Masjid Raya Al-Karim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Masjid Raya Al-Karim
Letak Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia
Afiliasi agama Islam
Deskripsi arsitektur
Jenis arsitektur Masjid
Tahun selesai Juli 2012
Biaya pembangunan 7,9 miliar[1]
Spesifikasi
Kubah 5

Masjid Raya Al-Karim atau Masjid Raya Koto Kaciak adalah sebuah masjid yang terletak di Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak ada data yang pasti mengenai tahun berapa sebetulnya masjid ini berdiri. Dari beberapa informasi yang ada, diketahui pada pertengahan abad ke-17 telah berdiri sebuah masjid yang pada awalnya digunakan bersama oleh masyarakat Nagari Koto Kaciak dan Koto Gadang di Gobah, Koto Gadang. Namun, sejak masjid itu roboh, kedua nagari mulai membangun masjid sendiri, yaitu Masjid Raya Koto Kaciak dan Masjid Jamik Koto Gadang. Kedua masjid tersebut dibangun dengan arsitektur yang sama, yang semula beratapkan ijuk. Dalam perkembangannya, Masjid Raya Koto Kaciak mengalami beberapa renovasi, seperti pada tahun 1972, masjid ini direnovasi dan dijadikan dua lantai.

Pada tahun 2009, gempa bumi berkekuatan 7,9 SR yang melanda sejumlah kawasan di Sumatera Barat mengakibatkan 608 unit tempat ibadah rusak berat, termasuk merobohkan masjid ini sehingga tidak dapat digunakan lagi.[2][3] Dengan biaya yang diperoleh dari bantuan masyarakat yang dikirimkan melalui Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne dan sumbangan lainnya, masjid ini dapat digunakan kembali pada Juli 2012, setelah semua tahapan pembangunan kembali selesai dikerjakan sebelumnya.[4][5]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Daftar pustaka