Massa matahari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Massa Matahari merupakan cara standar untuk mengukur massa dalam astronomi yang digunakan untuk menggambarkan massa bintang dan galaksi lainnya. Satuan ini sebanding dengan massa matahari, sekitar 2 nonilion kilogram atau sekitar 332.950 kali massa Bumi. Lambang dan nilai konvensionalnya adalah:

M_{\bigodot}=1.9891\times10^{30}\hbox{ kg}

Massa Matahari dapat ditentukan dari lamanya tahun, jarak Bumi ke Matahari (satuan astronomi), dan konstanta gravitasi (G) sebagai

M_\bigodot=\frac{4 \pi^2 \times (1{\rm AU})^3}{G\times(1{\rm yr})^2}.

Hingga kini, baik satuan astronomi maupun konstanta gravitasi tidak ada yang diketahui dengan pasti. Namun, penentuan massa relatif planet lain dalam sistem tata surya atau bintang kembar dalam satuan massa Matahari tak bergantung pada konstanta yang kurang dipahami dengan pasti. Sehingga amat berguna untuk mengukur massa tersebut dalam satuan massa Matahari (lihat konstanta gravitasi Gauss). Kini, satuan astronomi terukur dengan hampir baik menggunakan radar antarplanet dan G terukur baik, namun nama Matahari terus menerus sebagai salah satu konvensi lama yang esoterik dalam astronomi.

Massa Matahari dan satuan terkait[sunting | sunting sumber]

1 massa Matahari dapat dikonversikan ke satuan terkait:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Rujukan dan bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]