Médoc, Gironde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Gironde

Médoc (Bahasa Occitan: Medoc [meðuk])[1] adalah sebuah daerah dari Perancis yang dikenal sebagai wilayah tempat berkembang tanaman anggur yang terletak di Departemen Gironde, di sebelah kiri jalur muara Gironde, utara Bordeaux. Namanya berasal dari (Pagus) Medullicus, atau "dari negara Medulli", Celtic adalah suku setempat. Daerah ini terutama untuk keberhasilan produksinya dari anggur merah, yang merupakan tempat beradanya sekitar 1.500 buah kebun anggur.

Daerah ini memiliki juga hutan pinus dan pantai yang panjang, sebenarnya secara geografi Médoc bukanlah daerah yang ideal untuk tanaman anggur untuk berkembang kedekatannya dengan Samudera Atlantik yang relatif yang mempunyai iklim sedang dan curah hujan yang tinggi membuat masalah pembusukan menjadi konstan. Hal ini umumnya menjadikan sifat tanah dari wilayah anggur berasal dilahan yang datar dengan kebutuhan drainase yang baik serta banyaknya berbatuan kerikil dalam tanah yang memungkinkan panas akan tersimpan dan mendorong lebih cepat buah menjadi masak dan membantu sistem perkembangan akar tanaman .

Pemeliharaan anggur[sunting | sunting sumber]

Dengan pengecualian Chateau Haut-Brion dari Graves, semua dari anggur merah dalam Klasifikasi 1855 berasal dari Médoc. Banyak anggur Médoc yang tidak terdapat dalam klasifikasi ini adalah telah diklasifikasi (telah ditutup pada tahun 2007) sistem pertumbuhan borjuis.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ kadang disebut Medòc [meˈðɔk]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 45°00′LU 1°00′BT / 45°LU 1°BB / 45.000; -1.000