Masakan Campania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pizza Margherita

Masakan Campania (Cucina campana) adalah jenis masakan Italia yang berasal dari regione Campania, Italia Selatan. Kuliner Campania dipengaruhi oleh iklim Mediterania dan warganya menggunakan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat seperti sayur-sayuran, roti, pasta, ikan, keju dan sedikit daging yang dikombinasikan menjadi beragam warna dan rasa. Sejarahnya, kuliner Campania dipengaruhi oleh tradisi kuliner Yunani Kuno, Spanyol dan Perancis. Seperti daerah lainnya di Italia, ciri khas masakan Campania adalah penggunaan bahan yang paling segar dan berkualitas. Variasi masakan Campania antara lain masakan dari kawasan Napoli, Caserta, Sannio, Cilento, Salerno, Semenanjung Sorrento, serta kepulauan Capri dan Ischia.

Masakan Napoli[sunting | sunting sumber]

Kuliner Napoli termasuk salah satu yang paling berpengaruh di Italia dan dunia karena salah satu makanannya, yaitu pizza telah dikenal luas. Pizza ditemukan oleh warga setempat untuk memenuhi rasa lapar dengan cara yang murah dan praktis. Pada awalnya pizza hanya diberi taburan mozarella, minyak dan bawang putih namun kemudian tomat diperkenalkan dari Amerika dan digunakan sebagai bahan topping. Selanjutnya kepopuleran pizza menyebar ke berbagai daerah dan disukai rakyat biasa maupun penguasa. Saat Ratu Margherita mengunjungi Napoli pada tahun 1889, juru masak bernama Raffaele Esposito menghidangkan pizza dengan 3 warna bendera Italia bersatu dengan bahan tomat, mozzarella dan basil yang dinamakan Pizza Margherita.

Ragù

Kawasan Napoli dikenal sebagai pusat produksi pasta yang besar di Italia. Di sini berbagai jenis pasta dibuat antara lain vermicelli, fusilli, spaghetti, tortiglioni, rigatoni, ziti, maccheroni, dan sebagainya. Masakan dari Napoli lainnya antara lain:

  • Spaghetti, pasta yang dimakan dengan saus, basil dan tomat.
  • Ragù atau kepanjangannya ragù del guardiaporta ("ragù portir" atau "ragù kuli pengangkut barang"). Nama masakan ini berasal dari proses memasaknya yang lama dan membutuhkan ketelitian. Hal itu hanya bisa dikerjakan oleh para kuli angkut barang yang mana aktivitas hariannya kebanyakan santai dan tidak sibuk sehingga memiliki waktu membuat ragù. Ragù adalah masakan dengan porsi besar yang dibuat dari potongan daging sapi muda yang digulung dan diberi keju, peterseli, bawang putih, kacang cemara, dan sultana, lalu dimasak dengan minyak, tomat dan anggur merah.

Minuman[sunting | sunting sumber]

  • Anggur putih dan merah Falerno dari Caserta.
  • Greco di Tufo, anggur putih yang diminum bersama hidangan makanan laut. Varietas anggur ini ditanam di Trebbiano, Malvasia, Sangiovese, Greco dan Aglianico.
  • Anggur merah Procida dan Vesuvio.
  • Anggur putih Lacrima Christi, Ischia dan Capri.
  • Anggur Epomeo dan Don Alfonso dari pulau Ischia.
  • Limoncello, minuman keras dari buah lemon, berasal dari Sorrento.