Wilayah anggur Bordeaux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wilayah anggur Bordeaux adalah daerah sekitar kota Bordeaux di departemen Gironde dari Aquitaine. Daerah ini secara alami dibagi dengan jalur kiri sungai Gironde meliputi Médoc dan subregions St-Estèphe, Pauillac, St-Julien, dan Margaux dan jalur kanan merupakan daerah yang meliputi subregions Santo-Émilion, Pomerol , dan Blaye Bourg. terdapat tambahan daerah anggur termasuk kawasan Graves sebelah tenggara dari Médoc dan termasuk pula sub daerah Pessac-Léognan, Sauternes dan Barsac. melintasi Graves di sebelah jalur kanan antara sungai Gironde serta sungai Dordogne merupakan wilayah Entre-Deux-Mers.

Semua daerah ini memiliki pengaturan dan ketentuan yang mengatur komposisi setiap kebun-kebun anggur, waktu hasil panen yang tepat serta berbagai teknik pembuatan minuman anggur. Label depan pada anggur Bordeaux akan mencantumkan mencakup wilayah dan jenis buah anggur.

Perkebunan yang berada didaerah Bordeaux sering diklasifikasikan menurut nama maupun kualitas produsen. pada jalur sebelah kiri maka anggur Bordeaux mengikuti klasifikasi tahun 1855 mencakup sebagian besar perkebunan yang berada pada jalur kiri termasuk Sauternes dan Chateau Haut-Brion dari Graves. Perkebunan yang tidak diklasifikasikan dalam daftar yang dapat digolongkan di bawah label dalam pertumbuhan borjuis pada tahun 1953, terlepas dari wilayah Graves pada tahun 1954 secara terpisah diberikan klasifikasi anggur Saint-Émilion bagi wilayah yang berada pada jalur atas kanan wilayah ini.

Dalam pembuatan anggur terdapat cara yang berbeda-beda, secara praktis dalam aturan umum bahwa pada jalur kiri lebih banyak memproduksi basis Cabernet Sauvignon sedangkan pada jalur kanan lebih banyak memproduksi pada jenis Merlot bagi wilayah Graves diproduksi anggur merah dan anggur putih dari basis anggur Sauvignon blanc dan Sémillon serta Wilayah Sauternes dan Barsac lebih dikenal untuk anggur basis jamur anggur sebagai minuman pembuka hidangan.

Wilayah anggur Bordeaux dari Departemen Gironde dan ketentuannya

Pranala luar[sunting | sunting sumber]