Lucius Aemilius Lepidus Paullus (konsul 34 SM)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lucius Aemilius Lepidus Paullus atau Paullus Aemilius Lepidus (tahun 77 SM – 14 SM) merupakan seorang anggota Senat Romawi. Paullus merupakan seorang anggota gens Aemilia.

Ia adalah cucu Marcus Aemilius Lepidus dan Appuleia lewat putra mereka Lucius Aemilius Lepidus Paullus. Paman paternalnya Marcus Aemilius Lepidus bekerja sebagai anggota Triumvirate Kedua.

Ia bekerja sebagai Konsul pada tahun 34 SM dan sensor pada tahun 22 SM.

Paullus menikah pertama-tama dengan Cornelia Lentula (tahun 54 SM - 16 SM), dengan siapa ia memiliki dua orang anak : Lucius Aemilius Lepidus Paullus, suami Julia yang Lebih Muda, dan Aemilia Paulla, istri Lucius Munatius Plancus (tahun 45 SM - setelah tahun 14), Konsul pada tahun 13 dan duta Vatikan pada tahun 14 dan putra Lucius Munatius Plancus. Ia menikah kedua kalinya dengan Claudia Marcella Minor, putri Gaius Claudius Marcellus Minor dan Octavia Minor, tanpa keturunan. Paman maternalnya adalah Kaisar Augustus. Paullus wafat tanpa diketahui akibatnya pada tahun 14 SM.

Jandanya kemudian menikah lagi dengan Marcus Valerius Messalla Messallinus, putra Marcus Valerius Messalla Corvinus. Mereka adalah orangtua Marcus Valerius Messalla Barbatus.

Referensi[sunting | sunting sumber]