Master catur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Master catur ialah seorang pemain catur yang biasanya bisa mengalahkan ahli catur, yang khasnya mereka bisa hampir selalu menang terhadap kebanyakan amatir. Di antara pemain catur, istilah itu sering disingkat menjadi master, artinya pun jelas dari konteks itu.

Dari awal riwayat catur yang tercatat, pada pendirian organisasi catur pertama, istilah master hanya salah satu opini. Pemain yang kuat menunjukkan kemahirannya bermain, dan mendapatkan reputasi master catur secara tak resmi.

Karena catur menjadi tersebar luas pada paruh terakhir abad ke-19, istilah itu mulai dipakai oleh sejumlah organisasi. Sebagai contoh, di Jerman, di sana berkembang turnamen tahunan, Hauptturnier, yang pemenangnya dianugerahi gelar Master Nasional. Emanuel Lasker, yang kemudian menjadi Juara Dunia, menerima gelar master pertama dalam turnamen seperti itu.

Pendirian badan catur dunia, Fédération Internationale des Échecs (FIDE), menyaksikan diciptakannya gelar di atas "master nasional". FIDE menciptakan gelar "Master Internasional" dan "Grandmaster", dianugerahkan pada mereka yang mencapai persyaratan. FIDE akhirnya menciptakan gelar "Master FIDE", seperti gelar master terendah yang dianugerahkan.

Dalam medan catur korespondensi, International Correspondence Chess Federation (ICCF) menganugerahkan gelar "Master Internasional", Master Internasional Senior dan "Grandmaster". Gelar tersebut juga diakui oleh Federation Internationale des Echecs (FIDE).

United States Chess Federation (USCF) menganugerahkan Gelar Master Nasional pada tiap orang yang menerima peringkat USCF 2200, dan gelar Senior Master pada mereka yang mencapai peringkat USCF 2400. USCF juga menganugerahkan gelar Life Master pada mereka yang memegang gelar Master Nasional sejumlah 300 pertandingan atau lebih sepanjang hidupnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]