Hidangan Umbria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masakan Umbria)
Truffle atau umbi jamur khas Norcia, Umbria
Sosis khas Norcia.

Masakan Umbria adalah masakan yang berasal dari regione Umbria di Italia.

Umbria adalah regione yang terkurung daratan dan salah satu yang terkecil di Italia, hanya terdiri dari 2 provinsi, yaitu Perugia dan Terni. Warga Umbria dikenal menghasilkan kuliner dengan produk pertanian dan anggur yang berkualitas serta metode mengawetkan dagingnya. Bersama-sama Piemonte, Umbria dikenal menghasilkan umbi jamur (truffle) yang paling berkualitas di Italia. Kedua warga daerah tersebut masih sering berdebat mengenai keunggulan truffle masing-masing. Terdapat bermacam-macam varietas truffle di Umbria, seperti truffle hitam dari Norcia.

Kota-kota Umbria yang mempertahankan suasana abad pertengahan masih mempertahankan kuliner tradisional dan beberapa di antaranya menjadi penemu masakan khas Italia. Contohnya, Norcia di bagian tenggara dikenal sebagai tempat kelahiran salami, daging babi asin. Tidak hanya produk daging babi, Umbria juga menghasilkan daging sapi, hasil buruan dan unggas. Karena tidak memiliki pantai, warga Umbria mendapatkan ikan dari air tawar, terutama dari Danau Trasimeno.

Warga Umbria juga membuat banyak resep kue-kue, penganan manis dan coklat.

Masakan khas[sunting | sunting sumber]

Minuman[sunting | sunting sumber]

Produk-produk minuman anggur khas Umbria banyak berasal dari kawasan Orvieto dan Torgiano dengan produk anggur putih dry yang cocok dengan masakan ikan, sementara anggur merah cocok dengan daging dan hasil buruan. Anggur produksi baru dari Torgiano antara lain Rubesco dan San Giorgio. Anggur lainnya dari kawasan ini: Rosso di Montefalco, Bianco del Trasimeno dan Bianco di Città di Castello.