Bola Kampung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bola Kampung
Bolakampung.png
Logo penggemar klub Bola Kampung
Genre Animasi, Olahraga
Pembuat Animasia Studios
Lagu pembuka "Bola Kampung"
Lagu penutup "Ai Senshi"
Negara Bendera Malaysia Malaysia
Bahasa Bahasa Melayu
Jumlah musim 5
Jumlah episode 52 (4 musim x 13 Episode)
Produksi
Produser eksekutif Adnan Mansor
Durasi 30 menit per episode
Siaran
Saluran asli RTM1 (musim 1-4)
Disney Channel Asia (musim 1-4)
Cartoon Network Asia (BK X)
TV2
Format gambar animasi
Periode siaran 2006–sekarang
Pranala luar
http://www.bola-kampung.com

Bola Kampung adalah sebuah serial televisi animasi buatan Malaysia yang diproduksi oleh Animasia Studios, mengisahkan gairah sekelompok anak-anak luar bandar dalam memainkan sepak bola dan impian mereka untuk mewakili sekolah mereka dalam olahraga tersebut. Serial Bola Kampung aslinya dibikin dan disiarkan dalam bahasa Malaysia di RTM1, tetapi kini juga di alih suara ke bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lain dengan membawa judul Football Kids untuk tayangan oleh Disney Channel di 16 negara sejak akhir tahun 2007, selaku terbitan "buatan MSC Malaysia" terulung yang mencapai pasar internasional.[1] Sehingga hari ini, Bola Kampung sudah disiarkan empat musim di televisi Malaysia.

Pada tahun 2011, serial Bola Kampung diperbaharui dengan serial Bola Kampung X yang ditayangkan perdana di Cartoon Network mulai 4 Juni.[2]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Bola Kampung mengisahkan sekelompok anak-anak yang tinggal di Kampung Gong Lechar, daerah Pohon Bambu, yang menggilai sepak bola, itupun hanya memainkan karena minat semata-mata. Ini berubah ketika kepala sekolah mereka dan pelatih sepak bola baru, Abdul Rahman, mendirikan sebuah tim bola untuk tanding di turnamen antara sekolah. Iwan, yaitu karakter utama serial Bola Kampung, menjadi pemimpin tim sepakbola sekolahnya ini, namun ditentang oleh ayahnya yang, ironik sekali, pernah memainkan dalam tim nasional sepak bola, gara-gara tidak mau anaknya mengalami nasib malang seperti dirinya. Namun, dengan dukungan kawan karibnya Azizul dan Sabok, Iwan berhasil meredah segala rintangan, sekaligus menjadi nadi tim. Bersama-sama, Iwan dan rekan-rekannya bertarung dengan tantangan yang mendatang untuk mencapai impian masing-masing.[3]

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Iwan - Karakter utama Bola Kampung ini adalah seorang yang periang dan memiliki impian untuk mewakili tim negara. Bermain di posisi tengah, dia sering membuat pengiriman tepat dan berbahaya. Peminat cilik Yuri Sakazaki ini dianggap sebagai "nadi utama" pasukannya ia pengisi suara Mamoru Miyano.
  • Sabok - Seorang kawan karib kepada Iwan. Kelebihannya sebagai pemain sayap kanan merupakan kemampuannya mengontrol bola dengan kedua belah kaki. Dia bijak menciptakan kesempatan di depan gol dengan menggelecek pertahanan lawan. Dia dianggap sebagai "pakar" mengambil tendangan gratis ia pengisi suara Shinichiro Miki.
  • Azizul - Kekuatannya sebagai pemain sayap kiri adalah lari cepat dan pengiriman tepat. Kakinya yang kuat terpercaya adalah kontribusi kerja-kerja membantu ayahnya di sawah bendang ia pengisi suara Hiroyuki Yoshino.
  • Kumar - Dia selalu khawatir akan tahap keterampilan dan kemampuannya menjaring gol. Ini, di samping kegemukannya, menjadi kurang menyengat sebagai penyerang. Oleh karena itu dia harus bekerja keras untuk meraih tempat di tim utama ia pengisi suara Hiroshi Kamiya.
  • Santokh - Seorang yang kuat ego dan amat kompetitif. Dia percaya yang dirinya adalah yang terbaik dan tidaka akan berkompromi dengan siapa yang menentangnya. Memiliki bakat yang hebat, dia sangat disegani oleh pemain bertahan dengan lari cepat dan tembakan derasnya.
  • Szeto - Reputasi Szeto sebagai salah seorang penjaga gawang terbaik di daerah Pohon Bambu adalah hasil dari dedikasi menolong bapaknya mengopek kelapa setiap hari.
  • Ah Hock - Meskipun rekan baik kepada Santokh, namun Ah Hock yang berhati baik ini selalu mengizinkan keputusannya dipengaruhi oleh Santokh. Dia adalah pemain yang biasa saja kemabhirannya.
  • Amad dan Amid - Pasangan kembar dalam tim ini bermain di posisi pertahanan bersama-sama. Mereka sangat agresif dan memiliki semangat juang yang tinggi. Kemampuan di udara dan terjahan keras membuat mereka antara pemain pertahanan yang terbaik di daerah.
  • Nasha - Dia adalah anak ke Tok Ketua (ketua kampung) dan juga seorang rekan baik Iwan. Dia juga meminati sepak bola dan percaya bahwa usaha tanpa mengerti jemu akan membawa hasil yang lumayan.
  • Tik-Tok - Dia adalah karakter yang jarang terlihat,dia adalah orang gila yang sering mengganggu Iwan latihan
  • Sanghorjek - Sanghorjek adalah tukang ojek yang membenci sepak bola.Dia merupakan tokoh yang jarang terlihat.Sanghorjek suka main PS tema naruto,tapi kalau ada yang main naruto pasti ngomong:MANA BAMBANG ENGKO

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Malaysia-made animation series Football Kids to debut on Disney Channel". OnScreen (Asia). 2007-10-12. Diakses 2008-08-16. 
  2. ^ Bola Kampung returns with X factor, ParenThots, 30 Mei 2011. Diakses pada 6 Juni 2011.
  3. ^ Sinopsis Bola Kampung

Pranala luar[sunting | sunting sumber]