PC Card

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

PC Card merupakan pemendekan kata dari induk asosiasinya yaitu Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) atau Asosiasi Internasional Kartu Memori PC yang dimaksud untuk memudahkan dibaca serta diingat. PC Card merupakan salah satu bentuk di antara kartu memori pertama yang dibuat pada tahun 1990-an dan setelah berkembang jenis dan modelnya, kini dipakai khusus sebagai perangkat koneksi pada notebook, misalnya sebagai modem untuk melakukan koneksi internet melalui frekuensi GSM atau CDMA, wireless card, dan lainnya.

PC Card awalnya dirancang sebagai media penyimpan pada komputer (computer storage), akan tetapi keberadaannya kini media penyimpan itu mempunyai jenis yang bermacam-macam. Tipikal alatnya seperti network card, modem, dan hard disk. Jenis kartu ini juga digunakan untuk kamera digital SLR, seperti kodak seri dc 300. Fungsi awal kartu ini, yaitu sebagai media penyimpan, sudah jarang digunakan.


Jenis Kartu (Type I,II,III)[sunting | sunting sumber]

Standardnya PC Card menyediakan spesifikasi fisik untuk tiga tipe PC Card, dengan menyediakan ruang kecil untuk kartu tambahan. Semua tiga ukuran mempunyai panjang dan lebar yang sama dan menggunakan 68-pin connector. Satu-satunya perbedaan adalah ketebalannya. Untuk tipe I ketebalannya adalah 3.3 mm, biasanya digunakan dalam RAM dan ROM. Untuk tipe II ketebalannya mencapai 5.0 mm,biasa digunakan dalam kartu fax/modem, adaptor LAN. Untuk tipe III 10.5mm. Karena yang berbeda adalah hanya pada ketebalannya, maka kartu yang lebih tipis dapat digunakan pada media yang lebih tebal, tapi kartu yang lebih tebal tidak dapat digunakan pada slot yang lebih tipis. [1]

Card Bus[sunting | sunting sumber]

PCMCIA telah membuat model terbaru dari kartu PC yang disebut dengan Card Bus. CardBus memang memiliki beberapa perbedaan dibandingkan model sebelumnya, namun yang paling berbeda adalah jalur data 32 bit dan bus mastering atau kemampuan penguasaan bus dan juga CardBus mendukung produk-produk dengan sumber tegangan rendah. CardBus dirancang untuk digunakan dalam lingkungan kerja multitasking. Salah satu penghalang penyebarluasan penggunanaan PCMCIA adalah karena PCMCIA tidak memiliki dukungan dari IBM, karena IBM adalah satu-satunya penyedia card services pada system operasi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Focal Press

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

The Official PCMCIA Association Website