BoBoiBoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
BoBoiBoy
BoBoiBoy Season 2 (2012).jpg
BoBoiBoy (2012)
Genre Aksi, Komedi, Petualangan
Pembuat Nizam Razak
Perancang Animonsta Studios Sdn. Bhd.
Penulis Nizam Razak
Muhammad Anas Abdul Aziz
Sutradara Nizam Razak (Musim 1)
Yap Ee Jean, Dzubir Mohamed Zakaria (Musim 2)
Pengisi suara Nur Fathiah Diaz
Yap Ee Jean
Sarah Alisya Zainal Rashid
Dzubir Mohamed Zakaria
Muhammad Anas Abdul Aziz
Muhammad Fathi Diaz
Nizam Razak
Yvonne Chong Shin Vun
Komposer lagu tema Yuri Wong, Jonathan Lee (musik tambahan)[1]
Lagu pembuka BoBoiBoy Superhero Kita
(versi Inggris: BoBoiBoy, Our Superhero)
Lagu penutup Bersedia
Negara Malaysia
Bahasa Bahasa Melayu
Inggris
Jumlah musim 3
Jumlah episode 40 (Daftar episode)
Produksi
Durasi 30 menit (Musim 1)
21 menit (Musim 2)
Siaran
Saluran asli TV3 (Malaysia)
(13 Maret 2011-sekarang)
Format gambar HDTV
Periode siaran 13 Maret 2011–saat ini
Pranala luar
http://www.animonsta.com/

BoBoiBoy adalah sebuah serial animasi Malaysia yang diproduksi oleh Animonsta Studios. Serial animasi ini menceritakan tentang seorang anak yang memiliki kekuatan luar biasa untuk menghadapi makhluk asing yang ingin menyerang bumi. Bersama dengan ketiga temannya Ying, Yaya dan Gopal, BoBoiBoy berusaha menghalangi alien berkepala kotak bernama Adu Du yang berwarna hijau yang menginginkan biji coklat agar bisa menaklukkan bumi.[2]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Musim Pertama (2011)[sunting | sunting sumber]

Poster Akhir Musim

BoBoiBoy yang berasal dari kota, datang ke Pulau Rintis saat liburan sekolah untuk membantu kakeknya, Toko Cokelat Tok Aba. Disana, dia bertemu dengan teman baru yaitu Yaya, Gopal dan Ying. Pada waktu yang sama, datangnya Adu Du dan kawan-kawannya Probe dan Komputer dari planet Ata Ta Tiga ke bumi untuk mencuri cokelat khusus Tok Aba yang tersedia sebagai sumber energi yang paling kuat di planet Ata Ta Tiga. Setelah mengejar pencuri cokelat itu, BoBoiBoy berkawan dengan robot ciptaan Adu Du yang melarikan diri, yaitu Ochobot yang memberinya kekuatan elemen bumi: angin, tanah dan petir. Serta kemampuan terpecah menjadi tiga orang dirinya yang masing-masing memiliki kekuatan satu elemen bumi tersebut.

Dalam pertarungan antara BoBoiBoy dan Adu Du sepanjang libur sekolah, teman BoBoiBoy turut terlibat, maka Ochobot memberi Yaya kemampuan manipulasi gravitasi, Ying kemampuan manipulasi waktu, dan Gopal kemampuan manipulasi molekul. Demi menyaingi peningkatan kinerja BoBoiBoy dan teman-temannya serta menyelesaikan misi mencuri coklat, Adu Du bersiap dengan bermacam-macam rencana untuk meningkatkan kekuatan dan pengaruhnya di Bumi, termasuk memeras robot suruhan, Multi-Monster dan menculik teman BoBoiBoy demi kekuasaan mereka, tetapi semuanya gagal. Multi-Monster malah membantu BoBoiBoy dan teman-temannya melarikan diri.

Adu Du mengambil keuntungan dari kelemahan terbesar BoBoiBoy ketika terpecah menjadi tiga, yaitu daya ingat cepat terpengaruh jika terpecah terlalu lama, dan menculik BoBoiBoy Petir untuk disiksa. Siksaan ini membuat BoBoiBoy Petir tidak terkendali kemarahannya sehingga menjadi seorang 'pasukan' Adu Du sendiri yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Akan tetapi, "BoBoiBoy Halilintar" berhasil ditenangkan dan mudah diterima sebagai kekuatan baru BoBoiBoy.

Ketika keadaan memainkan permainan video Papa Zola bersama Gopal, Adu Du menyalahgunakan permainan itu dan memasukkan mereka berdua dalam alam permainan demi mengalahkan mereka dengan mudah. Rancangan Adu Du itu sekali lagi digagalkan dengan bantuan Tok Aba, Yaya dan Ying, dan BoBoiBoy dan Gopal selamat keluar bersama wira permainan tersebut, Papa Zola, bersama musuh ketatnya Raksasa Tidur yang bersekongkol dengan Adu Du untuk menjebak BoBoiBoy, Papa Zola dan kawan-kawan dalam alam mimpi. Jadi, mereka semua bertarung dalam permainan dam dalam alam mimpi Raksasa Tidur sampai berhasil demi kelangsungan hidup.

Dalam cobaan berikutnya untuk menyingkirkan saingan BoBoiBoy dan kawan-kawan, Adu Du menyamarkan cairan pengacau emosi dalam bentuk susu kambing sebagai umpan untuk BoBoiBoy yang diminta tolong membuat biskuit bersama Yaya. Ketika itu, BoBoiBoy terpecah lagi dan BoBoiBoy Angin diberikan tanggung jawab tersebut, dan dialah yang memasukkan "susu" itu dalam biskuit Yaya. Sekali menguji biskuit Yaya, BoBoiBoy Angin jadi gila dan menyebarkan biskuit-biskuit ke masyarakat. Dan kekuasaannya meningkat lagi maka BoBoiBoy Angin berubah menjadi BoBoiBoy Topan. Untungnya BoBoiBoy Topan ditenangkan oleh BoBoiBoy Halilintar dan kebijaksanaan Ochobot yang mengobati kegilaannya dengan telenovela.

Waktu hampir tiba untuk BoBoiBoy pulang ke tempat asalnya, tetapi Adu Du tidak mudah kalah dan berurusan dengan seorang penjual senjata ilegal bernama Bago Go sebagai langkah terdesak untuk mengalahkan BoBoiBoy. Akan tetapi, transaksi tidak berjalan dengan lancar sehingga Probe menggadai kapal angkasanya untuk pihak Adu Du demi membeli sendok listrik yang bisa menggantikan fungsi pemasak nasi biasa. Namun, ternyata mereka mendapat hadiah, yaitu sebuah robot penghancur bernama Mukalakus yang diberdayakan dengan energi coklat. Dalam pertarungan terakhir dengan Adu Du, seluruh geng BoBoiBoy nyaris kalah di tangan robot yang serba perkasa ini, tetapi BoBoiBoy Tanah sempat meningkatkan kekuatan dalam kondisi tertekan menjadi BoBoiBoy Gempa, lengkap dengan raksasa tanah kontrolnya yang cukup sebanding untuk mengecundangkan ancaman terbesar yang pernah dihadapi mereka selama ini.

Musim kedua (2012-2013)[sunting | sunting sumber]

Konsep Musim ke-2

Enam bulan setelah kepergian BoBoiBoy dari Pulau Rintis, BoBoiBoy berpindah ke Pulau Rintis untuk bersama kawan-kawan barunya. Di musim ini ,dia bertemu dengan seorang banyak teman baru, seperti Fang dan banyak lainnya. Setelah itu BoBoiBoy dengan Gopal mencari tahu tentang Fang, karena dia juga memiliki kekuatan sama seperti BoBoiBoy dan kawan-kawannya. BoBoiBoy menunjukkan foto Fang dengan Ochobot, tetapi setelah melihatnya foto Fang, Ochobot langsung pingsan. Menurut Fang, ia merasa pernah bertemu dengan Ochobot.

Musim ketiga (2014)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Juni 2013, saluran Animonsta Studios di YouTube mengunggah sneak preview tentang episode pertama di musim ketiga serial ini.

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Saluran Mulai Tayang Catatan
 Malaysia TV3 13 Maret 2011 Musim 1 dan seterusnya
 Indonesia Global TV 5 Mei 2012 Berakhir pada Oktober 2013
MNCTV 20 Oktober 2014 Menggantikan Global TV
 Malaysia
 Singapura
 Indonesia
 Brunei
 Thailand
 Filipina
 Vietnam
 Kamboja
 Laos
 Myanmar
Disney Channel Asia 11 Juni 2011 Musim 1 dan seterusnya

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

BoBoiBoy[sunting | sunting sumber]

BoBoiBoy adalah protagonis dan tokoh utama dalam serial ini. Umur 12 tahun, lahir pada tanggal 13 Maret 2001.[3] Diceritakan, dia berasal dari Kuala Lumpur dan mendapat kekuatan dari Ochobot. Dia memiliki 3 kekuatan dari 3 elemen, yaitu Petir, Angin, dan Tanah dan masing-masing elemen dapat naik ke tingkat kedua yaitu petir menjadi halilintar, angin menjadi topan, dan tanah menjadi gempa. Kekuatannya yang terbesar adalah kekuatan dari tiga elemen BoBoiBoy mampu memisahkan menjadi tiga di mana dia dan masing-masing klon dapat mengontrol setiap elemen. Ia punya kelemahan, yaitu pelupa dan takut dengan suara balon pecah. Suara balon pecah yang terus-menerus menyebabkan BoBoiBoy petir naik tingkat kedua menjadi BoBoiBoy Halilintar. Tapi BoBoiBoy pemalu.

Fang[sunting | sunting sumber]

Pertama kali muncul pada "Episode Finale Extended" di musim pertama. Terlihat saat BoBoiBoy masuk ke kereta, dia keluar dari kereta. Diceritakan, dia memiliki kekuatan dari Ochobot saat Adu Du mempergunakan Fang yang masih belum tahu apa-apa untuk menangkap Ochobot. Awalnya dia adalah seorang antagonis. Fang di sisi lain tidak menyukai BoBoiBoy karena kecemburuannya pada BoBoiBoy yang dipicu oleh gosip dari teman-teman sekelasnya di kelas sejak dia pindah ke Pulau Rintis meskipun BoBoiBoy baru saja pindah kembali ke Pulau Rintis enam bulan kemudian. Tetapi, ingatan Ochobot lama-kelamaan pulih dan dia ingat bahwa Fang pernah menolongnya dari kejaran Adu Du.

Ying[sunting | sunting sumber]

Dia baik kepada semua teman-temannya terutama untuk Yaya. Sama seperti BoBoiBoy, dia juga pemalu. Dapat berlari dengan kecepatan yang luar biasa (seperti kilat), namun akan kehilangan kekuatannya saat bersin.

Yaya[sunting | sunting sumber]

Yaya, seperti teman-temannya, sangat baik tapi dia dengan mudah dapat marah. Dia suka menjual biskuit tetapi tidak tahu bagaimana membuat yang lezat. Biskuit yang ia jual membuat orang pingsan. Memiliki kemampuan untuk terbang di udara dan angkat berat.

Gopal[sunting | sunting sumber]

Bisa mengubah benda menjadi makanan. Semakin dia takut, semakin hebat kekuatannya. Dia juga mampu mengubah benda yang sudah diubah ke bentuk semula.Suka berhutang di warung coklat Tok Aba.

Tok Aba[sunting | sunting sumber]

Kakek BoBoiBoy yang memiliki toko coklat di Pulau Rintis. Buku hutang miliknya pernah dicuri Adudu yang di kira buku resep rahasia.

Ochobot[sunting | sunting sumber]

Robot yang diaktifkan Adu Du menggunakan kekuatan coklat, namun berpihak kepada Boboiboy karena menganggap BoBoiBoy adalah pengaktifnya. Dialah yang memberikan kekuatan bagi BoBoiBoy, Gopal, Ying, Yaya, dan Fang (tetapi Fang diberikan kekuatan secara tidak sengaja) dan pembantu Tok Aba di tokonya.

Papa Zola[sunting | sunting sumber]

Superhero fiksi yang keluar dari permainan video ke dunia nyata bersamaan dengan BoBoiBoy dan Gopal akibat ulah Adudu yang menghancurkan mereka. Dia mengambil Gopal sebagai muridnya untuk sementara waktu. Dalam episode surat penggemar, Komputer mengatakan bahwa ia gagal setiap wawancara tunggal untuk pekerjaan. Dalam Musim 2, ia menjadi Pendidikan Olahraga dan guru Matematika di Sekolah Dasar Pulau Rintis.

Multi-Monster[sunting | sunting sumber]

Makhluk ciptaan Adu Du yang dirancang untuk mengalahkan BoBoiBoy yang bisa terpecah-pecah menjadi beberapa ekor. Bila sudah terpecah menjadi semakin banyak, Multi-Monster semakin mengecil. Kemudian, Multi-Monster berpaling tadah dan bersedia membantu BoBoiBoy dan kawan-kawan saat dalam kesulitan.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Adu Du[sunting | sunting sumber]

Adu du adalah antagonis utama dalam serial ini. Berkepala kotak dan berwarna hijau. Tujuannya adalah menghancurkan Boboiboy dan kawan-kawannya serta mendapatkan coklat. Berasal dari Planet A Ta Tiga. Kapal luar Angkasa milk Adu du pernah dijual untuk membeli senjata dari BagoGgo.

Probe[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita robot milik Ejo Jo, Probe ditemukan oleh Adu Du saat Probe dibuang karena dianggap eksperimen gagal. Setelah diperbaiki, mereka tidak terpisahkan. Dapat berubah menjadi Super Probe. Sering bertindak bodoh dan sering dilempar cangkir oleh Adu Du. Hancur pada episode 12 musim 2 namun diperbaiki lagi pada musim 3.

Komputer[sunting | sunting sumber]

Robot komputer milik Adu Du yang terbuat dari sabut kelapa dan beberapa bahan yang tidak bisa dikenali.

Multi Monster[sunting | sunting sumber]

Makhluk ciptaan Adu Du yang dibuat untuk mengalahkan BoBoiBoy yang dapat membelah diri menjadi beberapa ekor. Apabila sudah terpecah menjadi semakin banyak, Multi-Monster semakin mengecil. Kemudian, Multi-Monster berbalik membantu BoBoiBoy dan kawan-kawan apabila dalam kesusahan. Di dalam episode surat pembaca, Komputer memberitahu bahwa Multi-Monster sudah membuat sebuah tempat khusus untuk diri mereka sendiri.

Raksasa Tidur[sunting | sunting sumber]

Musuh Papa Zola yang berbentuk seperti dinosaurus dan mampu membuat lawannya tidur dengan kekuatan sakti. Dia telah dikalahkan oleh BoBoiBoy di dalam dunia mimpi.

Bago Go[sunting | sunting sumber]

Penjual barang senjata Haram di Planet Ata Tatiga. Licik dan cerdas orangnya. Selain menjual senjata haram, dia juga menjual barang-barang yang menurut orang-orang tidak berguna, contoh, Mesin Rumput S8000 yang dikendalikan mesin tapi berwujud kambing, contoh lainnya: Mainan Boboiboy 3 in 1, kata Bago Go, bisa digunakan dalam 3 fungsi yaitu, Menurunkan berat badan secara instan, bisa menjadi Alu, dan bisa dimainkan oleh anak-anak. Bago Go selalu memberikan harga-harga yang unik. Contohnya seperti harga Mainan BoBoiBoy 3 in 1 yaitu seharga 90 Juta 90 Sen & Mesin Rumput S8000 seharga 9 juta 9 sen. Dia yang menjual kapal angkasa Adu Du kepada Ejo Jo dengan harga yang murah

Ejo Jo[sunting | sunting sumber]

Teman masa kecil Adu Du. dan sekaligus Musuh besar dari Adu Du. pernah pada suatu Episode, ia pernah membuat Adu Du hampir hancur dan membuat Probe mati. dan juga pernah di lawan Adu Du, Boboiboy dan kawan-kawan, Tok Aba, Papa Zola, dan tiga teman sekolahnya. Ejo Jo memiliki sifat paling Antagonis diantara semua Makhluk planet A Tata Tiga.

Perisai Tempur Angakasa I[sunting | sunting sumber]

Juga diketahui nama panggilannya sebagai PETAI, Ejo Jo menggunakan robot ini untuk menghancurkan Probe sampai hancur untuk menunjukkan siapa adalah Robot penghancur sebenarnya, BoBoiBoy dan teman-temannya kemudian diserang, Tapi akhirnya Petai dapat dikalahkan oleh bayangan naga Fang.

Spin off[sunting | sunting sumber]

Apa kata Yaya merupakan Spin off dari serial ini. Beberapa episodenya sudah di publikasikan di YouTube.

Film[sunting | sunting sumber]

Film berjudul: BoBoiBoy: Sfera Kuasa akan tayang di bioskop tahun 2014 [4].

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Anugerah Karyawan Animasi

Tahun Penghargaan Hasil
2013 Skrip Animasi Terbaik Menang
Tema Musik Terbaik Menang
Pengisi Suara Terbaik Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lyrics for BoBoiBoy Theme Song, The Official Blog of Animonsta Studios, 20 June 2011.
  2. ^ BoBoiBoy -Global TV
  3. ^ Wikia BoBoiBoy
  4. ^ Animonsta Akan Hadir Dengan Film Animasi Baru – Boboiboy : Sfera Kuasa Amanz

Pranala luar[sunting | sunting sumber]