Maxis Software

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maxis juga merupakan nama pendek dari Maxis Communications Berhad, sebuah perusahaan telekomunikasi di Malaysia.
Maxis Software
Jenis Swasta (Divisi dari Electronic Arts)
Industri Permainan komputer
Didirikan 1987
Kantor pusat Emeryville, California, AS
Tokoh penting Will Wright, Jeff Braun (pendiri)
Produk Seri Sim
Situs web http://www.maxis.com

Maxis Software adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang didirikan sebagai pembuat permainan video yang sekarang menjadi bagian dari Electronic Arts (EA). Permainan yang pertama kali dibuat oleh perusahaan ini adalah SimCity, sebuah permainan simulasi pembangunan kota. Maxis juga membuat permainan yang sangat terkenal di dunia, The Sims dan kelanjutannya The Sims 2, dan sebuah permainan terbaru bernama Spore. Empat permainan ini adalah permainan yang paling populer dan sudah tersebar di seluruh dunia.

Kebanyakan permainan yang dibuat Maxis berjenis simulasi, terlebih dahulu tidak ada yang tertarik pada simulasi tradisional. Pendiri Maxis, Will Wright menyebut mereka sebagai tempat bermain digital. Maxis juga merilis permainan yang dibuat oleh perusahaan lain, seperti A-Train dan SimTower.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Logo lama Maxis yang digunakan hingga 2012.

Maxis dibentuk pada tahun 1987 oleh Will Wright dan Jeff Braun untuk membantu menerbitkan SimCity supaya bisa dimainkan di komputer pribadi. Dahulu, permainan tersebut hanya bisa dimainkan di komputer berbasis Commodore 64 karena sedikitnya penerbit permainan untuk membentuk permainan pada komputer dengan basis yang lain atau porting. Alasannya, SimCity bukanlah permainan kampungan yang menentukan "menang" dan "kalah". Konsep ini membuat SimCity menjadi salah satu permainan paling populer dan tersukses.

SimCity kemudian membuat sekuel berikutnya seperti SimCity 2000 (1993), SimCity 3000 (1999), SimCity 3000: Unlimited (2000) dan SimCity 4 (2003). Maxis juga menerbitkan permainan non-Sim, contohnya RoboSport (1991) dan 3D Pinball for Windows (1995), yang merupakan permainan standar Windows. Maxis tidak ikut serta dalam pembuatan Simcity Societies dan The Sims 3 karena Maxis mengutamakan pengembangan serial game terbaru Spore

Setelah sukses menerbitkan sekuel SimCity, Maxis berusaha membuat permainan simulasi lainnya. Beberapanya adalah SimAnt, SimFarm, SimEarth, SimLife, SimTower, dan SimIsle.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]