Pencerminan diska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam penyimpanan data, pencerminan diska (bahasa Inggris: Disk mirroring), atau RAID1, adalah tiruan dari jilid diska logis ke cakram keras yang terpisah secara fisik dalam waktu nyata, untuk menjamin ketersediaan data secara berkelanjutan. Sebuah jilidan cermin adalah perwakilan logis salinan yang lengkap dari jilid terpisah.

Dalam situasi Pemulihan Bencana, data cerminan yang lebih lama yang disebut sebagai replikasi simpanan. Tergantung pada teknologi yang digunakan, replikasi dapat dilakukan serentak, asinkronis, semi-serentak, atau point-in-time. Replika diaktifkan melalui kode kecil pada pengendali susunan diska, atau melalui perangkat lunak peladen. Hal ini biasanya solusi berbayar, tidak kompatibel antara berbagai produsen penyimpanan.

Pencerminan biasanya hanya melakukan sinkronisasi. Penulisan sinkronisasi biasanya mencapai Recovery Point Objective (RPO, Pemulihan Titik Tujuan) dari nol data yang hilang. Tiruan asinkron dapat mencapai RPO hanya beberapa detik sementara metodologi yang sebelumnya memberikan RPO beberapa menit hingga mungkin beberapa jam.

Pencerminan berbeda dari bayangan berkas (file shadowing).