Maximilian Kolbe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Maximilian Mary Kolbe
Sebuah kartu doa, memperlihatkan rupa Santo Kolbe.
Martir
Lahir 7 Januari atau 8 Januari 1894, Zduńska Wola, Kekaisaran Rusia sekarang Polandia
Wafat 14 Agustus 1941, Kamp konsentrasi Auschwitz, Polandia
Dihormati di Gereja Katolik Roma, Gereja Lutheran
Dibeatifikasikan 17 Oktober 1971, St. Peter Basilica, Roma, Italia[1] oleh Paus Paulus VI
Dikanonisasikan 10 Oktober 1982, Roma, Italia oleh Paus Yohanes Paulus II
Tempat ziarah utama Basilica of the Immaculate Mediatrix of Grace, Niepokalanów, Polandia
Hari peringatan 14 Agustus
Pelindung Abad ke-20, Gerakan Pro-Hidup, ketergantungan obat, keluarga, radio amatir

Maximilian Kolbe (8 Januari 189414 Agustus 1941), juga dikenal sebagai Maksymilian atau Massimiliano Maria Kolbe dan "Apostle of Consecration to Mary," dilahirkan dengan nama Raymond Kolbe, adalah seorang biarawan Conventual Franciscan Polandia yang mengajukan diri untuk dihukum mati menggantikan seorang yang tak dikenal di kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz di Polandia.

Dia dikanonisasi oleh Gereja Katolik Roma sebagai Santo Maximilian Kolbe pada 10 Oktober 1982 oleh Paus Yohanes Paulus II, dan diumumkan martir Charitas. Dia seorang santo pelindung ketagihan obat, tahanan politik, keluarga, jurnalis, tahanan, dan gerakan pro-hidup. Paus Yohanes Paulus I juga mengumumkan dia sebagai "Santo Pelindung dari Abad Kesulitan Kita".

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kolbe, anak dari seorang keluarga Polandia yang memiliki sebagian darah Jerman, dilahirkan pada 1894 di Zduńska Wola, yang pada waktu itu bagian dari Kekaisaran Rusia, anak kedua dari Juliusz Kolbe dan Mariann Kolbe. Orang tuanya pindah ke Pabianice, di mana mereka bekerja sebagai penjahit, kemudian menjalankan toko buku. Kemudian, pada 1914, ayahnya bergabung dengan Polish Legion milik Józef Piłsudski dan ditangkap oleh Rusia karena berjuang untuk kemerdekaan sebagian Polandia.

Pada 1907, Kolbe dan kakaknya Franciszek memutuskan untuk bergabung dengan [Conventual Franciscan]]. Mereka menyebrang perbataan antara Rusia dan Austria-Hungaria dan bergabung dengan seminar junior Conventual Franciscan di Lviv. Pada 1910, Kolbe diijinkan masuk ke novisiat. Dia mengakui janji pertamanya pada 1911, mengambil nama Maximilian, dan janji akhir pada 1914 di Roma, mengambil nama Maximilian Maria, untuk menunjukkan pengabdiannya pada Bunda Maria.

Pada 1912, dia dikirim ke Krakow, dan pada tahun yang sama ke Roma dimana dia belajar filosofi, [[teologi], matematika, dan fisika. Dia sangat berminat terhadap astrofisika dan kemungkinan penerbangan luar angkasa. Ketika dia di Roma dia merancang pesawat antariksa, mirip dengan konsep space shuttle, dan mencoba mempatenkannya. Dia meraih gelar doktor dalam filosofi pada 1915 di Universitas Pontifisial Gregorian, dan doktor dalam teologi pada 1919 di Universitas Pntofisial St. Bonaventure.

Kolbe di Auschwitz[sunting | sunting sumber]

Pada Perang Dunia II, dalam biara, Kolbe memberikan perlindungan bagi pengungsi dari Polandia, termasuk 2000 orang Yahudi. Dia juga aktif di radio amatir dan menjelekkan aktivitas Nazi dalam laporannya.

Pada 17 Februari 1941 dia ditahan oleh Gestapo Jerman dan ditahan di penjara Pawiak, dan pada 25 Mei ditransfer ke Auschwitz I sebagai tahanan #16670.

Pada Juli 1941, seseorang dari barak Kolbe menghilang, membuat SS-Hauptsturmführer Karl Fritzsch, Lagerführer (komandan kamp) mengambil 10 orang dari barak yang sama untuk dihukum mati kelaparan di Blok 11 (terkenal dengan penyiksaannya), dalam rangka mencegah pencobaan untuk melarikan diri. (Orang yang hilang tersebut kemudian ditemukan mati tenggelam di kamp latrine). Salah satu orang yang dipilih adalah Franciszek Gajowniczek, dia berkeluh keluarganya, dan Kolbe sukarela menggantikan tempatnya.

Pada saat dikurung di tahanan, dia memimpin orang lainnya dalam nyanyian dan doa. Setelah tiga minggu dehidrasi dan kelaparan, hanya Kolbe dan tiga orang lainnya masih hidup. Akhirnya dia dihukum dengan suntikan asam karbolik.

Kolbe adalah salah sati dari 10 martir abad ke-20 dari seluruh dunia yang dibuatkan patung di atas Pintu Barat Besar Westminster Abbey, London. Dia dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada 10 Oktober 1982, dihadiri oleh Gajowniczek.

Patung Kolbe (kiri) di Westminster Abbey

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Consecration.com:Biographical Data Summary at the Militia of Immaculata website; Diakses pada 19 November 2006.