
produksi
DistributorAstro Shaw
CBI Pictures — Indonesia Indonesia
Tanggal rilis
Malaysia Brunei
Malaysia dan Brunei
8 Desember 2022
Indonesia Indonesia
1 Maret 2023
Singapura Singapura
9 Maret 2023
Durasi122 menit (Bioskop)[1]
123 menit (Astro On Demand)
NegaraMalaysia
BahasaMelayu
Inggris
AnggaranRM10 juta[2]
Pendapatan
kotor
RM35.88 juta

Mechamato Movie adalah sebuah film komedi laga animasi komputer 3D asal Malaysia tahun 2022 yang diproduksi oleh Animonsta Studios dan Astro Shaw bersama dan didistribusikan oleh Astro Shaw. Film ini merupakan adaptasi dari seri animasi Mechamato. Film ini disutradarai oleh Nizam Razak dan dibintangi oleh Armand Ezra, Adzlan Nazir, Fadhli Mohd Rawi, Ielham Iskandar, Marissa Balqis, Fazreen Mohd, Hazzley Abu Bakar, dan Feroz Faizal. Cerita dalam film ini mengikuti pertemuan pertama Amato dengan MechaBot di penjara pesawat luar angkasa yang jatuh lalu Amato akhirnya menjadi tuan baru MechaBot yang menyebabkan mereka dikejar oleh seorang alien jahat yang bernama Grakakus.

Awalnya film ini diumumkan rilis pada tahun 2021, namun ditunda berkali-kali karena pandemi COVID-19 yang menyebabkan serial animasinya dirilis sebelum film. Perilisan film secara resmi diumumkan pada September 2022.

Film ini tayang pada tanggal 8 Desember 2022 di Malaysia dan Brunei Darussalam. Di Indonesia film ini tayang 1 Maret 2023.

Plot[sunting | sunting sumber]

Amato sedang mempelajari "Latihan Sempurna" untuk Silat, namun tidak mencapai sasaran dan disarankan oleh pelatihnya Tok Sah untuk melakukannya lebih baik lagi. Dia mengambil cuti ke rumah temannya Pian di mana dia harus berdiskusi dan memeriksa proyek sains sekolah mereka. Ayah Pian, Aman, adalah seorang ilmuwan terkenal dan miliarder pemilik DeStar Corporation, yang selama berhari-hari melacak sebuah komet yang akan segera terbang dari bumi. Amato berpamitan dengan proyeknya dan Pian lalu pulang. Dalam tembakan serentak, di titik jauh dari galaksi terdapat "Kapal Penjara" alien yang berlayar melintasi ruang angkasa menuju sasarannya, membawa robot kosmik terkenal yang sedang menyaksikan pertandingan duel. Kapal tersebut juga kebetulan membawa "power sphera", bernama Mechabot. Tiba-tiba, ada serangan yang dimulai dari pelayaran Grakakus, alien humanoid semi cyborg jahat yang berniat memperbudak robot dan menangkap semua bola kekuatan termasuk yang terakhir, Mechabot. Karena tidak ada jalan keluar dan serangan balik gagal, kapal tersebut bermanuver menuju bumi; itu adalah "komet" yang sama yang dilacak oleh ayah Pian, Aman. Grakakus mengikuti kapal itu ke bumi.

Saat kembali ke rumah, Amato menyaksikan kapal jatuh dari langit dan jatuh di lembah pegunungan Kotar Hiller. Dia segera mencapai tempat itu untuk melihat reruntuhan, dan bertemu MechaBot, yang awalnya terkejut dan melepaskan tembakan peringatan, mengancamnya. Hal ini membangunkan salah satu robot, Troket (yang sedang berduel), menyerang keduanya saat mereka mencoba melarikan diri. Sementara itu, entitas rahasia "Maskmana" juga kebetulan melihat kejadian tersebut sepanjang waktu, saat dia mengumpulkan sampel luar angkasa dari Kapal tersebut. Mechabot menunjukkan kemampuan mekanisasinya untuk pertama kalinya dengan mengupgrade sepedanya untuk sementara sehingga mereka dapat melarikan diri. Keesokan paginya, Amato bangun sambil berpikir bahwa kejadian kemarin malam hanyalah imajinasinya sampai ayahnya memintanya untuk mengurus "robot" proyek sekolahnya, yang mengingatkannya pada pertemuan itu. Dia minta diri ke garasi, tempat dia dan Mechabot bertukar cerita, ucapan, sambil juga belajar tentang satu sama lain; Mechabot dapat memekanisasi dan mengubah benda mati apa pun menjadi peningkatan yang lebih unggul dengan fungsi-fungsi baru. Amato berusaha untuk mengeksplorasi lebih jauh, dan segera menipu dia untuk memberikan "Mekanisator" miliknya untuk menetapkan dirinya sebagai master baru Mechabot.

Troket yang mengejar mereka kembali di malam hari muncul kembali, membalas dendam pada mereka karena mengganggu dan hampir menghancurkannya saat dia berencana melarikan diri dari kapal. Mechabot dan Amato melawannya tetapi ketika dia masih tidak menyerah, mereka melakukan jetpack dengan Mechabot untuk beraksi; tidak lama setelah Troket mencoba kembali untuk menabrak mereka. Salah satu roket yang diluncurkan menciptakan kekacauan di jembatan gantung tinggi, tempat mereka bergabung menjadi "Mecha-Amato". Amukan itu segera ditangani oleh mereka tetapi melupakan jetpack mereka, mereka jatuh bebas dan Amato terkena pukulan di kepala saat dia mengingat beberapa kilasan masa lalu Mechabot dan tentang tuannya. Troket didorong keluar ke perairan dan dirusak. Robot Grakaus tiba untuk mengambilnya ketika Maskamana muncul dan menangkap mereka semua. Dia segera ditahan oleh Grakakus dan mengungkapkan tentang Mechabot di kota terdekat dan master barunya "Amato".

Keesokan paginya, Amato melihat berita tentang dirinya yang dipuji kemarin, dan dia buru-buru mengatakan bahwa itu semua hanya karangan. Di sekolah, dia mencoba memproyeksikan Mechabot sebagai proyek bersama dan Pian, tetapi gagal untuk mengesankan dan gagal dinilai. Dia memperhatikan gadis cacat kaki yang sama, Mara, yang dia selamatkan dari kekacauan jembatan tetapi merusak kursi rodanya, dan dia tampaknya skeptis terhadap dia dan "proyek" -nya. Sepulang sekolah, Amato masih mencoba memberi tahu Pian tentang robot alien yang didapatnya dan dipasangkan, dan juga dilihat oleh Mara. Selama percakapan, Salah satu droid melihat dan mengejar keduanya, dan mereka akhirnya berpisah dengan Pian dan Mara di belakang. Mechabot menggunakan penarik becak otomatis dan segera melarikan diri setelahnya. Mereka mampu menghindari bot; dan sedang dalam perjalanan kembali ke rumah Amato di mana dia mengetahui tentang Jenderal Grakaus, Mechabot sebagai bidang kekuatan dan niat jahat Jenderal untuk menyerang planet.

Saat itu, keduanya terganggu oleh tembakan roket dan mereka jatuh di pelabuhan Kotar Hiller. Troket, yang sebelumnya mereka temui dua kali kini telah bekerja sama dengan Grakakus dan yang terakhir bersedia berhadapan untuk menangkap Mechabot. Tampaknya putus asa untuk mengalahkan Mechamato, dia meledakkan mereka jauh di dalam kapal kargo, melukai mereka. selama upaya untuk melakukan mekanisasi untuk peledakan, Mechabot menimpa dirinya dan Amato ke kilas balik master sebelumnya: ketika Grakakus mencoba menangkap Mechabot, dan sebagai upaya terakhir, dia membuangnya dan malah terbunuh. Hal ini mengakibatkan Amato pingsan, dan menghemat waktu bagi Maskmana untuk menyelamatkannya. Meski saat bertarung, Maskmana terluka, namun mampu menyelamatkan Amato dan mengantarkannya ke med bay di tempatnya. Pian dan Mara mengunjungi ayahnya Aman karena mengetahui tentang Amato. Dia mengatakan bahwa saya mungkin pergi ke suatu tempat, sambil memperbaiki kursi roda Mara.

Amato bangun untuk melihat Tok Sah yang terluka mengunjunginya, dia bertanya tentang Mechabot dan dia menjawab bahwa dia sedang dalam pemeliharaan observatorium karena telah banyak mengingat masa lalunya. Amato kemudian dikunjungi oleh Aman dan walikota kota tersebut, Andy, dan segera mengetahui fakta bahwa ketiganya adalah peserta utama "Proyek Maskmana", dan Mereka diawasi dua kali: saat kapal jatuh dan saat dia berduel dengan Troket. Mereka menjelaskan kepadanya tentang motif mereka untuk tetap tangguh, yang terhalang sampai Dia menghubungi robot dan memimpin tindak lanjut di belakangnya meninggalkan tempat itu, dia pergi ke sisi kota dan bertemu teman-temannya, sambil juga menjaga rahasia Maskmana[ s] menjauh dari mereka. Saat itu, Grakakus dan droidnya tiba untuk menangkap Amato, tapi melihatnya melarikan diri, menangkap kenalannya sebagai sandera.

Grakakus merusak jalur monorel kota untuk mengintai Amato menyelamatkan para penumpang, saat itu Tok Sah sebagai Maskmana tiba untuk menyelamatkan mereka sambil juga memperhatikan sikap heroik Amato. Grakakus mampu mengalahkan Maksmana, tapi sebelumnya dia mengintainya pergi dengan Mechabot miliknya. Maskmana mendarat di lokasi DeStar dan menyerang Grakaku berikutnya. Amato segera tiba melalui salah satu droid terbang untuk mencari Mecabot, yang masih dalam proses perbaikan tetapi juga menghapus hubungannya dengan Amato. Hal ini mengejutkannya dan dia mencoba meyakinkan tentang hubungan dan persahabatannya, yang dibalas oleh Tok Sah bahwa akan berbahaya baginya untuk terus menjadi master, dan Maskmana-lah yang dapat menangani dan menggunakan Mechabot untuk membawa keseimbangan dan kedamaian.

Amato memohon dan menegaskan kembali dirinya sekarang bertanggung jawab atas tindakan dan Mechabot yang dipikirkan Tok Sah. Di atas mereka, Andy dan Aman terluka parah karena Grakakus telah membawa beberapa bola kekuatan, dan karena tidak melihat pilihan, mereka memutuskan untuk memanggil bantuan ketiga. Amato-lah yang merespons dan menjangkau tempat tersebut, sementara Tok Sah mengungkapkan bahwa dia telah mengulangi perannya dan benar-benar cocok untuk bekerja sama, juga meminta mereka untuk mengizinkannya mencoba. Amato melemahkan Grakakus, dan dia mengungkapkan hasil tangkapan di kapalnya dan mengancam akan membuang mereka jika Mechabot tidak diserahkan. Dia melakukannya, tapi setiap sandera akhirnya diselamatkan oleh kerja tim ketiganya.

Trik Grakaku memisahkan Mechabot dan Amato, namun saat ia mencoba melakukan mekanisasi, Mechabot mampu melawan dan lepas dari genggaman untuk membantu Amato. Mereka kemudian melakukan mekanisasi dengan helikopter yang rusak dan menyelesaikan sisa pertarungan dengan menghancurkan bola kekuatan Grakakus, dan pada akhirnya menghancurkan kapalnya sendiri di atasnya. Beberapa minggu kemudian, Amato dan teman-temannya mengunjungi Aman untuk menjalani diagnosis, dan dia menyatakan komitmennya untuk menjaga kota dan dunia sambil menjaga kerahasiaan. Saat itu, jam tangan mereka berkedip peringatan robot yang melarikan diri sedang berkeliaran dan Amato menyatakan misi pertamanya.

dalam adegan pasca kredit bertahun-tahun setelah kejadian tersebut, Amato sekarang sudah dewasa bersama istri dan putranya BoBoiBoy; Dia bersikeras untuk memiliki bola kekuatan untuknya, jadi Amato memesan tautan Ochobot untuk BoBoiBoy, sementara layar berkedip dengan perubahan agen pengiriman dari yang sebenarnya ke Adu Du. Dalam adegan kredit menengah yang diperpanjang, orang-orang Maskmana (Tok Sah, Aman dan Andy) bersama ayah Amato, Tok Aba, mengunjungi reruntuhan Kapal Penjara untuk melihatnya digunakan sebagai toko penjualan seluruh bagian dan tubuh robot. oleh Bago Go yang buru-buru menyambut “pelanggannya”.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Armand Ezra sebagai Amato / Mechamato
  • Adzlan Nazir sebagai MechaBot
  • Fadhli Mohd Rawi sebagai Grakakus
  • Ielham Iskandar sebagai Pian
  • Marissa Balqis sebagai Mara
  • Fazreen Mohd sebagai Tok Sah
  • Hazzley Abu Bakar sebagai Walikota Andy
  • Feroz Faizal sebagai Pak Aman dan Troket
  • Syabil Syamin as Deep
  • Anas Abdul Aziz sebagai Aba
  • Siti Salwa Samsudin sebagai Umi
  • Nizam Razak sebagai Bago Go dan Bula
  • Azrul Fazlan Hamdan sebagai Bili

Produksi[sunting | sunting sumber]

Produksi film dimulai pada awal 2019, ketika Monsta mengungkapkan rencana Mechamato dalam video untuk rencana 2020 mereka sebagai proyek film fitur, yang menampilkan cutscene dari film tersebut.[3] Produksi film dihentikan sementara untuk memberi jalan bagi produksi serial animasi terlebih dahulu setelah rilis film ditunda.[4] Astro Shaw dikonfirmasi sebagai distributor, sementara MDEC menyediakan sebagian dana dan akses pasar untuk Mechamato.[5] Pada Maret 2022, pencipta Nizam Razakmengatakan bahwa karena perubahan urutan pemutaran, alur cerita akan sedikit berubah dibandingkan dengan rencana semula. Film yang sudah siap 70% perlu dikerjakan ulang agar jalan cerita lebih berorientasi pada 'Origin Story'.[6] Pada Juli 2022, mereka mengonfirmasi bahwa mereka sedang berupaya membuat film tersebut di-dubbing dalam bahasa Jepang, Korea, dan Inggris. Pada November 2022, pembuatnya menyebutkan bahwa tone filmnya akan lebih dewasa dari serialnya.[7] Versi bahasa Inggris Dan Melayu diharapkan selesai pada Maret 2023. Durasi awalnya sekitar 100 menit, tetapi Monsta memperpanjangnya menjadi 122 menit sebagai hasil dari perubahan dan peningkatan untuk menjamin kepuasan penonton.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mechamato Movie akan disiarkan di 150 pawagam mulai 8 Disember". Soya Cincau (dalam bahasa Melayu). 30 November 2022. Diakses tanggal 4 December 2022. 
  2. ^ Raj, Mark (6 January 2021). "Covid-19: BoboiBoy creators postpone Mechamato movie screening to avoid losses during pandemic (VIDEO)". Malay Mail (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 November 2022. 
  3. ^ "MONSTA 2020 - A NEW ERA!". YouTube. 27 December 2019. Diakses tanggal 5 December 2021. 
  4. ^ "MECHAMATO SHOWRUNNER TALKS ABOUT INSPIRATIONS, PLANS FOR A MOVIE, TOYS & MUSIC". Kakuchopurei (dalam bahasa Inggris). 23 November 2021. Diakses tanggal 27 November 2022. 
  5. ^ a b @nizamabdrazak (9 November 2022). "(THREAD) 5 Fakta menarik tentang Mechamato di Kre8tif!" (Tweet) (dalam bahasa Melayu) – via Twitter. 
  6. ^ @nizamabdrazak (25 March 2022). "Tayangan Mechamato Movie telah ditunda disebabkan pandemic. Kami menggantikan Mechamato Movie dengan Series S1. Disebabkan perubahan ini, kami perlu mengolah sedikit jalan cerita dalam Mechamato Movie dan ianya melibatkan proses produksi dan perlu mengambil sedikit masa" (Tweet) (dalam bahasa Melayu) – via Twitter. 
  7. ^ @nizamabdrazak (8 November 2022). "Main poster #MechamatoMovie. Genap sebulan lagi untuk Mechamato Movie ditayangkan di Malaysia dan Brunei. Jangan lupa beramai-ramai menonton di pawagam bermula 8 December 2022!" (Tweet) (dalam bahasa Melayu) – via Twitter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Mechamato Movie di IMDb (dalam bahasa Inggris)