Leslie Cheung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leslie Cheung Kwok-Wing
張國榮
LeslieCheung01.jpg
Leslie Cheung di Cannes Film Festival, 1993
Latar belakang
Nama lahir Cheung Fat Chung
Nama lain Gor-gor (baca: Ko-Ko, Kakak, dalam bahasa Kantonis)
Asal Bendera Hong Kong Hong Kong
Genre Cantopop
Pekerjaan Penyanyi, Aktor, Komponis
Tahun aktif 1977-2003

Leslie Cheung Kwok-Wing (Hanzi: 张国荣, pinyin: Zhang Guorong, lahir di Hong Kong, 12 September 1956 – meninggal di Hong Kong, 1 April 2003 pada umur 46 tahun) adalah penyanyi, aktor dan musisi papan atas dari Hong Kong.

Masa kanak-kanak dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Leslie Cheung Kwok-Wing lahir di Hong Kong dengan nama lahir Cheung Fat-chung, yang kemudian diubah menjadi Cheung Kwok-Wing. Cheung adalah anak bungsu dari 10 bersaudara di keluarga kelas menengah. Cheung Wut Hoi - ayahnya adalah tailor ternama, pelanggannya termasuk aktor Amerika William Holden dan Cary Grant[1][2][3] Ayah dan ibunya sibuk dengan pekerjaan. Saat di Hong Kong, Leslie Cheung bersekolah di Rosaryhill School (Jalan Stubbs, Hong Kong). Semasa hidup, dia pernah menghadiri acara alumni sekolah. Pada usia 13, dia dikirim ke Inggris dan tinggal di asrama sekolah Eccles Hall dan menghadapi diskriminasi rasial di sekolah. Dia bekerja sebagai bartender pada restoran kerabat dan bernyanyi saat akhir pekan. Pada masa itu dia memilih nama panggungnya, "Leslie". Menurut Cheung, dia memilih nama itu sebab, "Saya suka film Gone with the Wind. Dan saya menyukai Leslie Howard. Nama itu bisa dipakai oleh pria maupun wanita, jadi saya menyukainya."[4]. Pada salah satu konsernya, dia bilang nama itu terdengar seksi dibanding nama barat aslinya "Bobby".

Dalam beberapa wawancara, Cheung menyatakan masa kecilnya tidaklah bahagia. "Saya tidak memiliki masa kecil yang bahagia. Pertengkaran, perkelahian dan tidak tinggal bersama orang tua; Saya tinggal bersama nenek." (wawancara Time magazine ditulis oleh Richard Corliss) "Yang saya bisa bilang tentang masa kecil saya adalah orang tua saya tidak tinggal serumah dengan saya. Sebagai bocah, ini sukar dimengerti. Ini membuat saya kadang-kadang depresi."[5]

Cheung kuliah di University of Leeds di sebelah utara Inggris, dimana dia belajar "textile management". Dia meninggalkan bangku kuliah pada awal tahun kedua, karena ayahnya sakit keras dan memintanya kembali ke Hong Kong. Cheung tidak kembali ke Inggris untuk melanjutkan studinya.[6][7]

Karier[sunting | sunting sumber]

Cheung dipertimbangkan sebagai "Salah satu pelopor Cantopop," dan "yang pertama menggabungkan sukses besar karier film dan musik".[8]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Pada 1977, Cheung jadi juara kedua Asian Music Contest yang diadakan oleh Rediffusion Television Co. (RTV). Dia menandatangi kontrak dengan RTV (RTV kemudian berganti nama sebagai Asia Television Company (ATV)) dan memulai karier di industri hiburan. Dia juga menandatangi kontrak musik dengan Polydor Records, merilis Day Dreaming (1977) dan Lover's Arrow (1979). Awal kariernya tidaklah mulus. Pernah dia menerima cemooh saat manggung, dan dua album pertamanya tidak disambut pasar. Dia terpaksa meninggalkan Polydor Records. Film pertama Cheung, The Erotic Dream of the Red Chamber pada 1978 adalah film porno, menandai titik terendah di kariernya. Cheung kemudian menyatakan dia tertipu saat menandatangi kontrak.

Pada era 1970-an dan 1980-an, dia muncul di sejumlah drama TV dramas seperti The Young Concubine, Agency 24, Pairing, dan film silat The Spirit Of The Sword. Drama TV ini membantu membesarkan namanya di Asia Tenggara.

Menuju ketenaran[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1982, Cheung bergabung dengan Capital Artists dan mengakhiri kontrak dengan RTV. Di Capital Artists Florence Chan menjadi managernya dan terus berlanjut sampai akhir kariernya. Di Capital Artists, dia bertemu Anita Mui, idola Hong Kong Cantopop lainnya, menandai persahabatan abadi mereka. Pada 1983, Cheung merilis hit pertamanya, "The Wind Blows On". Pada 1984, dia merilis lagu 'top ten hit' pertamanya "Monica", yang menjadi lagu "fast" pertama yang memenangkan RTHK Top Ten Chinese Gold Songs Award. "Monica" menjadi wakil generasi baru musik Hong Kong pada pertengahan 1980-an. Penggemar mulai beralih ke lagu Cantopop yang cepat dan energik yang sesuai untuk dinyanyikan dengan tarian modern. Top Ten Gold Songs lain yang dirilis Cheung lewat Capital Artists termasuk "Unruly Wind" (album, For Your Love Only, 1985); "Who Will Echo With Me" (album, Leslie Cheung: Allure Me, 1986) and "Love of Yester Years" (theme song A Better Tomorrow, album Leslie Cheung: Allure Me, 1986). "Who Will Echo With Me" memenangkan Gold of the Gold Songs (Best Song) pada tahun 1986.

Karier film Cheung sedikit lambat. Dia tampil sebagai pemeran pendukung di film kedua dan ketiganya Encore (1980) dan On Trial (1981). Bagaimanapun bakat aktingnya segera diakui dengan nominasi Aktor Pendukung terbaik Hong Kong Film Awards untuk perannya di On Trial. Setelah nominasi ini, dia mulai memegang peran utama di Teenage Dreamers (1982), film remaja pertama yang memecahkan rekor box-office dan kemudian menjadi pemeran utama pada hampir setiap film berikutnya. Pada awal 1980-an sampai 1986, kebanyakan film yang diperaninya adalah film-film remaja. Di antara film-film itu, Nomad (1982, disutradarai Patrick Tam Kar-ming) dipertimbangkan kritikus film sebagai wakil film "New Wave" Hong Kong. Peran Cheung sebagai Louis di Nomad membuat dia meraih nominasi Best Actor pertama di Hong Kong Film Awards. Kemudian, Cheung menyatakan Nomad adalah "real movie" pertama baginya. Pada periode ini, Cheung terus berakting di beberapa drama buatan Television Broadcasts (TVB), seperti Once Upon an Ordinary Girl dan The Fallen Family.

Masa keemasan dan pensiun[sunting | sunting sumber]

Pada 1986, dia bergabung dengan Cinepoly Records Hong Kong dan merilis album Summer Romance pada 1987. Summer Romance menjadi CD terlaris tahun itu dan IFPI Best Selling Album di Hong Kong. Sukses Summer Romance membuatnya menduduki puncak sebagai idola Cantopop bersama Alan Tam. Pada 1988, dia menciptakan lagu terkenalnya "Silence is Golden". Album populer lain yang dikeluarkan Cheung melalui Cinepoly Records termasuk Hot Summer (1988), Virgin Snow (1988), Leslie '89 (Side Face, IFPI Best Album of the Year, 1989), Final Encounter (1989), dan Salute (1990). Salute adalah album non-komersil pertama yang dirilis oleh superstar musik Hong Kong sepanjang sejarah yang merupakan kompilasi lagu-lagu top yang dipopulerkan penyanyi lain. Menurut Cheung, Salute adalah penghormatannya pada musik. Dia mendonasikan semua hasil penjualan Salute kepada Hong Kong Academy for Performing Arts, yang kemudian dikenal sebagai Leslie Cheung Memorial Scholarship setelah dia meninggal[9].

Mengikuti kepopuleran Cheung dan Tam, penggemar dua bintang ini menjadi berseteru, menandai konflik berkepanjangan perang penggemar yang memberi tekanan berat pada Cheung. Pada 1988, Alan Tam mengumumkan berhenti menghadiri upacara pemberian hadiah. Pada 1989, Cheung mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia musik sebagai penyanyi pada puncak kariernya. Cheung mencatatkan dirinya sebagai penyanyi pertama pada sejarah Cantopop yang menyelenggarakan konser perpisahan akbar (Final Encounter of the Legend), yang berlangsung selama 33 malam berturut-turut (dia berumur 33 saat itu) di Hong Kong Coliseum. Pada 1990, dia meninggalkan Hong Kong dan berimigrasi ke British Columbia, Canada. Kemudian pada tahun 1991, dia memperoleh kewarganegaraan Kanada tetapi dia segera meninggalkan Kanada dan kembali ke Hong Kong.

Pada 1986 sampai 1989, Cheung berakting di sejumlah film yang dipertimbangkan sebagi film klasik Hong Kong oleh kritikus film dan penggemar film Asia[10][11]. Pada 1986, Cheung bersama Chow Yun Fat berakting di A Better Tomorrow (disutradarai oleh John Woo), film ini adalah pelopor trends film triad Hong Kong pada tahun 1980-an. Cheung memerankan Kit, polisi muda idealis. Peran Cheung secara luas menandai debutnya sebagai aktor serius. Dia juga membintangi kelanjutannya, A Better Tomorrow II (1987). Juga di 1987, Cheung berperan di Stanley Kwan's Rouge dimana dia memerankan Chen-Pang Chan, penuh gairah, playboy pecandu opium dan kekasih terlarang dari pekerja seks Fleur (diperankan Anita Mui). Pada tahun yang sama (1987), dia tampil di Tsui Hark's A Chinese Ghost Story (disutradari oleh Ching Siu-tung). Cheung memerankan Ling Choi Sin, penagih hutang yang sopan tapi penakut yang jatuh cinta pada hantu cantik (diperankan oleh Joey Wong). Peran-perannya membuatnya memperoleh beberapa nominasi Best Actor pada festival film Hong Kong dan Golden Horse. Kesuksesan A Better Tomorrow dan A Chinese Ghost Story membuat namanya terkenal di pasar film Jepang dan Korea Selatan.

Masa keemasan di film[sunting | sunting sumber]

Pertengahan 80-an sampai tahun 90-an adalah masa keemasan perfilman Hong Kong, yang sejalan dengan karier film Cheung. Pada 1990, Cheung berakting sebagai Yuddy, pemuda tampan, brutal, penggoda dan narsis di Wong Kar-wai's Days of Being Wild. Penampilannya di Days of Being Wild membuatnya meraih piala Best Actor pada Hong Kong Film Awards 1991 dan nominasi Best Actor di Golden Horse Film Festival (Taiwan) serta Asia Pacific Film Festival. Dia membintangi dua film Wong Kar-wai yang lain; Pada 1994 film silat, Ashes of Time, dia berperan sebagai Ouyang Feng, pendekar pedang dan pembunuh bayaran yang menghabiskan hari-harinya di padang gurun. Peran sebagai Ouyang membuatnya memenangkan gelar Aktor Terbaik pada Hong Kong Film Critics Society Awards. Pada 1997 film gay Happy Together (meskipun Wong berkeras bahwa film ini bukanlah film "gay"), dia berperan sebagai, Ho Po-wing, yang ke Argentina bersama temanya Lai Yiu-fai (diperankan oleh Tony Leung Chiu-wai).

Pada 1992 masterpiece sejarah Farewell My Concubine (disutradarai oleh Kaige Chen), Cheung berakting sebagai bintang opera Peking Cheng Dieyi, dari bocah sampai ke panggung opera. Farewell My Concubine adalah film berbahasa Cina pertama yang memenangkan piala Golden Palm di Cannes Film Festival. Film ini juga memenangkan lebih dari 20 piala di festival lain termasuk Golden Globe untuk Film Berbahasa Asing Terbaik dan nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik dan Cinematografi Terbaik. Penampilan Cheung di film ini membuatnya meraih ketenaran internasional sebagai bintang film dan memantapkan jejaknya di industri film daratan Cina. Pada 1996, dia kembali bekerja sama dengan Kaige Chen, memerankan gigolo, Zhongliang Yu, di Temptress Moon.

Pada 1998 A Time to Remember (disutradarai oleh Yip Ying), dia berperan sebagai Jin, pemimpin komunis Cina. Latar belakang Hong Kongnya menyebabkan debat panas di Cina pada saat itu, tetapi film itu mampu meraih sukses Box Office di daratan Cina dan pada 2004 memenangkan "Film Asing Paling Populer" di Festival Film Pyongyang.

Film penting lain yang dibintangi Cheung pada periode itu adalah The Bride with White Hair (dengan Brigitte Lin, 1993), He's a Woman, She's a Man (bersama Anita Yuen, 1994), The Phantom Lover (1995), dan Viva Erotica] (bersama Shu Ki, 1996). Penampilannya di 3 film ini membuatnya meraih nominasi Aktor Terbaik dan Lagu Asli Terbaik serta memenangkan piala Lagu Asli Terbaik di Golden Horse Film Festival 1993. Sebagai aktor serba bisa, Cheung juga berakting di banyak komedi. Pada 1991, bekerja sama lagi dengan Chow Yun-Fat dan Cherie Chung, Cheung memerankan pencuri lukisan yang trampil dan menawan di John Woo's Once A Thief. Pada 1992 All's Well, Ends Well, dia berakting sebagai saudara laki-laki yang sedikit kewanita-wanitaan yang kemudian menyadari arti cinta sejati. Komedi terkenal lainnya adalah Eagle Shooting Heroes, It's a Wonderful Life, Long and Winding Road dan The Chinese Feast. Cheung juga menjadi daya tarik box office di Hong Kong; sejak 1990 sampai 1998, 13 dari 39 film yang dia perani terdaftar sebagai 10 besar film terlaris sepanjang tahun[12].

Meskipun Cheung berhenti sebagai penyanyi pada periode 1989 sampai 1995, dia melanjutkan karier musiknya sebagai pencipta lagu. Dia menciptakan lebih dari 10 lagu pada saat itu. Pada 1993, dia memenangkan piala Lagu Asli Terbaik di Festival Film Golden Horse untuk theme song "Wajah Merah, Rambut Putih" dari film Bride with White Hair. Pada 1995, dia menciptakan ketiga lagu tema The Phantom Lover. Sebagai komposer, Cheung memenangkan empat nominasi Lagu Asli Terbaik pada Festival Film Golden Horse dan dua nominasi Lagu Asli Terbaik pada Festival Film Hong Kong.

Kembali ke musik[sunting | sunting sumber]

Pada 1995, Cheung menandatangi kontrak dengan Rock Records, kembali ke musik sebagai penyanyi. Pada tahun yang sama, dia merilis album pertama sejak dia kembali, Beloved. Beloved sukses besar di pasaran sehingga meraih IFPI Best Selling Album[13] [14], tetapi tidak menerima pujian kritikus karena album ini koleksi dari lagu tema film-film Cheung dari 1993 ke 1995. Pada 1996, Cheung merilis album ynag kemungkinan adalah albumnya yang paling dipuji kritikus, Red. Red adalah album leburan, memadukan jazz lembut, rock, R&B, hip hop, etc., dalam cantopop, membentuk gaya unik yang konsisten. Cheung sejak saat itu bekerja pada permusikan modern disamping cantopop, gaya musik barunya berbeda total dengan gaya musik awalnya sebelum pensiun pada 1989. Di album ini, Cheung menciptakan lagu penting pada karier musiknya, Red. Pada 1998, Cheung merilis album Mandarin (satu-satunya album Mandarin original Cheung, yang lain adalah verisi ulang dari Cantopop), Printemps.

Pada 1997, Cheung mengadakan konser pertama setelah kembali ke musik: World Tour 97, yang berlangsung sejak 12 Desember 1996 sampai 17 Juni 1997. Seperti perubahan pada gaya musiknya, Cheung memperkenalkan image panggung baru ke penonton. Yang paling berani kemungkinan adalah tarian penutup lagu "Red" dimana Cheung melakukan duet tango dengan sepatu merah hak tinggi bersama dengan penari pria macho . World Tour 97 terdiri dari 55 konser: 24 konser diadakan di Hong Kong Coliseum dan 31 konser diadakan di kota-kota lain di seluruh dunia. Di antaranya, enam konser diadakan di Jepang dan enam konser lain di daratan Cina. World Tour 97 adalah seri konser Cheung pertama pada dua area ini. Pada 1999, Cheung mendirikan perusahaan musiknya, Apex Music, dan menandatangani kontrak distribusi dengan Universal Music Group(UMG). Album penting yang dirilis melalui UMG adalah Count Down With You (1999), Big Heat (2000), dan Untitled (2000). Lagu-lagu hit yang dirilis pada masa itu adalah Passing-by Dragonfly, hit no.1 di semua radio Hong Kong, Big Heat, dan Left Right Hands, Top Ten Gold Song of the Year (1999). Dia juga merilis lagu I (pertama dirilis di album Big Heat), yang dipertimbangkan sebagai lagu yang mewakili dirinya. Pada 2000, Cheung dianugerahi Golden Needle award (pencapaian seumur hidup di musik Cantopop). Pada tahun yang sama, Cheung ditugaskan sebagi "Music Ambassador" oleh Composers And Authors Society of Hong Kong (CASH) sampai akhir hidupnya. Cheung juga menciptakan lagu theme song Noah's Ark, untuk CASH Golden Sail Award.

Tahun-Tahun berikut[sunting | sunting sumber]

Pada 2000, Cheung menyelenggarakan seri konser terakhinya, Passion Tour. Passion Tour terdiri dari 43 konser, berlangsung sejak 31 Juli 2000 sampai 16 April 2001. Konser ini bisa dipertimbangkan sebagai konser terbaiknya. Cheung bekerja sebagai pengarah seni untuk pertama kalinya disamping sebagai penyanyi utama konser. Dia mengundang Jean-Paul Gaultier untuk mendesain keseluruhan kostum konser. Akan tetapi kostum bersama wig panjang dan cambang, dikritik dengan pahit oleh media Hong Kong media pada awal konser. Cheung kemudian mengungkapkan bahwa Gaultier sangat marah karena kritik tersebut dan menyatakan dalam email (dikirim pada Cheung) bahwa dia tidak akan mau lagi mendesain kostum untuk penyanyi Asia. Meskipum dikritik oleh media Passion Tour meraih sukses besar. Passion Tour sangat disambut Jepang dan Cheung mengadakan 10 konser di sana. Ditotal dengan konser World Tour 97, Cheung memecahkan rekor penyanyi asing yang mengadakan 16 konser di Japan. Di Cina, Cheung menciptakan rekor mengadakan dua konser berturut-turut di Shanghai Stadium (berkapasitas 80,000). Dia juga dianugerahi "Grand Salute Award" (2000) oleh Mingpao Weekly (Hong Kong) dan "Music Salute Award" (2000) dari Chinese Pop Music Media Association (daratan Cina) atas kerjanya di Passion Tour.

Akhir era 1990-an, Cheung memulai memfokuskan untuk berakting pada peran-peran non-romance. Pada The Kid (1999, disutradarai oleh Jacob Cheung Chi-Leung), dia berperan sebagai orang tua tunggal seorang anak angkat yang dibuang ibunya sejak bayi. Pada action thriller Double Tap (2000, disutradarai oleh Lo Chi Leung), dia berperan sebagai pembunuh psikopat, Rick. Pada 2002 psycho thriller Inner Senses (disutradari oleh Lo Chi Leung), dia berperan sebagai psikolog Dr. Law, yang menemukan problem emosinya sendiri saat merawat pasiennya Yan (Kar Yan Lam). Peran-peran di film-film ini membuatnya meraih nominasi aktor terbaik di beberapa festival film. Pada periode ini Cheung mencoba menyutradarai. Pada 2000, dia menyutradarai film pertamanya, From Ashes to Ashes yang berdurasi 45 menit. Pada 2002, dia memulai menyutradarai film panjang pertamanya Stealing Heart. Film ini tidak terselesaikan karena problem kesehatan Cheung yang memburuk.

Orientasi Seks[sunting | sunting sumber]

Cheung dalam sebuah wawancara dengan majalah Time menyatakan dia bisa dipertimbangkan sebagai biseksual[15]: "Lebih bisa dikatakan bahwa saya adalah seorang biseksual. Saya punya pacar wanita. saat saya berumur sekitar 22, saya melamar pacar saya Teresa Mo (rekan kerjanya di ATV pada saat itu) untuk menikah." Meski banyak rumor di tabloid, dia menyangkal orientasi seksual pada awal kariernya. Setelah berimigrasi ke Canada (di Vancouver, British Columbia), dia mulai sedikit rileks. Pada awal 1990-an dia menjadi aktor Hong Kong pertama yang berani menerima peran sebagai gay.

Peran gay pertama Cheung adalah Cheng Dieyi di Farewell My Concubine (1993). Cheng Dieyi adalah pemain opera Beijing yang biasa disebut Dan (aktor yang memainkan peran wanita) yang jatuh cinta kepada aktor lawan mainnya. Di Wong Kar-wai's Happy Together (1997), Cheung memerankan peran gay lain, Ho Po-wing. Happy Together menampilkan adegan seks secara visual. Dia dinominasikan sebagai aktor terbaik baik di Festival Film Golden Horse dan Festival Film Hong Kong untuk perannya di Happy Together.

Pada 1995 sebuah tabloid Hong Kong memuat foto Cheung bersama Daffy Tong Hok-Tak. Pada konser 1997, Cheung secara terbuka mengumumkan bahwa Tong adalah orang yang paling dikasihinya setelah ibunya. Hong Kong media mempublikasikan itu sebagai hubungan antara dua pria dan memberi julukan pada Tong sebagai Tong Tong (untuk padanan Gor Gor). Setelah Cheung meninggal, keluarga Cheung mempublikasikan iklan kematian satu halaman, dimana Tong menempati posisi pasangan hidup. Tong, bersama dengan Ophelia, kakak Cheung yang tertua, juga ditunjuk sebagai pengambil keputusan semua hal yang menyangkut Cheung.

Meninggal[sunting | sunting sumber]

Cheung meninggal pada 1 April 2003. Dia meloncat dari lantai 24 Hotel Mandarin Oriental, yang terletak di distrik Central, Pulau Hong Kong. Dia meninggalkan catatan yang menyatakan bahwa dia menderita depresi. Dia berusia 46 tahun. Sebagai salah satu artis terpopuler di Asia, kematian Cheung mengagetkan industri hiburan Asian dan komunitas Cina seluruh dunia[16] [17][18][19][20][21][22].

Banyak rumor tentang penyebab kematiannya tersebar dengan cepat dan segera keluarga Cheung menghimbau mereka agar membiarkan Cheung beristirahat dengan tenang dan tidak membuat sensasi pada orientasi seksual Cheung atau alasan bunuh dirinya. Dini hari setelah kematian Cheung, partnernya, Tong, mengkonfirmasikan bahwa Cheung menderita (clinical) depression dan telah berobat ke psychiatrists selama setahun. Dia juga mengungkapkan bahwa Cheung sudah mencoba bunuh diri pada 2002. Lebih lanjut pada upacara kematian, keponakan Cheung menyatakan Cheung mengidap clinical depression dan sangat menderita selama setahun (2002-2003). Tidak menghiraukan risiko penyakit SARS dan peringatan WHO untuk perjalanan ke Hong Kong, puluhan ribu termasuk para selebriti dan penggemar, banyak yang dari luar negeri seperti Cina, Taiwan, Jepang, Asia Tenggara, Amerika Serikat dan Kanada menghadiri penghormatan terakhir Cheung, yang diadakan bagi publik pada 7 April 2003. Cheung dikremasi pada 8 April 2003. Sebulan penuh kematian Cheung mendominasi berita utama koran-koran Hong Kong dan lagu-lagunya secara konstan mengudara.

Album terakhir Cheung Everything Follows the Wind dirilis tiga bulan setelah kematiannya.

Surat terakhir Cheung (terjemahan): "Depresi! Terima kasih pada semua teman. Terima kasih pada Professor Felice Lieh-Mak (psychiatrist Cheung). Tahun ini begitu berat. Saya tidak bisa bertahan lagi. Terima kasih pada Tuan Tong. Terima kasih keluargaku. Terima kasih kakak Fei (Lydia Shum Din-ha). Dalam hidup saya tidak melakukan yang jahat. Mengapa harus berakhir seperti ini?"

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Penampilan panggung terakhir adalah konser Anita Mui tahun 2002 sebagai bintang tamu. Disana, dia bernyanyi duet lama yang direkam tahun 80-an dan lagu baru "Extinct Season of Glory".
  • Dia menyutradarai dan berakting di MTV lagu "Extinct Season of Glory".
  • Leslie Cheung adalah generasi pertama bintang Pepsi di Asia.
  • Memenangkan voting sebagai #1 pada Commercial Radios "Top 10 Most Beautiful People in Hong Kong."
  • Dikenal sebagai Bintang Hong Kong terfavorit di Jepang dan Korea Selatan.
  • Lagunya "Monica" dinobatkan sebagai "Lagu abad ini."
  • Dianugerahi gelar "Bintang Asia Terbesar" oleh CCTV-MTV di Beijing China.
  • Memenagkan gelar Aktor Paling Favorit pada peringatan 100 tahun perfilman Cina pada 2005.
  • Pada daftar "Top 100 Favorite movies of Chinese Cinema", dipilih oleh publik Hong Kong, 5 filmnya ada di 10 besar, dan 4 di antaranya ada di 5 besar(#1 - Farewell My Concubine, #2 - Days of Being Wild , #3 - A Better Tomorrow, #5 - Happy Together, #6 - Rouge)
  • Aktor Hong Kong pertama yang berkting di film daratan Cina, Farewell My Concubine (1993).
  • Mendukung organisasi sosial seperti Palang Merah Hong Kong, Children's Cancer Foundation Hong Kong, dan End Child Sexual Abuse Foundation.
  • Juri pada Tokyo International Film Festival 1993 dan Berlin International Film Festival 1998.
  • Terpilih sebagai pemenang "10 Hottest Celebrities of the Millennum" di Hong Kong.
  • Pada 2000, banyak websites dan surat kabar melaporkan bahwa Leslie Cheung, Brigitte Lin, Zhu Ling Ling and Michelle Reis terpilih sebagai Four Peerlessly Beautiful di Hong Kong. Di antara mereka Cheung adalah lelaki satu-satunya.
  • Patung lilinnya di Madame Tussauds Hong Kong dipajang mulai 1 April 2004 (1 tahun peringatan kematiannya). Patung ini diletakkan di bagian "Historical and National Heroes" (Cheung adalah satu-satunya penyanyi / aktor di ruang ini). Patung ini dibuat mirip peran terkenal Cheung sebagai pemain opera Beijing Cheng Dieyi di film Farewell My Concubine
  • Pada riset Hong Kong tahun 2006 mengenai bunuh diri selebriti dinyatakan kematian Cheung mungkin berakibat negatif pada penduduk yang depresi pada periode SARS, April 2003, ada 134 kasus bunuh diri di Hong Kong (Populasi Hong Kong 6,9 juta). Di antaranya, 13 menyebut Cheung di surat terakhir mereka. Tetapi statistik menunjukkan angka bunuh diri sebelum dan sesudah April 2003 tetap konsisten. Hasil riset tidak mempertimbangkan efek SARS dan tekanan ekonomi pada angka bunuh diri. [31]
  • Untuk mengenang Cheung, beberapa penggemar menyumbang kursi taman denagn nama Cheung di tempat mereka tinggal, seperti Taman Hibiya di Tokyo dan Taman Stanley di Vancouver.
  • Cheung dikenal sebagai"Elvis dari Hong Kong". Tahun saat Elvis Presley meninggal adalah tahun saat Cheung memulai karier sebagai penyanyi.

Daftar Prestasi[sunting | sunting sumber]

Daftar Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • RTV Asian Song Contest Runners-up with the song "American Pie" 1977
  • Overseas Chinese Daily News The Best Newcomer Award 1977
  • RTHK 7th edition Top Ten Chinese Gold Songs Award winner with the song Monica 1984
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Award winner with song Monica 1984
  • Commercial Radio 5th Chinese Pop Songs Award winner 1984
  • RTHK 8th edition Top Ten Chinese Gold Songs Award winner with song Unruly Wind 1985
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Award winner with song Unruly Wind 1985
  • Commercial Radio 6th Chinese Pop Songs Award winner 1985
  • RTHK 9th edition Top Ten Chinese Gold Songs Award winner with song Who Will Echo With Me 1986
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Award winner with songs Who Will Echo With Me and "Love of Yester Years" 1986
  • Commercial Radio 7th Chinese Pop Songs Award winner 1986
  • RTHK 10th ed. Top Ten Chinese Gold Songs Award Sleepless Night. Summer Romance is also the Best Selling CD of the year and IFPI Best Selling Album in 1987
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Award winner Sleepless Night and Summer Romance CD
  • RTHK 11th ed. Top Ten Chinese Gold Songs Award winner with two songs 1988
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Award winner and Most Popular Male Singer 1988
  • Commercial Radio Ultimate Song Chart Male Gold Award winner 1988
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Award winner with "Silence is Golden" and also winner of the Most Popular Male Singer 1989
  • Commercial Radio Ultimate Song Chart Male Gold Award 1989 winner LESLIE album is also the IFPI Best Album of the Year
  • IFPI Best Selling Album for Beloved 1995
  • RTHK Millennium Gold Song Award for MONICA 1999
  • CRHK Ultimate Song Chart Awards Top Ten Albums for Countdown With You 1999
  • CRHK Ultimate Song Chart Awards Best Song Award for Left Right Hand 1999
  • Metro Radio Hit Music Awards Best Song Award for Left Right Hand 1999
  • Metro Radio Hit Music Awards Top Ten Best Hits for Left Right Hand 1999
  • TVB Jade Solid Gold Best Ten Awards Music Salute Award 2000
  • RTHK Golden Needle Award (lifetime achievement award in Cantopop) 2000
  • RTHK 23rd edition Top Ten Chinese Gold Songs Award winner with song 2000
  • Commercial Radio Ultimate Song Chart Gold Song of the Year winner with song 2000
  • Metro Radio Song Chart of the Year and Gold Song of the Year winner with 2000
  • Mingpao Weekly Outstanding Male Singer Award winner 2000
  • Ming Pao Weekly Grand Salute Award for Passion Tour Concerts 2000
  • Joint Award by RTHK, CR, TVB & Metro Radio for the Best Album of the Year winner with album Untitled 2001
  • China's Original Music Award winner 2001
  • Chinese Pop Music Media Awards Best Male Singer Award 2001
  • Chinese Pop Music Media Awards Best Concert Award for Passion Tour Series 2001
  • Chinese Pop Music Media Awards Top Ten Chinese Songs for Passing Dragonfly 2001
  • "Sprite My Choice" China Original Music Pop Chart Awards Golden Song Award for Big Heat 2001
  • "Sprite My Choice" China Original Music Pop Chart Awards Millennium
  • Outstanding Achievement Award 2001
  • RTHK Top Ten Chinese Gold Songs Awards Silver Jubilee Award of Excellence 2002
  • Chinese Pop Music Media Awards Lifetime Achievement Award 2003
  • Chinese Pop Music Media Awards Top Ten Chinese Songs for So Far So Close 2003
  • CASH My All-time Favorite Song for I 2003
  • CASH Golden Sail Music Awards Best Alternative Composition for So Far So Close 2003
  • Hong Kong Film Awards winner Best Actor for Days of Being Wild 1991
  • Taiwan Golden Horse Film Festival winner Best Original Movie Song for the Theme Song of the Bride of White Hair 1993
  • Chinese Performance Art Association Special Achievement Award for Farewell My Concubine
  • Japanese Critic Society Best Actor Award (Foreign Movie) for Farewell My Concubine 1994
  • Hong Kong Film Awards Best Original Film Song Award for Chase
  • Winner of HK Film Critics Society Best Actor Award for Ashes of Time 1994
  • Taiwan Golden Horse Awards, Udn, Phoenix TV, and World Journal Global Top Ten Chinese Movie Stars Award 1996
  • Ming Pao Weekly Performing Arts Awards Most Outstanding Actor Inner Senses 2002
  • Nikkei Entertainment Japan Top Ten Best Actors in Asia 2004
  • NHK Japan Top Ten Favorite Movie Stars 2006
  • Hong Kong Film Awards Eternal Glory Performing Arts Award 2004
  • Hong Kong Film Awards Most Favorite Actor Award in 100 Years of Chinese Cinema 2005
  • Hong Kong Film Awards Silver Jubilee Best Actor Award 2006
  • Standard Chartered Hong Kong Platinum Multi-Talented Award 2000
  • CCTV-MTV Music Awards Biggest Asian Artist Award 2000
  • Sina China Top 20 Cultural Idols of the 20th Century 2003
  • City of Smile Hong Kong Top 10 Celebrities With the Most Beautiful Smile 2003
  • Sina China Most Missed Artist 2007
  • Sohu China "Remembering My 1997" Most Memorable Celebrity 2007

Diskograpi[sunting | sunting sumber]

  • I Like Dreamin' 1977
  • Day Dreamin' 1977
  • Lover's Arrow 1979
  • The Wind Blows On 1983
  • Craziness 1983
  • Leslie (Monica) 1984
  • Summer Best Collection - All Because of You 1985
  • For Your Love Only 1985
  • Leslie Cheung (Allure me) 1986
  • Stand Up 1986
  • The Past Love 1986
  • Admire 1987
  • Summer Romance'87 1987
  • Hot Summer 1988
  • Virgin Snow 1988
  • Leslie '89 ('Side Face' or 'Profile') 1989
  • Salute'89 1989
  • Final Encounter 1989
  • Dreaming 1990
  • Beloved 1995
  • Red 1996
  • FROM NOW ON (single) 1996
  • Printemps 1998
  • All These Years (EP) 1998
  • Count Down With You 1999
  • Big Heat 2000
  • Leslie Untitled (EP) 2000
  • Leslie Forever 2001
  • Crossover 2002
  • Everything Follows the Wind 2003

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kevin Thomas, "A Career In Full Plumet", Los Angeles Times, June 22, page 6, 1997 [1].
  2. ^ Michel Ciment, Hubert Niogret, "Interview of Leslie Cheung", Positif no. 455/1999, Berlin, conducted on 21 February 1998
  3. ^ Chitose Shima, "Leslie Cheung Interview", All About Leslie, P25-40, Saangyo Henshu Center Co., Ltd., Tokyo, Japan, 1999, ISBN 4-916199-10-3
  4. ^ Richard Corliss, "Forever Leslie", Time Asia, vol. 157, No. 18, May, 2001, [2]
  5. ^ Richard Corliss, "Forever Leslie", Time Asia, vol. 157, No. 18, May, 2001, [3]
  6. ^ Michel Ciment, Hubert Niogret, "Interview of Leslie Cheung", Positif no. 455/1999, Berlin, conducted on 21 February 1998
  7. ^ Chitose Shima, "Leslie Cheung Interview", All About Leslie, P25-40, Sangyo Henshu Center Co., Ltd., Tokyo, Japan, 1999, ISBN 4-916199-10-3
  8. ^ Simon Broughton, Mark Ellingham, "World Music Volume 2: Latin and North America, Caribbean, India, Asia and Pacific", P54., BBC Radio, ISBN 1-85828-636-0
  9. ^ Leslie Cheung Memorial Scholarship: [4]
  10. ^ The Best 100 Chinese Motion Pictures, [5]
  11. ^ "A Better Tomorrow" [6]
  12. ^ "1990-99 Box Office Ranking for Chinese Movies in Hong Kong" ("1990-99年历年华语片票房排名") [7]
  13. ^ Leslie Cheung's Beloved are sold more than 300,000, Min Pao Weekly, Oct. 28, 1995, see[8]
  14. ^ Achievements of Leslie Cheung, [9]
  15. ^ Corliss, R. (2001). "Forever Leslie", Time Magazine Asia Edition. [10], Retrieved December 17, 2005,
  16. ^ Corliss, R. (2003). That old feeling: Days of being Leslie. Time Magazine Asia Edition. Retrieved December 17, 2005, from [11]
  17. ^ Stephen Kelly, ""WHY DOES IT HAVE TO BE LIKE THIS?" Leslie Cheung, 1956-2003", [12], 8 May 2003
  18. ^ "Leslie Cheung Kwok-Wing commits suicide.", Hong Kong Entertainment News in Review (2003), [13], Retrieved December 17, 2005
  19. ^ "Actor Leslie Cheung 'found dead'", BBC, Apr. 1, 2003, [14]
  20. ^ "Activities to Commemorate Leslie Cheung", Xinhua, Apr. 2, 2005, [15]
  21. ^ Yu Sen-lun, "The Leslie Cheung Legend Lives on", TaiPei Times, Apr. 10, 2003, [16]
  22. ^ Bruce Einhorn, "Hong Kong: A City in Mourning", BusinessWeek, Apr. 14, 2003, [17]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Penghargaan Perfilman Hong Kong untuk Aktor Terbaik
1991
untuk Days of Being Wild
Diteruskan oleh:
-
Didahului oleh:
Anita Mui
Golden Needle Award of RTHK Top Ten Chinese Gold Songs Award
1999
Diteruskan oleh:
Jacky Cheung