BoBoiBoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
BoBoiBoy
BoBoiBoy Title Card.jpg
Telop BoBoiBoy
Genre Aksi, komedi, petualangan
Pembuat Nizam Razak
Perancang Animonsta Studios Sdn. Bhd.
Penulis Nizam Razak
Muhammad Anas Abdul Aziz
Sutradara Nizam Razak (musim 1)
Yap Ee Jean, Dzubir Mohamed Zakaria (musim 2)
Pengisi suara Nur Fathiah Diaz
Yap Ee Jean
Sarah Alisya Zainal Rashid
Dzubir Mohamed Zakaria
Muhammad Anas Abdul Aziz
Muhammad Fathi Diaz
Nizam Razak
Yvonne Chong Shin Vun
Wong Wai Kay
Komposer lagu tema Yuri Wong, Jonathan Lee (musik tambahan)[1]
Lagu pembuka BoBoiBoy Superhero Kita
Lagu penutup Bersedia
Negara Malaysia
Bahasa Bahasa Melayu
Inggris
Jumlah musim 3
Jumlah episode 44 (Daftar episode)
Produksi
Durasi 21 menit
Siaran
Saluran asli TV3 (Malaysia)
Format gambar 16:9 (HDTV)
Periode siaran 13 Maret 2011–saat ini
Pranala luar
www.animonsta.com

BoBoiBoy adalah sebuah serial animasi Malaysia yang diproduksi oleh Animonsta Studios. Serial animasi ini menceritakan tentang seorang anak yang memiliki kekuatan luar biasa untuk menghadapi makhluk asing yang ingin menyerang Bumi. Bersama dengan keempat temannya Ying, Yaya, Gopal, Dan Fang. BoBoiBoy berusaha menghalangi alien berkepala kotak bernama Adu Du yang berwarna hijau bersama dengan Probe dan Computer yang menginginkan biji coklat agar bisa menaklukkan Bumi.

Di Indonesia, BoBoiBoy ditayangkan di MNCTV setiap hari.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Musim 1 (2011)[sunting | sunting sumber]

Poster Akhir Musim

BoBoiBoy yang berasal dari kota Kuala Lumpur datang ke Pulau Rintis saat liburan sekolah untuk membantu kakeknya, Tok Aba. Di sana, dia bertemu dengan teman baru yaitu Yaya, Gopal dan Ying. Pada waktu yang sama, datangnya Adu Du dan kawan-kawannya Probe dan Komputer asisten Adu Du dari planet Ata Ta Tiga ke bumi untuk mencuri cokelat khusus Tok Aba yang tersedia sebagai sumber energi yang paling kuat di planet Ata Ta Tiga. Setelah mengejar pencuri cokelat itu, BoBoiBoy berkawan dengan robot ciptaan Adu Du yang melarikan diri, yaitu Ochobot yang memberinya kekuatan elemen bumi: angin, tanah dan petir. Serta kemampuan terpecah menjadi tiga orang dirinya yang masing-masing memiliki kekuatan satu elemen bumi tersebut.

Dalam pertarungan antara BoBoiBoy dan Adu Du sepanjang libur sekolah, teman BoBoiBoy turut terlibat, maka Ochobot memberi Yaya kemampuan manipulasi gravitasi, Ying kemampuan manipulasi waktu, dan Gopal kemampuan manipulasi molekul. Demi menyaingi peningkatan kinerja BoBoiBoy dan teman-temannya serta menyelesaikan misi mencuri coklat, Adu Du bersiap dengan bermacam-macam rencana untuk meningkatkan kekuatan dan pengaruhnya di Bumi, termasuk memeras robot suruhan, Multi-Monster dan menculik teman BoBoiBoy demi kekuasaan mereka, tetapi semuanya gagal. Multi-Monster malah membantu BoBoiBoy dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki Gopal untuk merubah benda dengan pemicu rasa takutnya terhadap Multi-Monster, Gopal pun merusak kapal angkasa Adu Du dengan merubahnya jadi makanan dan mereka pun melarikan diri.

Adu Du mengambil keuntungan dari kelemahan terbesar BoBoiBoy ketika terpecah menjadi tiga, yaitu daya ingat cepat terpengaruh jika terpecah terlalu lama, dan menculik BoBoiBoy Petir untuk disiksa. Siksaan yang diberikan bukan sesuatu yang direncanakan, sebelumnya ia telah mencuri Buku Rahasia Tok Aba, yang ternyata hanya buku hutang yang penuh dengan hutang Gopal di kedai Tok Aba, dan ruang siksaan yang dimiliki Adu Du malah dimodifikasi oleh Probe dan Komputer menjadi ruang perayaan pesta yang penuh dengan balon-balon, namun BoBoiBoy takut akan suara letusan balon

Ini membuat BoBoiBoy Petir tidak terkendali kemarahannya sehingga meningkatkan kekuatannya menjadi BoBoiBoy Halilintar. Namun Probe membohongi BoBoiBoy Halilintar adalah temannya dan namanya adalah Ada Da. Ia pun menyerang BoBoiBoy Angin dan Tanah, akhirnya ia bisa ditenangkan dan mudah diterima sebagai kekuatan baru BoBoiBoy.

Ketika keadaan memainkan permainan video Papa Zola bersama Gopal, Adu Du menyalahgunakan permainan itu dan memasukkan mereka berdua dalam alam permainan demi mengalahkan mereka dengan mudah. Rancangan Adu Du itu sekali lagi digagalkan dengan bantuan Tok Aba, Yaya dan Ying, dan Ochobot. BoBoiBoy dan Gopal selamat keluar bersama wira permainan tersebut, Papa Zola, bersama musuh ketatnya Raksasa Tidur yang bersekongkol dengan Adu Du untuk menjebak BoBoiBoy, Papa Zola dan kawan-kawan dalam alam mimpi. Jadi, mereka semua bertarung dalam permainan dam dalam alam mimpi Raksasa Tidur sampai berhasil demi kelangsungan hidup.

Dalam cobaan berikutnya untuk menyingkirkan saingan BoBoiBoy dan kawan-kawan, Adu Du menyamarkan cairan pengacau emosi dalam bentuk susu kambing sebagai umpan untuk BoBoiBoy yang diminta tolong membuat biskuit bersama Yaya. Ketika itu, BoBoiBoy terpecah lagi dan BoBoiBoy Angin diberikan tanggung jawab tersebut, dan dialah yang memasukkan susu tipuan itu dalam biskuit Yaya. Ketika BoBoiBoy Angin menguji biskuit Yaya, ia jadi gila dan menyebarkan biskuit-biskuit ke masyarakat. Dan kekuasaannya meningkat lagi maka BoBoiBoy Angin berubah menjadi BoBoiBoy Topan. Untungnya BoBoiBoy Topan ditenangkan oleh BoBoiBoy Halilintar dan kebijaksanaan Ochobot yang mengobati kegilaannya dengan episode terakhir film Sekantung Mawar Merah yang ditonton Probe sebelumnya. Akhir episode ini menunjukkan Azroy yang bertemu kembali dengan kucing peliharaanya, Sasha.

BoBoiBoy Tanah yang belum mendapat kekuatan baru sedih dan mencoba berbagai judul namun tetap gagal. Tok Aba pun menghentikan perbuatan BoBoiBoy agar mencegahnya dari lupa.Waktu hampir tiba untuk BoBoiBoy pulang ke tempat asalnya, tetapi Adu Du tidak mudah kalah dan berurusan dengan seorang penjual senjata ilegal bernama Bago Go sebagai langkah terdesak untuk mengalahkan BoBoiBoy. Akan tetapi, transaksi tidak berjalan dengan lancar sehingga Probe menggadai kapal angkasanya untuk pihak Adu Du demi membeli sendok listrik yang bisa menggantikan fungsi pemasak nasi biasa. Namun, ternyata mereka mendapat hadiah, yaitu sebuah robot penghancur bernama Mukalakus yang diberdayakan dengan energi coklat, yang tidak ada di Planet Ata Ta Tiga. Dalam pertarungan terakhir dengan Adu Du, seluruh geng BoBoiBoy nyaris kalah di tangan robot yang serba perkasa ini, tetapi BoBoiBoy Tanah sempat meningkatkan kekuatan dalam kondisi tertekan menjadi BoBoiBoy Gempa, lengkap dengan raksasa tanah kontrolnya yang cukup sebanding untuk mengecundangkan ancaman terbesar yang pernah dihadapi mereka selama ini.

Pada akhirnya BoBoiBoy dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Adu Du, Probe serta Robot Mukalakus. Adu Du dan Probe akhirnya tinggal di markas bawah tanah, yang disebut Markas Kotak, karena pesawat angkasa mereka telah digadai, sedangkan BoBoiBoy kembali ke Kuala Lumpur.

Musim 2 (2012-2013)[sunting | sunting sumber]

Konsep Musim ke-2

Enam bulan setelah kepergian BoBoiBoy dari Pulau Rintis, BoBoiBoy kembali ke Pulau Rintis untuk bertemu kawan-kawannya. Di musim ini, dia bertemu dengan seorang teman baru, seperti Fang dan lainnya. Setelah itu BoBoiBoy dengan Gopal mencari tahu tentang Fang, karena dia juga memiliki kekuatan sama seperti BoBoiBoy dan kawan-kawannya. BoBoiBoy menunjukkan foto Fang kepada Ochobot, tetapi setelah melihat foto Fang, Ochobot langsung pingsan. Menurut Fang, ia merasa pernah bertemu dengan Ochobot.

Sebab kekuatan Fang baru diketahui saat Adu Du yang mengetahui BoBoiBoy kembali, memberi (lagi) Cairan Emosi Z. Diceritakan sebelum BoBoiBoy kembali, Fang yang iri dengan popularitas BoBoiBoy dibantu Probe dan Adu Du untuk menandingi BoBoiBoy dengan cara merebut Ochobot, yang sebenarnya hanya trik untuk mencuri Ochobot. Tapi Ochobot malah memberi kekuatan pada Fang secara tidak sengaja saat mereka terjebak.

Fang yang masih membenci BoBoiBoy dan popularitasnya mengajak BoBoiBoy berlomba saat jam Olahraga. Papa Zola pun membuat lomba lari membawa telur dalam sendok yang berhadiah Penggaris P Papa Zola, namun lomba itu tidak dimenangkan oleh siapapun kecuali Papa Zola itu sendiri, lewat bukti rekaman video handycam Gopal. Mereka tidak puas dan meminta Papa Zola menyelenggarakan pertandingan sepakbola di lapangan sekolah. Fang yang tidak mahir bermain sepak bola dihasut Adu Du untuk setim dengannya. Akhirnya, Fang menjadi penjaga gawang namun timnya kalah tipis 2-3 dari tim BoBoiboy akibat sundulan Iwan di menit-menit terakhir.

Musim tayang ini diakhiri dengan datangnya Ejo Jo untuk mengambil energi cokelat. Pertempuran BoBoiBoy dan kawan-kawan melawan Ejo Jo berlanjut ke musim ketiga.

Musim 3 (2014-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Awal musim ketiga yakni perlawanan BoBoiBoy dan kawan-kawan melawan Ejo Jo yang datang ke sekolah BoBoiBoy dan mencuri energi cokelat. Adu Du dan Probe yang kebetulan disana untuk melawan BoBoiBoy awalnya tidak ikut melawan Ejo Jo. Tapi Probe hancur karena melindungi Adu Du. Adu Du tak terima dan melawan Ejo Jo bersama BoBoiBoy dan kawan-kawan hingga Ejo Jo kalah.

Episode berikutnya mulai bervariasi, seperti menyelamatkan istri Papa Zola yakni Mama Zila lewat game Papa Zola : Misteri Kekasih Terang Benderang yang tidak pernah dimenangkan selama 15 tahun, disini terungkap rahasia bahwa Pak Kumar, ayah Gopal, juga keranjingan game seperti anaknya, dan ia juga satu-satunya orang yang berhasil mencapai stage terakhir dari permainan itu, meskipun akhirnya ia kalah juga oleh Raksasa Udang yang disebut Gopal sebagai udang rebus,karena kesukaannya pada makanan, akhirnya mereka berhasil juga mengeluarkan Mama Zila dari tubuh Raksasa Gonohom dengan perlawanan BoBoiBoy di dunia game, sekaligus menghilangkan penyakit OCD yang diidap Mama Zila, penyakit yang sama yang juga diidap Yaya. Episode yang lain menceritakan perlawanan Koko Jambul yang sempat disisihkan Adu Du dengan bantuan Probe yang bangkit kembali setelah dimusnahkan Petai, robot perang Ejo Jo. Di episode lain, Bago Go dan Baga Ga, saudara Bago Go, menipu Adu Du dan Probe ketika ada kabel di kepala Probe yang tidak tersambung, namun Baga ga membohongi Adu Du dengan mengatakan bahwa Probe mengidap penyakit malarindu, tapi mereka ditipu balik oleh Probe sehingga saudara-saudara mereka (yakni Lima Panglima Scammer) menyerang bumi dengan robot serba bisannya, Megabot Scambot. Pasukan BoboiBoy tidak tinggal diam dengan menciptakan robot baru, Sampahbot yang merupakan pencitraan kapal pengangkut sampah Adu Du yang disebutnya sebagai kapal angkasa. Yaya dan Ying mengoperasikan kapal angkasa ini mengingat tidak ada lagi orang yang mahir menyetir, ditambah tangan Adu Du yang bengkak karena terjepit pintu brankas karena ulah pasukan Roberto. Yaya yang berbelas kasihan terhadap hewan-hewan menyulitkan suasana. Sehingga ia membawa kapal angkasa itu ke Bulan. Scambot pun takluk karena ide jitu BoBoiBoy. Ada lagi hasutan ibu Adu Du sehingga Adu Du kembali jahat dan mengacau sekolah BoBoiBoy dengan Robot Pango dan Raksasa Bawang, yang dibuat dengan kerjasama bersama Rob, Robert, dan Roberto yang merupakan geng perampok yang pernah mencoba mencuri meteran parkir di Bank Pulau Rintis, namun dapat dipatahkan BoBoi Boy dengan membuatnya ingin buang air, namun niat sebenarnya adalah mengambil kekuatan BoBoiBoy untuk dimasukkan ke dalam BoBoiBot untuk menyingkirkan BoBoiBoy. Penayangan sekarang berfokus pada kekuatan baru BoBoiBoy yang kini berfokus pada BoBoiBoy Api, yang muncul pada saat BoBoiBoy tidur, karena BoBoiBoy hendak menghilangkan tekanan. Tapi BoBoiBoy Api ceroboh dan menyebabkan banyak kebakaran.

Adu Du telah membuat robot baru yaitu BoBoiBot yang kekuatannya berasal dari kekuatan BoBoiBoy, dan dengan kelicikannya ia berusaha untuk mengusir BoBoiBoy dari Pulau Rintis dengan menghasut warga dan akhirnya BoBoiBoy telah di halau oleh warga Pulau Rintis. Untuk mengalahkan BoBoiBot, BoBoiBoy terpaksa mengawal kuasa api dan mengurangkan tekanan yang di hadapinya. Hasil pertolongan dari Ochobot dan kawan-kawan BoBoiBoy, akhirnya BoBoiBoy dapat menghilangkan tekanan dan kelihatan begitu tenang sehingga terhasilnya BoBoiBoy Air.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Keenam karakter protagonis BoBoiBoy (dari kiri): Gopal, Yaya, Ochobot, BoBoiBoy, Ying, dan Fang.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Karakter Pengisi suara bahasa Melayu Pengisi suara bahasa Inggris
BoBoiBoy Nur Fathiah Diaz Wong Wai Kay
Yaya Nur Sarah Alisya Zainal Rashid Fairuz Arfa Ariff Syah
Ying Yap Ee Jean Chan Su Ling
Gopal Dzubir Mohammed Zakaria Dzubir Mohammed Zakaria
Adu Du Anas Abdul Aziz Anas Abdul Aziz
Probe Anas Abdul Aziz Anas Abdul Aziz
Komputer Adu Du Yvonne Chong Shin Vun Yvonne Chong Shin Vun
Tok Aba Anas Abdul Aziz Anas Abdul Aziz
Ochobot Muhammad Fathi Bin Diaz Muhammad Fathi Bin Diaz
Papa Zola Nizam Razak Nizam Razak
Fang Wong Wai Kay Wong Wai Kay

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Saluran Mulai Tayang Catatan
 Malaysia TV3 13 Maret 2011 Musim 1 dan seterusnya
 Indonesia Global TV 5 Mei 2012 Berakhir pada Oktober 2013
MNCTV 20 Oktober 2014 Menggantikan Global TV
 Malaysia
 Singapura
 Indonesia
 Brunei
 Thailand
 Vietnam
 Kamboja
 Laos
 Myanmar
Disney Channel Asia 11 Juni 2011 Musim 1 dan seterusnya

Film layar lebar[sunting | sunting sumber]

Film layar lebar BoBoiBoy berjudul BoBoiBoy: The Movie, awalnya akan diputar di bioskop pada tahun 2014.[2] Pada kenyataannya, perencanaan tersebut tidak kunjung terlaksana. Namun dalam situs Animonsta Studios, dikabarkan bahwa film ini akan dirilis pada akhir tahun 2015.[3] Direncanakan pula film animasi ini akan ditayangkan dalam format tiga dimensi. Film ini mengisahkan tentang perjuangan BoboiBoy mempertahankan Ochobot dari serangan para mahkluk asing yang ingin merebut kekuatan Ochobot.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Anugerah Karyawan Animasi

Tahun Penghargaan Hasil
2013 Skrip Animasi Terbaik Menang
Tema Musik Terbaik Menang
Pengisi Suara Terbaik Menang

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]