Linear Tape-Open

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
LTO
Sebuah kartrid 400GB LTO-3 oleh Sony
Jenis mediaPita magnetik
KapasitasHingga 18 TB
PengembangLTO Consortium (Hewlett Packard Enterprise, IBM, Quantum)
Dimensi fisik102.0 × 105.4 × 21.5 mm
(4.0 in. x 4.1 in. x 0.8 in.)
PenggunaanPenyimpanan arsip

Linear Tape-Open (LTO), juga dikenal sebagai LTO Ultrium,[1] adalah teknologi penyimpanan data pita magnetik yang dikembangkan pada akhir 1990-an sebagai alternatif standar terbuka format pita magnetik tertutup yang tersedia pada saat itu. HP Enterprise, IBM, dan Quantum mengendalikan Konsorsium LTO. Konsorsium ini mengarahkan pengembangan katrid LTO dan mengelola lisensi dan sertifikasi produsen katrid dan pembaca media LTO.

Katrid LTO mengandung ratusan meter pita setengah-inci (12.65 mm) yang digulung menjadi satu kumparan. Berbagai mekanisme (seperti tape drive, streamer) mengeluarkan pita dari katrid dan menggulungkannya di gulungan kedua, membaca atau menulis data seiring pita bergerak antara gulungan. Ada perpustakaan robotik yang dapat menyimpan ratusan atau ribuan katrid LTO dan puluhan mekanisme.

Versi aslinya dirilis pada tahun 2000 dan memiliki kapasitas 100 GB. Ultrium LTO generasi ke-9 diumumkan pada 2020 dan dapat menampung hingga 18 TB tanpa perubahan ukuran. Mereka memiliki enkripsi bawaan untuk keamanan penyimpanan dan pemindahan data, dan fitur partisi memungkinkan penggunaan LTFS (Linear Tape File System), biasanya memiliki kapasitas lebih tinggi, kestabilan jangka panjang lebih baik, dan biaya unit lebih rendah daripada format penyimpanan data lain. Ada juga katrid LTO tulis sekali baca banyak, yang berguna untuk mencegah penghapusan data, baik tidak sengaja maupun sengaja.

Setelah dirilis, LTO Ultrium cepat memimpin segmen pasar kaset super dan menjadi format kaset super paling laris untuk waktu yang lama.[2][3] LTO banyak digunakan dalam sistem komputer kecil dan besar, terutama untuk cadangan data.[butuh rujukan]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is LTO tape technology?" [Apa itu teknologi kaset LTO?]. Ultrium LTO (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-13. 
  2. ^ "Super tape drive shipments double in" [Pengiriman drive kaset super berganda] (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2005-03-06. Diakses tanggal 2013-03-29. 
  3. ^ "New Freeman Study Projects Major Shifts In Compact Tape — Industry Growth In Units, Revenue Seen" [Studi Freeman Baru Meramalkan Perubahan Besar dalam Kaset Portabel — Pertumbuhan Industri dalam Unit, Pendapatan Terlihat] (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2005-03-06. Diakses tanggal 2013-03-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]