Maria von Trapp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maria von Trapp
photo from Declaration of Intention, 21 January 1944
Lahir Maria Augusta Kutschera
26 Januari 1905
Vienna, Austria-Hungary
Meninggal 28 Maret 1987 (umur 82)
Morrisville, Vermont, USA
Pasangan Georg von Trapp (1880-1947) (m. 1927–47)
Anak Rosemarie von Trapp (b.1929)
Eleonore von Trapp (b.1931)
Johannes von Trapp (b.1939)

Baroness Maria Augusta von Trapp (lahir 26 Januari 1905 – meninggal 28 Maret 1987 pada umur 82 tahun) adalah ibu tiri dan ibu pemimpin keluarga dari Keluarga Trapp Singers. Cerita tentang dirinya dan kisah tentang pelarian keluarganya dari Nazi saat terjadi peristiwa Anschluss (pencaplokan Austria oleh Jerman untuk digabungkan dalam Jerman Raya) telah menginspirasi pembuatan film Sound of Music.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Maria Augusta Kutschera lahir di dalam kereta yang sedang dalam perjalanan dari desa orang tuanya di Tyrol menuju ke rumah sakit di Wina, Austria. Maria menjadi yatim piatu saat usia 7 tahun. Tahun 1923, saat berusia 18 tahun, dia lulus dari Sekolah Guru Negeri untuk Percepatan Pendidikan (State Teachers College for Progressive Education) di Wina. Kemudian dia masuk Nonnberg Abbey, sebuah biara Benedictine (Katholik Roma) di Salzburg, karena ingin menjadi seorang biarawati. Saat dia masih menjadi kandidat Novisiat (Novitiate), Maria diminta untuk mengajar salah seorang dari tujuh anak Georg Ludwig von Trapp, seorang komandan angkatan laut Austria yang telah menduda. Ketujuh anak Georg Ludwig von Trapp merupakan hasil perkawinannya dengan istri pertamanya, Agathe Whitehead von Trapp, yang meninggal karena sakit demam pada tahun 1922.

Maria dan Georg kemudian menikah pada 26 November 1927.

Keluarga Trapp kehilangan kekayaannya pada tahun 1935 yang sebelumnya telah disimpan secara aman di sebuah bank di London, Inggris. Sang Kapten, untuk menolong Nyonya Lammer, seorang teman di bidang usaha perbankan, telah menarik dananya yang disimpan di sebuah bank Inggris dan memindahkannya ke rekening bank milik Nyonya Lammer yang kemudian menimbulkan kendala. Pemerintah Austria telah mengalami tekanan ekonomi sebagai akibat dari tekanan Jerman dan faktor-faktor lainnya.

Untuk menyelematkan kondisi, Keluarga Trapp memindahkan seluruh pelayannya ke lantai atas, kemudian menyewakan kamar-kamar kosong kepada siswa-siswa Universitas Katholik. Kepala Uskup mengirim Romo Wasner untuk tinggal bersama mereka sebagai rohaniawan keluarga dan kemudian keluarga itu mulai mengubah kecintaannya kepada dunia musik menjadi sebuah karier. Usai penampilan di sebuah festival pada tahun 1935, mereka menjadi pertunjukan keliling yang populer. Singkat cerita, setelah Nazi menguasai Austria pada tahun 1938, keluarga itu pun pindah ke Italia, kemudian ke Amerika Serikat. Rumah yang dahulu pernah mereka tempati di Austria kemudian menjadi markas Heinrich Himmler.

Dengan menyebut diri mereka "Paduan Suara Keluarga Trapp", Keluarga von Trapp mulai tampil di Amerika Serikat dan Canada. Mereka memperoleh perhatian saat melakukan pertunjukan di Balai Kota New York pada 10 Desember 1938. Koran The New York Times menulis :

"There was something unusually lovable and appealing about the modest, serious singers of this little family aggregation as they formed a close semicircle about their self-effacing director for their initial offering, the handsome Mme. von Trapp in simple black, and the youthful sisters garbed in black and white Austrian folk costumes enlivened with red ribbons. It was only natural to expect work of exceeding refinement from them, and one was not disappointed in this."

Setelah tidak berhasil dalam kesepakatan dengan Charles Wagner, mereka mengikat kontrak kesepakatan dengan Frederick C. Schang. Suatu ketika Frederick C. Schang berpikir bahwa nama Trapp Family Choir {Paduan Suara Keluarga Trapp) terlalu "berbau" gereja dan selain itu sebagai upaya untuk "meng-Amerika-kan" lagu-lagu mereka, maka dengan sarannya grup itu mengubah namanya menjadi "The Trapp Family Singers". Keluarga itu, termasuk kesepuluh anak-anaknya, selanjutnya menjadi terkenal dalam konsep baru dan di kemudian hari mengadakan tour keliling dunia.

Setelah perang berakhir, mereka mendirikan "The Trapp Family Austrian Relief, Inc." yang mengirim ratusan ton makanan dan pakaian ke Austria yang sedang lemah akibat perang.

Pada tahun 1940, keluarga itu pindah ke Stowe, Vermont, di mana mereka menyelenggarakan perkemahan musik (music camp) manakala mereka sedang tidak tour. Pada tahun 1944, Maria dan anak-anak tiri perempuannya, yaitu Johanna, Martina, Maria, Hedwig, and Agathe mengajukan permohonan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Georg tidak pernah berminat menjadi warga negara AS. Rupert dan Werner menjadi warga negara AS dengan berdinas di militer saat Perang Dunia II. Rosmarie dan Eleonore menjadi warga negara AS karena mengikuti kewarganegaraan ibunya. Sementara itu Johannes lahir saat keluarga itu sudah tinggal di AS.

Georg von Trapp meninggal dunia pada tahun 1947 di Vermont, AS, karena sakit kanker paru-paru.

Pada tahun 1950, Keluarga Trapp merilis sejumlah album dalam format piringan hitam (78 rpm disks) dengan label RCA Victor yang di kemudian hari di antaranya juga dirilis dengan label RCA Camden LPs. Ada juga beberapa rekaman yang dirilis oleh LPs, termasuk sejumlah rekaman stereo. Keluarga ini juga terlibat dalam rekaman Natal Elvis Presley. Pada tahun 1957, Trapp Family Singers membubarkan diri dan menjalani kehidupan masing-masing. Maria dan 3 orang anaknya menjadi misionaris di Pasifik Selatan.

Pada pertengahan tahun 1960-an, Maria kembali ke Vermont, AS, untuk mengelola Pondok Penginapan Keluarga Trapp. Dia mulai mengalihkan pengelolaan usaha akomodasinya itu kepada anak laki-lakinya, Johannes von Trapp, tapi enggan mengalihkan kepemilikannya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Maria von Trapp meninggal dunia akibat gagal jantung di Morrisville, Vermont, Amerika Serikat, pada 28 Maret 1987, 3 hari setelah operasi. Maria telah hidup 40 tahun lebih lama daripada suaminya yang meninggal sebelum buku, musik, dan film tentang kisah mereka dirilis.

Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal Lahir Meninggal Dunia Keterangan
Rosemarie von Trapp 8 Februar1 1928[1]
or 8 Februari 1929
Permohonan kewarganegaraan (naturalisasi) yang diajukan oleh Maria menggunakan perundang-undangan tahun 1928 dan keterangan dilakukan di bawah sumpah kepada Tuhan. Dokumen-dokumen lain yang tidak mengikat secara hukum ditetapakn tertanggal 8 Februari 1929. Ada banyak kontroversi menganai tanggal mana yang benar. Dia tidak mempunyai anak dan lebih sering tinggal di Pittsburgh.
Eleonore von Trapp 14 Mei 1931[1] Menikah dengan Hugh David Campbell pada tahun 1954 dan dari hasil perkawinan itu mereka mempunyai tujuh anak perempuan. Saat ini tinggal di Waitsfield, Vermont, bersama keluarganya.
Johannes von Trapp 17 Januari 1939[1] Menikah dengan Lynne Peterson pada tahun 1969. Dari perkawinannya itu mereka mempunyai satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

The Sound of Music[sunting | sunting sumber]

Buku karya Maria yang berjudul The Story of the Trapp Family Singers (Kisah Para Biduan Keluarga Trapp) diterbitkan pada tahun 1949. Buku tersebut meledak di pasaran dan menjadi best seller. Kisah di dalam buku itu kemudian diangkat ke layar lebar (film) dalam dua film Jerman/Asutria, yaitu :

  • The Trapp Family (1956)
  • The Trapp Family in America (1958)

Buku itu kemudian juga diadaptasi oleh Rodgers and Hammerstein menjadi The Sound of Music sebuah opera musikal Broadway, yang dicuplik dari sebuah film yang sangat populer di AS. Pertunjukan opera The Sound of Music, dengan penata musik dan lirik oleh Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II, pertama kali dibuka di Broadway pada musim gugur tahun 1959, dibintangi oleh Mary Martin dan Theodore Bikel. Pertunjukan itu sangat sukses dan berlangsung selama tiga tahun. Untuk versi film, The Sound of Music juga sukses dan mampu meraih box office. Namun Nyonya Trapp menyatakan bahwa dirinya hanya menerima royalti sebanyak 500 ribu dollar.

Pada versi film The Sound of Music, Maria von Trapp sempat tampil selintas (cameo appeareance). Untuk sepintas lalu, dia bersama Rosemarie (anak perempuannya) dan Barbara (anak perempuan Werner), dapat terlihat sedang berjalan melintasi gerbang lengkung saat lagu "I Have Confidence", pada lirik bagian, "I must stop these doubts, all these worries/If I don't, I just know I'll turn back".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Petition for Naturalization". National Archives and Records Administration. Diakses 2009-01-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]