BoBoiBoy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
BoBoiBoy
BoBoiBoy Season 2 (2012).jpg
BoBoiBoy (2012)
Genre Aksi, Komedi, Petualangan
Pembuat Nizam Razak
Perancang Animonsta Studios Sdn. Bhd.
Penulis Nizam Razak
Muhammad Anas Abdul Aziz
Sutradara Nizam Razak (Musim 1)
Yap Ee Jean, Dzubir Mohamed Zakaria (Musim 2)
Pengisi suara Nur Fathiah Diaz
Yap Ee Jean
Sarah Alisya Zainal Rashid
Dzubir Mohamed Zakaria
Muhammad Anas Abdul Aziz
Muhammad Fathi Diaz
Nizam Razak
Yvonne Chong Shin Vun
Wong Wai Kay
Komposer lagu tema Yuri Wong, Jonathan Lee (musik tambahan)[1]
Lagu pembuka BoBoiBoy Superhero Kita
(versi Inggris: BoBoiBoy, Our Superhero)
Lagu penutup Bersedia
Negara Malaysia
Bahasa Bahasa Melayu
Inggris
Jumlah musim 3
Jumlah episode 42 (Daftar episode)
Produksi
Durasi 21 menit (Musim 2)
Siaran
Saluran asli TV3 (Malaysia)
Format gambar HDTV (TV3)
DIGImax (MNCTV)
Periode siaran 13 Maret 2011–saat ini
Pranala luar
www.animonsta.com

BoBoiBoy adalah sebuah serial animasi Malaysia yang diproduksi oleh Animonsta Studios. Serial animasi ini menceritakan tentang seorang anak yang memiliki kekuatan luar biasa untuk menghadapi makhluk asing yang ingin menyerang bumi. Bersama dengan ketiga temannya Ying, Yaya dan Gopal, BoBoiBoy berusaha menghalangi alien berkepala kotak bernama Adu Du yang berwarna hijau yang menginginkan biji coklat agar bisa menaklukkan bumi.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Musim 1 (2011)[sunting | sunting sumber]

Poster Akhir Musim

BoBoiBoy yang berasal dari kota, datang ke Pulau Rintis saat liburan sekolah untuk membantu kakeknya, Tok Aba. Disana, dia bertemu dengan teman baru yaitu Yaya, Gopal dan Ying. Pada waktu yang sama, datangnya Adu Du dan kawan-kawannya Probe dan Komputer asisten Adu Du dari planet Ata Ta Tiga ke bumi untuk mencuri cokelat khusus Tok Aba yang tersedia sebagai sumber energi yang paling kuat di planet Ata Ta Tiga. Setelah mengejar pencuri cokelat itu, BoBoiBoy berkawan dengan robot ciptaan Adu Du yang melarikan diri, yaitu Ochobot yang memberinya kekuatan elemen bumi: angin, tanah dan petir. Serta kemampuan terpecah menjadi tiga orang dirinya yang masing-masing memiliki kekuatan satu elemen bumi tersebut.

Dalam pertarungan antara BoBoiBoy dan Adu Du sepanjang libur sekolah, teman BoBoiBoy turut terlibat, maka Ochobot memberi Yaya kemampuan manipulasi gravitasi, Ying kemampuan manipulasi waktu, dan Gopal kemampuan manipulasi molekul. Demi menyaingi peningkatan kinerja BoBoiBoy dan teman-temannya serta menyelesaikan misi mencuri coklat, Adu Du bersiap dengan bermacam-macam rencana untuk meningkatkan kekuatan dan pengaruhnya di Bumi, termasuk memeras robot suruhan, Multi-Monster dan menculik teman BoBoiBoy demi kekuasaan mereka, tetapi semuanya gagal. Multi-Monster malah membantu BoBoiBoy dan teman-temannya melarikan diri.

Adu Du mengambil keuntungan dari kelemahan terbesar BoBoiBoy ketika terpecah menjadi tiga, yaitu daya ingat cepat terpengaruh jika terpecah terlalu lama, dan menculik BoBoiBoy Petir untuk disiksa. Siksaan ini membuat BoBoiBoy Petir tidak terkendali kemarahannya sehingga menjadi seorang 'pasukan' Adu Du sendiri yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Akan tetapi, "BoBoiBoy Halilintar" berhasil ditenangkan dan mudah diterima sebagai kekuatan baru BoBoiBoy.

Ketika keadaan memainkan permainan video Papa Zola bersama Gopal, Adu Du menyalahgunakan permainan itu dan memasukkan mereka berdua dalam alam permainan demi mengalahkan mereka dengan mudah. Rancangan Adu Du itu sekali lagi digagalkan dengan bantuan Tok Aba, Yaya dan Ying, dan BoBoiBoy dan Gopal selamat keluar bersama wira permainan tersebut, Papa Zola, bersama musuh ketatnya Raksasa Tidur yang bersekongkol dengan Adu Du untuk menjebak BoBoiBoy, Papa Zola dan kawan-kawan dalam alam mimpi. Jadi, mereka semua bertarung dalam permainan dam dalam alam mimpi Raksasa Tidur sampai berhasil demi kelangsungan hidup.

Dalam cobaan berikutnya untuk menyingkirkan saingan BoBoiBoy dan kawan-kawan, Adu Du menyamarkan cairan pengacau emosi dalam bentuk susu kambing sebagai umpan untuk BoBoiBoy yang diminta tolong membuat biskuit bersama Yaya. Ketika itu, BoBoiBoy terpecah lagi dan BoBoiBoy Angin diberikan tanggung jawab tersebut, dan dialah yang memasukkan "susu" itu dalam biskuit Yaya. Sekali menguji biskuit Yaya, BoBoiBoy Angin jadi gila dan menyebarkan biskuit-biskuit ke masyarakat. Dan kekuasaannya meningkat lagi maka BoBoiBoy Angin berubah menjadi BoBoiBoy Topan. Untungnya BoBoiBoy Topan ditenangkan oleh BoBoiBoy Halilintar dan kebijaksanaan Ochobot yang mengobati kegilaannya dengan telenovela.

Waktu hampir tiba untuk BoBoiBoy pulang ke tempat asalnya, tetapi Adu Du tidak mudah kalah dan berurusan dengan seorang penjual senjata ilegal bernama Bago Go sebagai langkah terdesak untuk mengalahkan BoBoiBoy. Akan tetapi, transaksi tidak berjalan dengan lancar sehingga Probe menggadai kapal angkasanya untuk pihak Adu Du demi membeli sendok listrik yang bisa menggantikan fungsi pemasak nasi biasa. Namun, ternyata mereka mendapat hadiah, yaitu sebuah robot penghancur bernama Mukalakus yang diberdayakan dengan energi coklat. Dalam pertarungan terakhir dengan Adu Du, seluruh geng BoBoiBoy nyaris kalah di tangan robot yang serba perkasa ini, tetapi BoBoiBoy Tanah sempat meningkatkan kekuatan dalam kondisi tertekan menjadi BoBoiBoy Gempa, lengkap dengan raksasa tanah kontrolnya yang cukup sebanding untuk mengecundangkan ancaman terbesar yang pernah dihadapi mereka selama ini.

Pada akhirnya BoBoiBoy dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Adu Du, Probe serta Robot Mukalakus. Adu Du dan Probe akhirnya tinggal di markas bawah tanah, yang disebut Markas Kotak, karena pesawat angkasa mereka telah digadai, sedangkan BoBoiBoy kembali ke Kuala Lumpur.

Musim 2 (2012-2013)[sunting | sunting sumber]

Konsep Musim ke-2

Enam bulan setelah kepergian BoBoiBoy dari Pulau Rintis, BoBoiBoy kembali ke Pulau Rintis untuk bertemu kawan-kawannya. Di musim ini, dia bertemu dengan seorang teman baru, seperti Fang dan lainnya . Setelah itu BoBoiBoy dengan Gopal mencari tahu tentang Fang, karena dia juga memiliki kekuatan sama seperti BoBoiBoy dan kawan-kawannya. BoBoiBoy menunjukkan foto Fang dengan Ochobot, tetapi setelah melihat foto Fang, Ochobot langsung pingsan. Menurut Fang, ia merasa pernah bertemu dengan Ochobot.

Sebab kekuatan Fang baru diketahui saat Adu Du yang mengetahui BoBoiBoy kembali, memberi (lagi) Cairan Emosi Z. Diceritakan sebelum BoBoiBoy kembali, Fang yang iri dengan popularitas BoBoiBoy dibantu Probe dan Adu Du untuk menandingi BoBoiBoy dengan cara merebut Ochobot, yang sebenarnya hanya trik untuk mencuri Ochobot. Tapi Ochobot malah memberi kekuatan pada Fang saat mereka terjebak.

Musim ini diakhiri dengan datangnya Ejo Jo untuk mengambil energi cokelat. Pertempuran BoBoiBoy dan kawan-kawan melawan Ejo Jo berlanjut ke musim ketiga.

Musim ketiga (2014-Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Awal musim ketiga yakni perlawanan BoBoiBoy dan kawan-kawan melawan Ejo Jo yang datang ke sekolah BoBoiBoy dan mengacau (sebenarnya untuk mencuri energi cokelat). Adu Du dan Probe yang kebetulan disana untuk melawan BoBoiBoy awalnya tidak ikut melawan Ejo Jo. Tapi Probe hancur karena melindungi Adu Du. Adu Du tak terima dan melawan Ejo Jo bersama BoBoiBoy dan kawan-kawan hingga Ejo Jo kalah.

Episode berikutnya mulai bervariasi, seperti menyelamatkan istri Papa Zola yakni Mama Zila, perampokan bank, melawan Koko Jambul dan Adu Du yang menjadi baik demi menghidupkan kembali Probe. Dalam hal ini Bago Go dan Baga Ga, saudara Bago Go, menipu Adu Du dan Probe tapi mereka ditipu balik oleh Probe sehingga saudara-saudara mereka (yakni Lima Panglima Scammer) menyerang bumi. Ada lagi hasutan ibu Adu Du sehingga Adu Du kembali jahat dan mengacau sekolah BoBoiBoy dengan Robot Pango dan Raksasa Bawang, niat sebenarnya adalah mengambil data-data BoBoiBoy dan membuat BoBoiBot.

Episode sekarang berfokus pada kekuatan baru BoBoiBoy yang kini berfokus pada BoBoiBoy Api, yang muncul pada saat malam hari saja, karena BoBoiBoy hendak menghilangkan tekanan. Tapi BoBoiBoy Api ceroboh dan menghasilkan banyak kebakaran.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

BoBoiBoy[sunting | sunting sumber]

BoBoiBoy adalah protagonis dan tokoh utama dalam serial ini. Diceritakan, dia berasal dari Kuala Lumpur dan mendapat kekuatan dari Ochobot. Dia memiliki 4 kekuatan dari 4 elemen, yaitu Petir, Angin, Api dan Tanah. Masing-masing elemen dapat naik ke tingkat kedua yaitu petir menjadi halilintar, angin menjadi topan, dan tanah menjadi gempa. Api muncul pada Boboiboy musim ketiga. Elemen Api Boboiboy diperkirakan akan meningkat ke elemen Magma, sedangkan elemen Airnya diperkirakan akan meningkat ke elemen Es. Kekuatannya yang terbesar adalah kekuatan dari tiga elemen BoBoiBoy mampu memisahkan menjadi tiga di mana masing-masing klon dapat mengontrol setiap elemen. Ia punya kelemahan, yaitu pelupa dan takut dengan suara balon pecah. Suara balon pecah yang terus-menerus menyebabkan BoBoiBoy Petir naik tingkat kedua menjadi BoBoiBoy Halilintar. BoBoiBoy Angin berubah pertama kali menjadi BoBoiBoy Topan karena memakan biskuit Yaya yang telah diracuni ramuan peningkat emosi Adu Du (Cecairan Emosi X). BoBoiBoy Tanah berubah menjadi BoBoiBoy Gempa karena marah melihat teman-temannya disiksa Adu Du. Sedangkan BoBoiBoy Api bangkit karena BoBoiBoy ingin menghilangkan tekanan dan stres yang ia alami di siang hari sehingga BoBoiBoy Api hanya muncul di malam hari di mana BoBoiBoy hendak menghilangkan tekanan dan stresnya di malam hari, namun karena kecerobohannya memainkan api menyebabkan beberapa tempat di Pulau Rintis terbakar.

Yaya[sunting | sunting sumber]

Yaya, seperti teman-temannya, ia sangat baik tapi dia mudah marah. Dia suka menjual dan memberikan biskuit tetapi tidak tahu bagaimana membuat biskuit yang lezat. Biskuit yang ia jual membuat orang pingsan karna Yaya membuat biskuitnya dari bahan yang tak lazim seperti rempah kurma,serai,daun jeruk,bahkan sampai bawang pun di pakai. Kekuatannya adalah kemampuan untuk terbang di udara dan serta kekuatan super kuat karena ia mempunyai kekuatan memanipulasi gaya gravitasi. Sehari-hari ia selalu berteman baik terutama dengan Ying. Namun Yaya dan Ying juga dapat bermusuhan hanya pada saat ujian sekolah. Di sekolah, Yaya menjabat sebagai ketua kelas dan menjadi murid tauladan. Juga di dinding sekolahan, terdapat sebuah tulisan yang dikenal sebagai Apa kata Yaya.

Ying[sunting | sunting sumber]

Dia baik kepada semua teman-temannya terutama untuk Yaya. Dia memiliki sifat pemalu. Dapat berlari dengan kecepatan yang luar biasa (seperti kilat), namun akan kehilangan kekuatannya saat bersin. Kekuatan sebenarnya adalah memanipulasi waktu sehingga ia dapat berlari cepat. Sehari-hari ia selalu berteman baik terutama dengan Yaya. Namun Yaya dan Ying juga dapat bermusuhan hanya pada saat ujian sekolah.

Gopal[sunting | sunting sumber]

Bisa mengubah objek menjadi objek yang lain karna memiliki kekuatan memanipulasi molekul, tapi ia selalu mengubahnya menjadi makanan karena ia selalu memikirkan makanan. Semakin dia takut, semakin hebat kekuatannya. Dia juga mampu mengubah benda yang sudah diubah ke bentuk semula. Selalu berhutang di warung coklat Tok Aba.

Tok Aba[sunting | sunting sumber]

Kakek BoBoiBoy yang memiliki toko coklat di Pulau Rintis. Buku hutang miliknya pernah dicuri Adu Du dikira buku resep rahasia.

Ochobot[sunting | sunting sumber]

Bola kekuatan yang diaktifkan Adu Du menggunakan kekuatan coklat, namun berpihak kepada BoBoiBoy karena Adu Du mengaktifkan Ochobot dengan coklat Tok Aba adalah pengaktifnya. Dialah yang memberikan kekuatan bagi BoBoiBoy, Gopal, Ying, Yaya, dan Fang (tetapi Fang diberikan kekuatan secara tidak sengaja). Dia juga pegawai Tok Aba di tokonya.

Papa Zola[sunting | sunting sumber]

Superhero fiksi yang keluar dari permainan video ke dunia nyata bersamaan dengan BoBoiBoy dan Gopal akibat ulah Adu Du yang menghancurkan mereka. Dia mengambil Gopal sebagai muridnya untuk sementara waktu. Dalam episode surat penggemar, Komputer mengatakan bahwa ia gagal setiap wawancara tunggal untuk pekerjaan. Dalam Musim 2, ia menjadi guru Pendidikan Olahraga dan guru Matematika di Sekolah Rendah Pulau Rintis.

Multi-Monster[sunting | sunting sumber]

Makhluk ciptaan Adu Du yang dirancang untuk mengalahkan BoBoiBoy yang bisa terpecah-pecah menjadi beberapa ekor. Bila sudah terpecah menjadi semakin banyak, Multi-Monster semakin mengecil. Kemudian, Multi-Monster berpaling tadah dan bersedia membantu BoBoiBoy dan kawan-kawan saat dalam kesulitan.

Pakcik Kumar (Paman Kumar)[sunting | sunting sumber]

Merupakan ayah dari Gopal. Ia galak namun mempunyai rahasia yaitu ia juga merupakan penggemar Papa Zola seperti Gopal. Ia melempar anaknya dengan rotan mengikuti video game Papa Zola dengan mengikuti Papa Zola yang menggunakan "Rotan Keinsafan".

Fang[sunting | sunting sumber]

Pertama kali muncul pada "Episode Finale Extended" di musim pertama. Terlihat saat BoBoiBoy masuk ke kereta, dia keluar dari kereta. Diceritakan, dia memiliki kekuatan dari Ochobot saat Adu Du mempergunakan Fang yang masih belum tahu apa-apa untuk menangkap Ochobot. Awalnya dia adalah seorang antagonis. Fang di sisi lain tidak menyukai BoBoiBoy karena kecemburuannya pada BoBoiBoy yang dipicu oleh gosip dari teman-teman sekelasnya di kelas sejak dia pindah ke Pulau Rintis meskipun BoBoiBoy baru saja pindah kembali ke Pulau Rintis enam bulan kemudian. Tetapi, ingatan Ochobot lama-kelamaan pulih dan dia ingat bahwa Fang pernah menolongnya dari kejaran Adu Du. Kekuatan Fang adalah memanipulasi bayangan yang dapat membentuk bayangan sesuai imajinasinya.

Makcik Kantin[sunting | sunting sumber]

Ibu yang menjaga kantin di Sekolah Rendah Pulau Rintis.

Popo[sunting | sunting sumber]

Pinguin yang ditemui Ying di kutub selatan.

Iwan[sunting | sunting sumber]

Teman sekelas BoBoiBoy yang bertubuh pendek dan jarang bicara.

Rami J Jambul[sunting | sunting sumber]

Reporter saluran televisi TV33.

Sons[sunting | sunting sumber]

Pemilik ke 2 toko game Ah Beng and Sons. Toko game ini adalah toko milik ayahnya dan sekarang diwariskan kepadanya.

Mama Zila[sunting | sunting sumber]

Istri dari Papa Zola. Ia muncul pada musim ketiga episode 10 dan 11. Mama Zila berubah menjadi raksasa dinosaurus yang jahat jika melihat barang yang tidak tertata rapi, karena Mama Zila mengidap Gangguan obsesif kompulsif (obsessive–compulsive disorder). Mama Zila berasal dari dunia game Papa Zola 5 "Misteri Kekasih Terang Benderang". Gangguan obsesif kompulsif dapat disembuhkan oleh BoBoiBoy pada episode 11 musim 3 dengan cara menyiksa pikirannya dengan cara memperlihatkannya dengan barang-barang yang tak tertata rapi di dunia game.

Nenek Ying[sunting | sunting sumber]

Nenek dari Ying di suka tertawa sama seperti Ying tapi agak pikun dan pelupa.

Pakcik Burger[sunting | sunting sumber]

Petugas delivery dari restoran Burgerriak.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Adu Du[sunting | sunting sumber]

Adu Du adalah antagonis utama dalam serial ini. Berkepala kotak dan berwarna hijau. Tujuannya adalah menghancurkan BoBoiBoy dan kawan-kawannya serta mendapatkan coklat. Berasal dari Planet A Ta Tiga. Kapal luar Angkasa milk Adu du pernah dijual untuk membeli senjata dari Bago Go. Pada musim ketiga episode 1 dan 2 Adu Du bekerja sama dengan BoBoiBoy untuk melawan Ejo Jo namun tidak sepenuhnya menjadi baik. Pada musim ketiga episode 4 Adu Du berubah sepenuhnya menjadi baik dan bersedia membantu BoBoiBoy. Namun akhirnya Adu Du kembali jahat pada musim ketiga episode 12 karena ibunya tak sengaja disakiti BoBoiBoy, namun sebenarnya ibu Adu Du hanya menipu Adu Du agar kembali pada kejahatan. Dia juga yang membebaskan tiga perampok dan membuat Raksasa Bawang untuk mendapatkan berberapa sampel yaitu air mata BoBoiBoy, sidik jari BoBoiBoy, helai rambut BoBoiBoy, serpihan pedang halilintar, hoveboard dan golem tanah untuk membuat robot yang mirip BoBoiBoy yaitu BoBoiBot.

Probe[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita komputer asisiten Ejo Jo, Probe ditemukan oleh Adu Du saat Probe dibuang karena eksperimen pembuatannya dianggap gagal. Setelah diperbaiki, mereka tidak terpisahkan. Dapat berubah menjadi Super Probe. Sering bertindak bodoh dan sering dilempar cangkir oleh Adu Du. Hancur pada episode 12 musim 2 namun diperbaiki lagi pada musim 3. Hobinya adalah mengoleksi beberapa novel horor yang pernah dibuang oleh Adu Du. Sama seperti Gopal, Probe juga mengidolakan Papa Zola.

Komputer Adu Du[sunting | sunting sumber]

Robot komputer yang merupakan asistennya Adu Du yang terbuat dari sabut kelapa dan beberapa bahan yang tidak bisa dikenali.

Robot Hamba[sunting | sunting sumber]

Robot suruhan Adu Du berbentuk kontak dan bersenjata tembakan leser.

Raksasa Tidur[sunting | sunting sumber]

Musuh Papa Zola yang berbentuk seperti dinosaurus dan mampu membuat lawannya tidur dengan kekuatan sakti. Dia telah dikalahkan oleh BoBoiBoy di dalam dunia mimpinya sendiri.

Koko Jambul[sunting | sunting sumber]

Monster Coklat yang diberikan Bago Go kepada Adu Du untuk mengumpulkan 5 tong koko tapi Adu Du jadi baik dan Koko Jambul pun dibuang. Dia pun ingin balas dendam dia pun mengumpulkan coklat dia pun jadi besar dan berotot tapi dia berhasil dikalahkan oleh Probe.

Ejo Jo[sunting | sunting sumber]

Teman masa kecil Adu Du dan sekaligus musuh besar dari Adu Du. Ia pernah membuat Adu Du hampir hancur dan membuat Probe hancur. Dan juga pernah di lawan Adu Du, BoBoiBoy dan kawan-kawan, Tok Aba, Papa Zola, dan tiga teman sekolahnya. Ejo Jo memiliki sifat paling antagonis diantara semua makhluk planet Ata Ta Tiga.

Komputer Ejo Jo[sunting | sunting sumber]

Robot komputer canggih yang merupakan asistennya Ejo Jo.

Raksasa Gonohom[sunting | sunting sumber]

Penjaga pintu kastil Mama Zila di dunia game. Kalah saat Bertanding dengan BoBoiBoy, Gopal, dan Papa Zola saat akan menjemput Mama Zila di dunia game.

Lima Panglima Scammer (penipu)[sunting | sunting sumber]

Merupakan para alien penipu hebat, licik dan cerdas. Anggotanya yaitu Bago Go, Wak Baga Ga, Bagi Gi, Bagu Gu dan Tom. Mereka semua bersaudara kandung. Tom merupakan pemimpinnya. Bago Go sudah muncul sejak musim 1 episode 12, sedangkan Baga Ga muncul sejak musim 3 episode 6. Bagi Gi, Bagu Gu dan Tom baru muncul pada musim 3 episode 7. Mereka datang untuk balas dendam pada Adu Du dan Probe karena mereka telah menipu Baga Ga dan Bago Go di musim 3 episode 6.

Bago Go[sunting | sunting sumber]

Penjual barang senjata ilegal di planet Ata Ta Tiga. Licik dan cerdas orangnya. Selain menjual senjata ilegal, dia juga menjual barang-barang yang menurut orang-orang tidak berguna. Mesin Rumput S8000 yang dikendalikan mesin tapi berwujud kambing dan sebenarnya memang kambing! Mainan BoBoiBoy 3 in 1, bisa digunakan dalam 3 fungsi yaitu, menurunkan berat badan secara instan, bisa menjadi Alu, dan bisa dimainkan oleh semua umur. Bago Go selalu memberikan harga-harga yang unik. Contohnya seperti harga Mainan BoBoiBoy 3 in 1 yaitu seharga 90 Juta 90 Sen dan Mesin Rumput S8000 seharga 9 juta 9 sen. Dia yang menjual kapal angkasa Adu Du kepada Ejo Jo dengan harga yang murah.

Wak Baga Ga[sunting | sunting sumber]

Merupakan dukun (dokter) penipu dari Lima Panglima Scammer. Dia juga berwajah mirip Bago Go. 99% perbedaan ia dengan Bago Go adalah ujung kumis dan gaya bicaranya. Bahkan Adu Du mengira bahwa dia adalah Bago Go yang sedang menyamar. Dia pernah menipu Adu Du dan Probe saat Probe selalu hilang ingatan. Dia mengatakan bahwa Probe menderita hilang ingatan tahap 7 dan jika dibiarkan akan jadi tahap 8 sampai kronis lupa diri. Dia pun mehipnotis Probe dan memberinya obat hikmat tongkat bayam ajaib yang dipercaya dapat menghilangkan berbagai penyakit. Dia juga mengatakkan bahwa obat tersebut terbuat dari jamur salju dari gunung Wakagawea, air mata harimau yang sedang mengadungi anak yang ke-13, jaring laba-laba raksasa yang di rebus, dan daun bayam ajaib yang diambil pada malam selasa bulan mengambang minggu ke-2 liburan sekolah. Sebenarnya hilang ingatan Probe hanya karena ada kabel yang belum terpasang.

Bagi Gi[sunting | sunting sumber]

Merupakan penipu sindikat internet, yang menipu orang bila mendapat hadiah tapi hanya tipuan.

Bagu Gu[sunting | sunting sumber]

Merupakan penipu percintaan, yang auranya saja dapat memikat hati wanita yang melihatnya, bahkan nenek tua pun terpikat.

Tom[sunting | sunting sumber]

Merupakan pemimpin Lima Panglima Scammer. Seorang penipu nama, membuat bingung Probe dan yang lainnya.

Scambot[sunting | sunting sumber]

Robot Lima Panglima Scammer yang terdiri dari gabungan kapal angkasa mereka. Ia memeliki senjata tongkat techno ajaib. Serangan pamungkasnya adalah tembakan kodok di bawah tempurung.

Perisai Tempur Angkasa I[sunting | sunting sumber]

Juga diketahui nama panggilannya sebagai Petai, Ejo Jo menggunakan robot ini untuk menghancurkan Probe sampai hancur, kemudian untuk menyerang BoBoiBoy dan teman-temannya. Tapi akhirnya Petai dapat dikalahkan oleh bayangan naga Fang.

Ibu Adu Du[sunting | sunting sumber]

Merupakan ibu kandung dari Adu Du yang bernama Ibu Bu. Muncul pada episode 12 musim 3 yang menipu Adu Du agar Adu Du menjadi jahat kembali. Ia adalah seorang yang memiliki butik dengan cabang sekitar 3670-an.

Tiga Rob[sunting | sunting sumber]

Merupakan geng perampok yang beranggotakan Rob, Robert dan Roberto Santana sebagai pemimpinnya. Mencoba merampok pengukur waktu parkir pada episode 7 musim 3, namun dikira perampok bank karena mereka bersembunyi dari polisi di dalam brankas bank. BoBoiBoy dan kawan-kawan serta polisi memenjarakan mereka setelah berhasil ditangkap. Namun mereka dibebaskan dari penjara oleh Adu Du pada episode 14 musim 3 dan melawan BoBoiBoy dengan Robot Pango yang diberi Adu Du.

Robot Pango[sunting | sunting sumber]

Robot yang berbentuk Trenggiling yang diberikan Adu Du pada tiga perampok untuk mengambil beberapa sampel dan untuk menghancurkan BoBoiBoy. Dia mempunyai lempengan yang kuat seperti berlian.

Raksasa Bawang[sunting | sunting sumber]

Monster Bawang yang dibuat Adu Du dari bawang yang digunakan untuk mengambil air mata BoBoiBoy. Dia mempuyai aura bau yang sangat menyengat yang buat disekitarnya mengeluarkan air mata yang sangat banyak.

BoBoiBot[sunting | sunting sumber]

Robot mirip BoBoiBoy yang dibuat Adu Du.

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

Negara Saluran Mulai Tayang Catatan
 Malaysia TV3 13 Maret 2011 Musim 1 dan seterusnya
 Indonesia Global TV 5 Mei 2012 Berakhir pada Oktober 2013
MNCTV 20 Oktober 2014 Menggantikan Global TV
 Malaysia
 Singapura
 Indonesia
 Brunei
 Thailand
 Vietnam
 Kamboja
 Laos
 Myanmar
Disney Channel Asia 11 Juni 2011 Musim 1 dan seterusnya

Film layar lebar[sunting | sunting sumber]

Film layar lebar BoBoiBoy berjudul BoBoiBoy: Sfera Kuasa, awalnya akan diputar di bioskop pada tahun 2014.[2] Pada kenyataannya, perencanaan tersebut tidak kunjung terlaksana. Namun dalam situs Animonsta Studios, dikabarkan bahwa film ini akan dirilis pada akhir tahun 2015.[3] Direncanakan pula film animasi ini akan ditayangkan dalam format tiga dimensi.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Anugerah Karyawan Animasi

Tahun Penghargaan Hasil
2013 Skrip Animasi Terbaik Menang
Tema Musik Terbaik Menang
Pengisi Suara Terbaik Menang

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]