Paralaks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Paralaks, atau lebih tepatnya paralaks gerak (bahasa Yunani: παραλλαγή (parallagé)) adalah perubahan kedudukan sudut dari dua titik diam, relatif satu sama lain, sebagaimana yang diamati oleh seorang pengamat yang bergerak. Secara sederhana, paralaks merupakan pergeseran yang tampak dari suatu obyek (titik 1) terhadap latar belakang (titik 2) yang disebabkan oleh perubahan posisi pengamat.

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Gambar 1: contoh sederhana dari paralaks

Paralaks sering didefinisikan sebagai "pergerakan yang tampak" dari sebuah obyek terhadap latar belakang yang jauh akibat pergeseran perspektif sebagaimana dapat dilihat pada gambar 1. Ketika dilihat dari titik pandang A, obyek tampak berada di depan kotak biru. Ketika titik pandang diubah ke titik pandang B, obyek tampak bergerak ke depan kotak merah. Fenomena ini biasa dimanfaatkan dalam astronomi untuk menentukan jarak benda-benda langit.

Paralaks dan penentuan jarak[sunting | sunting sumber]

Metode penentuan jarak obyek-obyek langit pada dasarnya adalah kasus khusus dari triangulasi, dimana kita dapat menentukan panjang dua sisi sebuah segitiga, jika ada salah satu sisi dan sudutnya diketahui. Untuk kasus penentuan jarak dengan metode paralaks, segitiga yang dibentuk oleh dua titik posisi pengamat dan obyek langit adalah segitiga yang sangat lancip. Posisi dua titik pengamatan merupakan alas segitiga tersebut dan biasanya ditentukan dengan menggunakan ukuran-ukuran bumi seperti diameter Bumi dan jari-jari orbit Bumi mengelilingi Matahari. Sudut segitiga dapat ditentukan dengan mengukur sudut "pergeseran yang tampak" pada bola langit dari dua titik pengamatan tadi.

Kesalahan paralaks pada fotografi[sunting | sunting sumber]

Pada fotografi dikenal istilah kesalahan paralaks (en:parallax error), yaitu sebuah kesalahan pendekatan paraksial yang dilakukan pada pergeseran sudut pandang.

Fotografi mengenal dua jenis kesalahan paralaks:

  1. Paralaks penyambungan (en:stacking parallax, panoramic parallax), yaitu tidak tersambungnya garis-garis pada foreground, midground dan background dari beberapa foto yang akan disambung untuk membentuk sebuah citra panorama.
  2. Paralaks sudut pandang (en:AOV parallax), yaitu paralaks yang sering dijumpai pada kamera refleks lensa ganda atau kamera TLR saat digunakan untuk mengambil foto pada jarak yang sangat dekat. Foto yang dihasilkan akan mempunyai sudut pandang yang berbeda dengan sudut pandang yang dilihat oleh fotografer pada jendela bidik.

Referensi[sunting | sunting sumber]