Marie-Mai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Marie Mai
Marie-Mai, 2009.
Marie-Mai, 2009.
Informasi latar belakang
Nama lahirMarie-Mai Bouchard
Nama lainMarie-Mai
Lahir07 Juli 1984 (umur 39)
Varennes, Quebec, Kanada
GenrePop, rock, jazz
Tahun aktif2003-sekarang
LabelMusicor, Warner Music France
Artis terkaitSimple Plan, David Usher, Tebey, Imposs

Marie-Mai (nee Marie-Mai Bouchard lahir 7 Juli 1984 di Varennes, Quebec) adalah seorang penyanyi asal Kanada dari Montreal. Dia pada awalnya dikenal sebagai salah satu finalis dari acara reality show musim pertama, yaitu Star Académie.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Marie-Mai lahir dari ayah aktor.[2] Marie-Mai memulai minatnya pada musik di tahun-tahun awalnya ketika berlatih piano dan juga berpartisipasi dalam teater musikal. Tidak lama kemudian, dia mulai bernyanyi dan neneknya memperhatikan bakatnya. Pada tahun-tahun berikutnya, dia akan membantu Marie-Mai meningkatkan kemampuan menyanyinya lebih jauh. Pada saat itu, neneknya menyarankan agar dia mengikuti audisi untuk kompetisi baru, yaitu Star Académie. Sebelumnya, pada tahun 2001, dia mulai tampil di pertunjukan di Théâtre Musical Montreal dalam acara Passion intens.

Ia menjadi finalis pada edisi tahun 2003, di mana ia langsung menarik perhatian karena gaya pop-rocknya. Dia menduduki tempat ketiga di belakang Marie-Elaine Thibert, juara kedua pertandingan, dan Wilfred Le Bouthillier, pemenang akhirnya.

Setelah tur Star Académie berakhir pada tahun 2004, dia menjadi bagian dari pemeran Montreal dalam musikal opera rock Jonathan Larson Rent, tampil di Teater Olympia.

Pada bulan September 2011, ia menikah dengan produsernya, yaitu Fred St-Gelais, di Hawaii. Pasangan ini bertunangan sejak tahun 2006.[3] Pasangan ini mengakhiri hubungan pada awal tahun 2016,[4] dan kemudian bercerai.

Pada bulan Desember 2011, Marie-Mai berpartisipasi dalam kampanye anti-intimidasi Ça finit là ("Ini berakhir di sini"), dan membuat video di mana dia mengungkapkan bahwa dia mengalami intimidasi karena ADHD-nya.[5][6]

Marie-Mai telah menjalin hubungan dengan sutradara musik La Voix, yaitu David Laflèche, sejak tahun 2016, dan dia melahirkan putri mereka Gisèle pada tanggal 15 Februari 2017.[7]

Karier[sunting | sunting sumber]

Inoxydable (2004-2005)[sunting | sunting sumber]

Album debutnya Inoxydable, diproduksi oleh Fred St-Gelais, dirilis pada tanggal 28 September 2004. Lebih dari 120.000 album terjual di Quebec (sertifikasi platinum) saja saat album dirilis di negara Perancis pada tahun 2006.[2] Beberapa single naik tinggi di tangga lagu Quebec, termasuk lagu "Il faut que tu t'en ailles" dan "Encore une Nuit", yang mencapai puncak tangga lagu Radio Énergie. Pada tahun 2005, ia memenangkan hadiah untuk video musik berbahasa Prancis terbaik di MuchMusic Video Awards dengan "Il faut que tu t'en ailles". Untuk mendukung albumnya, Marie-Mai memainkan 87 pertunjukan dan merilis DVD konsernya, La Tournée Inoxydable.

Dangereuse attraction (2007-2009)[sunting | sunting sumber]

Album keduanya, Dangereuse Attraction, dirilis pada tanggal 28 Agustus 2007. Pada bulan Agustus 2008, Marie-Mai dianugerahi sertifikasi emas karena menjual lebih dari 50.000 eksemplar album ini di negara Kanada.[8] Rekor tersebut pada akhirnya mendapatkan sertifikasi platinum.

Pada tanggal 24 Juni 2009, Marie-Mai tampil untuk yang pertama kalinya di dalam perayaan Hari Libur Nasional Quebec di Montreal,[9] disiarkan secara bersamaan di Radio-Canada Televisi dan radio. Dia membawakan hitsnya "Mentir" dan "Emmène-moi", sebuah cover dari lagu "Lady Marmalade", dan kutipan dari lagu kebangsaan tidak resmi Quebec, "Gens du pays" oleh Gilles Vigneault.[10]

Pada tanggal 1 Juli 2009, selama perayaan Canada Day di Ottawa yang disiarkan di jaringan Radio-Canada dan CBC, Marie Mai diundang ke menyanyikan tiga lagu. Pada awalnya, siaran saluran berbahasa Inggris itu tidak menyertakan lagu pertamanya, "Mentir". CBC pada akhirnya membatalkan keputusannya setelah latihan dan malah memutuskan untuk menyiarkan ketiga lagu tersebut.[11]

Version 3.0 (2009-2011)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 September 2009, dia merilis album ketiganya, Version 3.0.[12] Dia menerima rekor emas ketiga pada tanggal 7 Desember 2009 karena telah menjual 40.000 eksemplar album ini. Antara komposisinya yang ada di album ini adalah "Rebatir notre histoire" dan "C'est moi".

Pada tanggal 28 Februari 2010, dia menyanyikan "Emmène-moi" di upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver. Pada tahun yang sama, dia tampil dalam "Je repars" milik David Usher. Lagu ini tetap berada di posisi terbaik di chart Top 100 Nielsen Broadcast Data Systems selama lebih dari sebulan.

Pada tahun 2011, albumnya Version 3.0 mendapat sertifikasi platinum, dengan 80.000 eksemplar terjual. Dia juga merekam duet di tahun yang sama dengan Simple Plan untuk lagu "Jet Lag". Kemudian, di tahun yang sama, dia menandatangani kontrak dengan label dan distributor Eropa Warner Music France.

Miroir (2012-2014)[sunting | sunting sumber]

Sebelum perilisan album keempatnya, pada tanggal 22 Februari 2012, ia merilis lagu "Sans cri ni haine", sebuah cover bahasa Prancis dari "Call Your Girlfriend" oleh Robyn, sebagai singel promosi.

Situs web resmi Marie-Mai telah mengalami peningkatan besar-besaran sebelum album ini dibuat. Hitung mundur hingga hari perilisan album ditampilkan. Logo baru dan sampul album dari album keempat juga terungkap.[13][14]

Pada tanggal 14 Agustus 2012, single resmi pertama dari album "C.O.B.R.A." dirilis ke stasiun radio, bersama dengan teaser video musik berdurasi 22 detik. Seperti yang diumumkan sendiri pada tanggal yang sama, album baru itu diberi judul "Miroir" dan tanggal rilisnya ditetapkan pada tanggal 17 September.

"Miroir" berhasil terjual sebanyak 22.000 unit pada minggu pertamanya. Pada tanggal 17 Oktober 2012, hanya sebulan setelah album dirilis, konferensi pers diadakan di Teater Olympia di Montreal untuk mengumumkan bahwa album tersebut mendapat sertifikasi emas karena terjual 40.000 eksemplar. Konferensi pers ini juga digunakan untuk mengumumkan 2 tanggal pertama di Bell Center dari tur barunya Tournee Miroir, yang akan dimulai pada tanggal 18 Januari 2013, di Granby, Quebec.

Pada akhir tahun 2012, single kedua "Jamais ailleurs" dirilis ke stasiun radio Kanada, sementara versi yang lebih akustik dari lagu "Je cours" dipilih sebagai single pertama yang mempromosikan album yang belum dirilis di Prancis.

Marie-Mai memulai tahun 2013 dengan meluncurkan tur keempatnya "Tournee Miroir" pada tanggal 18 Januari di Granby, QC. Tur ini akan menampilkannya tampil di depan lebih dari 80.000 orang di seluruh Quebec.

Dia membawakan "COBRA".", "Jamais ailleurs", dan "Heart Attack" selama perayaan Hari Kanada di Ottawa pada tanggal 1 Juli 2013. Pada tanggal 22 Juli, dia tampil dalam konser amal untuk para korban Lac-Mégantic di Lavaltrie, bersama dengan 39 artis yang lainnya.

Dia mulai syuting video musik baru pada pertengahan bulan Juli. Pada bulan Agustus 2013, trailer untuk video "Différents" dirilis, dan video lengkapnya tersedia di halaman YouTube-nya pada tanggal 10 September 2013.

Dia melanjutkan tur Tournee Miroir pada bulan September di Québec Coliseum.

Pada tanggal 2 dan 3 Mei, dia mengadakan 2 konser di Bell Center, dan menutup tur Miroirnya setelah 100 pertunjukan.

M (2014-2015)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2014, Marie-Mai merilis "Jamais trop tard", sebuah duet dengan Jonas, sebagai single pertama dari album ke-5nya. Lagu ini mencapai #1 di tangga lagu radio. Penarikan kembali pertunjukan Bell Center-nya (2 dan 3 Mei) digunakan untuk mengungkap tiga lagu M: "Conscience", "Tourner", dan "À bout portant". Pada tanggal 12 Mei 2014, M dirilis dengan beberapa kembang api di sekitarnya: 3 video musik baru dirilis di hari yang sama: "Conscience", "Tourner", dan "Indivisible". Dalam waktu 2 bulan, rekaman tersebut menerima sertifikasi emas karena terjual 40.000 eksemplar. Pada bulan Juli 2014, pertunjukan tur Miroir Marie-Mai di Bell Center ditayangkan perdana di bioskop-bioskop Quebec. "Marie-Mai live au Center Bell: Traverser le Miroir" langsung menarik minat para penggemarnya dan ditampilkan di 50 bioskop di seluruh Quebec. Pada bulan November 2014, DVD acara tersebut diluncurkan, dan mendapatkan sertifikasi triple platinum untuk penjualan 30.000 eksemplar.[15]

2016-sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2019, Marie-Mai berduet di "The Good Ones" dengan artis country Kanada, yaitu Tebey.[16][17]

Pada tahun 2023, ia berpartisipasi dalam rekaman all-star dari single Serena Ryder "What I Couldn't Do", yang dirilis sebagai single amal untuk memberi manfaat bagi Kampanye Feel Out Loud Kids Help Phone untuk kesehatan mental remaja.[18] Pada tahun yang sama, ia berperan dalam peran akting film pertamanya, dalam film Denys Arcand yang akan datang, yaitu Testament.[19]

Dalam budaya popular[sunting | sunting sumber]

  • Pada tahun 2012, dia mengambil bagian dalam proyek album penghormatan yang didedikasikan untuk lagu Jean-Jacques Goldman berjudul Génération Goldman menyanyikan "Là-bas" milik Goldman sebagai duo bersama dengan seorang model dan penyanyi asal Prancis, yaitu Baptiste Giabiconi.
  • Dia adalah pengisi suara Smurfette di The Smurfs 1 (2011) dan 2 (2013) versi Prancis-Kanada.
  • Pada saat upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010, dia menampilkan Emmène-moi.
  • Dia adalah pelatih di The Voice (La Voix) versi Quebec bersama dengan Ariane Moffatt, Marc Dupré, dan Jean-Pierre Ferland.
  • Pada bulan Januari 2019, Marie-Mai pertama kali muncul sebagai Pelatih/Mentor pada musim ke-2 "The Launch jaringan TV Kanada CTV", pada episode yang menampilkan Lagu Ryan Tedder, yang berjudul "Better".
  • Pada tahun 2020, ia diumumkan sebagai pembawa acara Big Brother Célebrités edisi Quebec, yang dijadwalkan tayang pada tahun 2021 di Noovo.[20]
  • Pada tahun 2021, ia tampil dalam iklan telepon seluler, mengenakan kostum konser dan menunggang kuda putih. Intinya adalah dia putus dengan pelanggan karena akses jaringannya terlalu tidak dapat diandalkan.[21]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Sulih suara[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Catatan
2011 The Smurfs Smurfette Sulih suara Perancis Quebec
2013 The Smurfs 2 Smurfette Sulih suara Perancis Quebec

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Félix Award
  • 2008 Rock Album of the Year
  • 2010 Rock Album of the Year
  • 2010 Best Female Artist of the Year
  • 2011 Best Female Artist of the Year
  • 2011 Tour of the Year (Singer-Songwriter)
  • 2012 Popular Song of the Year « Sans cri, ni haine »
  • 2013 Pop Album of the year
  • 2013 Best Female Artist of the Year
  • 2014 Best Female Artist of the Year
SOCAN Awards
  • 2008 SOCAN award for Pop Song - Composer

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Birchmeier, Jason. "Marie-Mai | Biography & History | AllMusic". AllMusic. Rovi. Diakses tanggal 2016-10-11. 
  2. ^ a b "Biographie Marie Mai". Québec Info Musique (dalam bahasa Prancis). 
  3. ^ Harvey Claudy (September 4, 2011). Marie-Mai et Fred St-Gelais : mariage aujourd'hui, Le Journal de Montréal.
  4. ^ "Fred St-Gelais, c'est le catalyseur de Marie-Mai". TVA Nouvelles. Diakses tanggal October 11, 2016. 
  5. ^ "Marie-Mai - La Presse+". La Presse+ (dalam bahasa Prancis). August 27, 2015. Diakses tanggal October 11, 2016. 
  6. ^ Chevalier, Manon. "Rencontre avec Marie-Mai, l'artiste au destin de star | Elle Québec". Elle Québec. Diakses tanggal October 11, 2016. 
  7. ^ Marie-Mai donne naissance à sa fille!, February 16, 2017 
  8. ^ Renault, Philippe (August 9, 2008). "Le Conte de fées de Marie-Mai". Le Journal de Montréal. .
  9. ^ Martineau, Alain (May 19, 2009). "Éric Lapointe, Ariane Moffatt et Marie-Mai à la Fête nationale". La Presse Canadienne. 
  10. ^ Renaud, Philippe (June 25, 2009). "Un air de renouveau au parc Maisonneuve". La Presse Montréal. ISSN 0317-9249. 
  11. ^ "Official website". marie-mai.com. Productions J. June 30, 2006. 
  12. ^ Marie-Mai lance son nouvel album Diarsipkan September 26, 2009, di Wayback Machine., September 23, 2009.
  13. ^ Maxime Rioux. "Marie-Mai s'associe à l'agence de publicité d'un Drummondvillois". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2013. Diakses tanggal August 16, 2012. 
  14. ^ "Marie Mai Identité et site web". Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2012. Diakses tanggal August 16, 2012. 
  15. ^ Média, Québecor. "DVD/Blu-ray triple platine pour Marie-Mai". Diakses tanggal October 11, 2016. 
  16. ^ "Top Country Pick: Tebey 'The Good Ones'". Top Country. October 11, 2019. 
  17. ^ Whitaker, Sterling (September 17, 2019). "Tebey and Marie Mai's 'The Good Ones' Video Looks Back on Happy Memories [Exclusive Premiere]". Taste of Country. Diakses tanggal June 5, 2021. 
  18. ^ Brent Furdyk, "Feel Out Loud: Alessia Cara, Serena Ryder & More Canadian Artists Collaborate On New Single Promoting Youth Mental Health Initiative". Entertainment Tonight Canada, March 2, 2023.
  19. ^ Marie-Josée R. Roy, "Pour son nouveau film : Denys Arcand explique pourquoi il a choisi Marie-Mai". Showbizz, 30 April 2023.
  20. ^ Lysandre Dolbec, "Big Brother Célébrités: deux nouvelles participantes dévoilées!". En Vedette, December 7, 2020.
  21. ^ accessed Feb 16, 21 https://www.grenier.qc.ca/nouvelles/22171/marie-mai-a-cheval-avec-le-nouveau-reseau-5g-de-bell

Pranala luar[sunting | sunting sumber]