Lower Georges Heights Commanding Position

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu masuk utama ke posisi komando perbentengan di Georges Heights
Landasan meriam di tempat

Lower Georges Heights Commanding Position terletak di pemukiman urban Georges Heights, New South Wales di kota pinggiran Mosman, di tepi Port Jackson, Sydney, Australia. Lower Georges Heights Commanding Position dibangun dan dirancang untuk menghentikan kapal musuh memasuki Sydney Harbour, dan bekerja bersama banyak benteng lain yang terletak dekat dengannya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perbentengan ini dibangun tahun 1877 dan menjadi bagian dari pertahanan terluar Sydney Harbour. Pada waktu itu, metode perbentengan ini dianggap sebagai yang paling efisien dalam mempertahankan pintu masuk ke Sydney Harbour.[1]

Dua meriam yang pertama ditempatkan di benteng ini adalah meriam RML 9 inci 12 ton yang berjenis “muatan moncong”, ini berarti bahwa peledak dan proyektil harus dimasukkan ke meriam dari ujung yang sama. Meriam ini dapat menembak bola seberat 249 pon (113 kg) hingga sejauh South Head (Watsons Bay); 3.000 yard (2.770 meter).

Ketika teknologi semakin diperbarui, meriam ini digantikan tahun 1889 oleh meriam ringan yang dapat menembakkan proyektil seberat 80 pon (36 kg) sejauh 3.170 yard (3.,000 meter).

Sejak 1903 hingga 1907, perbentengan ini diperbarui untuk membolehkan pemasangan dua meriam Mark 7 6 inci BL yang berjenis “muatan belakang” yang berarti bahwa peledak dan proyektil harus dimasukkan di belakang meriam. Senjata ini dapat menembakkan sebuah bola seberat 100 pon (45.4 kg) hingga mencapai lautan; sekitar 14.000 yard (12.900 meter).

Ruang bawah tanah perbentengan ini digunakan untuk menyimpan amunisi dan peledak yang dibawa di sepanjang Military Road.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]