CTV Television Network

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
CTV
Diluncurkan 1 Oktober 1961
Pemilik Bell Media
Slogan "Naturally CTV"
Negara Kanada
Bahasa Inggris
Wilayah siaran Kanada
Amerika Serikat bagian utara (lewat televisi kabel atau antena)
Nama sebelumnya Canadian Television Network (CTN, 1961-62)
Situs web www.ctv.ca

CTV adalah jaringan televisi berbahasa Inggris di Kanada yang dimiliki konglomerat media terbesar di Kanada, Bell Media. Sebagai jaringan televisi terbesar di Kanada, CTV sejak tahun 2002 secara terus berada di peringkat teratas dalam total pemirsa setelah beberapa tahun berada di belakang Global Television Network di pasar terpenting.[1]

Sebelumnya, CTV disebut Canadian Television Network (CTN). Singkatan CTV tidak diberikan kepanjangannya secara resmi, namun dimengerti sebagian besar pemirsa sebagai Canadian Television seperti dalam iklan CTV akhir tahun 1990-an.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1958, Perdana Menteri John Diefenbaker mengeluarkan Undang-Undang Penyiaran baru. Dalam undang-undang tersebut ditetapkan Dewan Gubernur Penyiaran (pendahulu Komisi Radio-Televisi dan Telekomunikasi Kanada) sebagai badan pengatur penyiaran di Kanada, dan mengakhiri peran ganda Canadian Broadcasting Corporation (CBC) sebagai regulator dan stasiun penyiaran.

Pekerjaan pertama Dewan Gubernur Penyiaran adalah memproses aplikasi pendirian stasiun televisi "kedua" bagi pemirsa di Halifax, Nova Scotia|Halifax]], Montreal, Ottawa, Toronto, Winnipeg, Calgary, Edmonton, dan Vancouver. Calgary dan Edmonton dilayani oleh televisi swasta afiliasi CBC, sementara enam stasiun televisi lainnya dimiliki dan dioperasikan oleh CBC.

Delapan stasiun televisi yang mendapat izin, disusun menurut urutan stasiun televisi yang pertama kali mengudara adalah sebagai berikut:

Ketujuh stasiun televisi yang pertama kali disebut dimiliki oleh swasta. Stasiun televisi di Edmonton dimiliki dan dioperasikan CBC. Di antara aplikasi pendirian stasiun televisi yang tidak disetujui terdapat aplikasi dari Spence Caldwell. Namun, ia justru membentuk jaringan dari tujuh televisi swasta plus CFRN-TV Edmonton yang segera lepas dari afiliasi CBC setelah CBXT mulai mengudara. Tujuh televisi swasta membentuk jaringan yang disebut Independent Television Organization (ITO). Pada awal tahun 1961, John Bassett (pemilik CFTO) memenangi hak tayang pertandingan Eastern Conference Liga Sepak Bola Kanada. Bassett memerlukan jaringan televisi untuk menayangkan sepak bola Kanada. Setelah bernegosiasi dengan Bassett dan Dewan Gubernur Penyiaran, Caldwell akhirnya mendirikan jaringan televisi baru bernama, Canadian Television Network (CTN) yang terdiri dari 7 anggota ITO plus CFRN.

CTN (CTV) mulai mengudara 1 Oktober 1961. Hari pertama mengudaranya CTV dimulai dengan tayangan dokumenter karya Harry Rasky mengenai jaringan televisi CTV, diikuti promosi acara musim gugur.[2]

Musim tayang 1961-1962 dimulai dengan acara sebagai berikut, lima di antaranya merupakan produksi Kanada:[2]

  1. The Andy Griffith Show (CBS)
  2. Checkmate (CBS)
  3. Cross Canada Barndance (Kanada)
  4. Maigret (BBC)
  5. The Rifleman (ABC)
  6. Showdown (Kanada)
  7. Sing Along With Mitch (NBC)
  8. Take a Chance, acara kuis dengan pembawa acara Roy Ward Dickson, diadaptasi dari acara radio Kanada
  9. Top Cat (ABC)
  10. Twenty Questions (Kanada)
  11. West Coast (Kanada)
  12. Whiplash (ATN-7)

Pada mulanya, CFTO adalah unggulan CTV, dan sekaligus satu-satunya stasiun televisi yang mengudara secara siaran langsung. Ketika CBC sedang tidak mengudara, CTV memakai gelombang mikro CBC untuk mengirimkan program televisi ke stasiun-stasiun afiliasi untuk direkam dan ditayangkan sebagai siaran tunda. Pada akhirnya, saluran kedua gelombang mikro dibuka, dan stasiun televisi swasta di Kanada bisa mengudara secara siaran langsung.

Pada awalnya, CBC berkeberatan CTV memakai nama Canadian. CBC mengklaim sebagai satu-satunya pihak yang berhak memakai istilah Canadian. Sebagai akibatnya, CTV hingga kini memakai nama alternatif, CTV Television Network. Beberapa sumber menuliskan angka tahun yang berbeda-beda mengenai saat mulainya nama CTV Television Network dipakai oleh CTV, sebelum jaringan ini diluncurkan atau musim gugur 1962. Harian Globe and Mail menyebut nama jaringan ini sebagai CTV sejak CTV diluncurkan tahun 1961.[2]

Puncak kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Tim manajemen yang dipimpin Caldwell segera mendapat kesulitan keuangan. Sejak awal hubungan antarstasiun televisi yang menjadi anggota tidaklah mulus. Acara televisi impor dari Amerika Serikat misalnya, dimonopoli oleh ITO, dan bukan CTV.

Keluarnya Caldwell pada tahun 1965 tidak mengurangi masalah, dan CTV berada di ambang kebangkrutan. Pada tahun 1966, stasiun televisi afiliasi CTV (anggotanya waktu itu sudah bertambah dengan CJON-TV di St. John's, CKCO-TV di Kitchener, dan CHAB/CHRE di Moose Jaw/Regina) meminta izin untuk membeli CTV dan menjalankannya sebagai usaha koperasi. Usulan ini disetujui Dewan Gubernur Penyiaran, dan mulai musim tayang 1966-1967, jaringan CTV dimiliki oleh stasiun televisi anggota.

CTV mulai melakukan tayangan berwarna sejak 1 September 1966. Pada pertengahan 1970-an, CTV sudah melebarkan keanggotaannya ke stasiun televisi di kota-kota yang lebih kecil, terutama lewat sistem twinstick (pemilik yang sama memiliki dua stasiun televisi di kawasan yang sama). Selain itu, stasiun televisi afiliasi CBC beralih menjadi afiliasi CTV setelah CBC membuka stasiun sendiri, atau menambah stasiun yang merelai stasiun televisi berdekatan yang dimiliki dan dioperasikan CBC. Selain itu, dalam kejadian yang unik, afiliasi CTV di Saskatchewan, CHAB/CHRE dibeli CBC pada tahun 1968, dan diluncurkan kembali sebagai CBKT. Sebaliknya, CKCK-TV asal Regina (ibu kota Saskatchewan) bergabung dengan CTV. Pada tahun 1994, CTV diubah statusnya dari koperasi menjadi perusahaan.

Nama CTV mencuat di bidang program berita setelah jangkar berita Lloyd Robertson pindah dari CBC ke CTV pada tahun 1976. CTV National News hingga kini masih terus dibawakan Lloyd Robertson. Program berita pagi CT, Canada AM juga merupakan program pagi paling tahan lama di Kanada. Program majalah berita mingguan W-FIVE telah mengudara sejak tahun 1966, dua tahun lebih awal dari program serupa di AS, 60 Minutes.

Sejak akhir 1970-an, CTV sering kali membeli hak menyiarkan lagu rock dan pop sebagai lagu tema acara, dan bukan menciptakan lagu tema orisinal. W-FIVE misalnya, memakai cuplikan instrumental "Fool's Overture" dari Supertramp. Canada AM memakai lagu The Moody Blues, "Ride My See-Saw", dan kuis Definition memakai lagu "Soul Bossa Nova" dari Quincy Jones.

Diakusisi Baton Broadcasting[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 1980-an, Baton Broadcasting pemilik CFTO Toronto mulai berusaha mengambil alih CTV dengan cara membeli sebanyak mungkin stasiun televisi yang berafiliasi dengan CTV. Baton Broadcasting sudah membeli CFQC-TV Saskatoon pada tahun 1971. Antara tahun 1986 dan 1990, stasiun televisi yang dibeli Baton adalah sebagai berikut:

Walaupun demikian, Baton tersandung salah satu pasal dalam anggaran rumah tangga koperasi, "satu pemilik, satu suara". Walaupun memiliki 11 stasiun televisi dari 24 afiliasi CTV, Baton hanya memiliki 1 suara dari 8 suara yang ada. Perubahan berarti tidak juga terjadi setelah CTV direstrukturisasi pada tahun 1994 (Newfoundland Broadcasting pemilik CJON melepaskan hak suaranya, sehingga hanya ada total 7 suara).

Pada tahun 1996, Baton mengakusisi CFCN dari Rogers Communications, dan sekaligus mendapatkan hak suara yang dimiliki Rogers Communications. Baton juga memulai usaha patungan dengan Electrohome, pemilik CFRN dan CKCO. Electrohome mengizinkan hak suaranya dipakai oleh Baton. Pada tahun berikutnya, saham usaha patungan dengan Electrohome semuanya dibeli Baton. Dari CHUM Limited, Baton membeli stasiun televisi afiliasi CTV di Provinsi Maritim Kanada, ATV. Sebagai hasilnya, Baton dapat mengendalikan CTV, dan menawarkan opsi jual. Afiliasi CTV yang lain bisa menjual saham CTV yang dimiliki tanpa harus kehilangan stasiun televisi. Baton akhirnya menjadi pemilik penuh jaringan televisi CTV. Setelah itu, merek CTV ditempelkan di semua acara dan nama stasiun televisi yang dimiliki Baton, sementara merek Baton Broadcast System (BBS) tidak dipakai lagi. Paa tahun 1998, Baton mengganti nama menjadi CTV Inc., dan mengakusisi CKY dan CFCF yang merupakan dua dari tiga stasiun televisi di pasar media terbesar.

Afiliasi CTV[sunting | sunting sumber]

Stasiun televisi milik CTV[sunting | sunting sumber]

Sejak pertengahan Oktober 2005, semua stasiun yang dimiliki dan dioperasikan CTV memakai merek CTV dan bukan tanda panggil resmi atau nomor saluran. Hanya kadang-kadang, nama kota atau wilayah ditambahkan di belakang tanda panggil, misalnya: CTV Ottawa atau CTV British Columbia. Walaupun demikian berdasarkan peraturan CRTC, tanda panggil tetap merupakan nama resmi stasiun televisi.

Afiliasi regional[sunting | sunting sumber]

Kasus khusus[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CTV Recaps #1 Year in Television, siaran pers CTV, 4 Juni 2007
  2. ^ a b c Braithwaite, Dennis (2 Oktober 1961). "Filmed Accolades Put Private TV Network on the Air". Globe and Mail. hlm. 4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]