Masjid Fazl-e-Omar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Fazl-e-Omar

Masjid Fazle Omar adalah sebuah masjid yang terletak di di distrik Stellingen, Hamburg, Jerman. Masjid tersebut dibuka pada 22 Juni 1957 oleh Jamaah Muslim Ahmadiyah (AMJ). Setelah masjid di kamp sabit di Wünsdorf dekat Zossen, sebuah kamp untuk tahanan perang Muslim selama Perang Dunia I, dan Masjid Wilmersdorfer di Berlin, masjid tersebut merupakan masjid tertua ketiga di Jerman dan masjid pertama yang akan dibangun setelah Perang Dunia II.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Gagasan membangun rumah doa Islam dimulai pada tahun 1955 ketika Mirza Bashir ud-Din Mahmud Ahmad, Khalifat ul-Massih II dan kepala AMJ di seluruh dunia, mengunjungi Hamburg untuk pertama kalinya. Pada 27 Juni 1955, ia diterima oleh Josef von Fisenne, yang waktu itu adalah Senator Gedung Otorita dan kemudian Departemen Kepolisian (Interior), di Balai Kota Hamburg.

Batu fondasi untuk pembangunan masjid diletakkan pada 22 Februari 1957. Konstruksi ini dibiayai oleh AMJ. Selain itu, lembaga-lembaga kredit seperti Deutsche Bank, Dresdner Bank dan Vereinsbank ikut serta dengan masing-masing menyumbang DM 500. Arsitek masjid tersebut adalah seorang Muslim Ahmadiyah asal Jerman, yang sebelumnya memeluk Islam melalui kegiatan dakwah imam Chaudhry Abdul Latif.

Presiden Mahkamah Internasional, Sir Muhammad Zafrullah Khan, membuka Masjid Fazle Omar pada 22 Juni 1957. Manajer distrik Stellingen / Eimsbüttel dan profesor dari Universitas Hamburg serta para duta besar dari negara-negara Pakistan, India dan Belanda hadir pada upacara pembukaan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Masjid Fazle Omar". Kontraktor Kubah Masjid.