Once a Thief (film 1991)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Once a Thief
Berkas:Onceathiefwooposter.jpg
SutradaraJohn Woo
ProduserTerence Chang
Linda Kuk
Ditulis olehJanet Chun
Clifton Ko
John Woo
PemeranChow Yun-Fat
Leslie Cheung
Cherie Chung
Kenneth Tsang
Penata musikLam Man-Yee
SinematograferPoon Hang-Sang
William Yim
PenyuntingDavid Wu
DistributorGolden Princess Film Production Limited
Tanggal rilis
Hong Kong 2 Februari 1991
Amerika Serikat 14 Januari 1994
Jepang 20 Juli 1997
Prancis 22 Juli 1999
Durasi103 menit
NegaraHong Kong Hong Kong
BahasaKantonis
Prancis
Inggris
Hakka

Once a Thief (Hanzi tradisional: 縱橫四海; Hanzi: Zong heng si hai) adalah sebuah film aksi-komedi-kriminal tahun 1991. Film ini disutradarai dan ditulis oleh John Woo dengan co-penulis Janet Chun dan Clifton Ko. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Tionghoa: Chow Yun Fat, Leslie Cheung, Cherie Chung, Kenneth Tsang, Paul Chu Kong, dan masih banyak lagi. Film ini memenangkan sembilan Penghargaan Perfilman Hong Kong tahun 1992, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, dan Penyuntingan Film Terbaik.

Meskipun urutan tindakan cukup setia ke koreografi khas Woo, relief komik dan suasana umum membedakannya dari karya-karyanya grittier, seperti film sebelumnya, Bullet in the Head (1990). Penggemar film berdarah John Woo mungkin menemukan campuran aneh dari mo lei tau seperti Stephen Chow agak membingungkan. Meskipun demikian, upaya Woo untuk membuat sesuatu lebih ringan di tengah serial di film darah heroik diterjemahkan ke sedikit dari sukses box office di Hong Kong.

Once a Thief meraup HK$33.397.149 di box office Hong Kong.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita ini dari tiga anak yatim (Chow Yun-Fat, Leslie Cheung, Cherie Chung) dan dua sosok ayah (Kenneth Tsang dan Paul Chu). Mereka diambil oleh bos penjahat kaya (Tsang) yang mengarah ke persahabatan dekat mereka, dan seorang polisi jenis (Chu). Namun, ketiganya tumbuh metode pembelajaran berteknologi tinggi pencurian dan mengkhususkan diri pada mencuri lukisan berharga. Setelah pencurian di Prancis berjalan kacau, karakter Chow dianggap mati dan Leslie berlangsung Chow sebagai kekasih Cherie. Namun, Chow kembali di kursi roda dan kelompok dimulai perencanaan pencurian berikutnya untuk diri mereka sendiri, jatuh dari nikmat dengan Tsang, dan berbagai komplikasi dan pertempuran senjata terjadi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Aktor / Aktris Karakter
Chow Yun-Fat Joe
Leslie Cheung Jim
Cherie Chung Cherie
Kenneth Tsang Mr Chow
Chu Kong Mr Chu
Woo Fung Stanley Wu
Pierre Yves Burton Mr Burton
Leila Tong Cherie (anak)
Declan Wong Pelempar kartu
David Wu Juru lelang
John Woo

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Menang

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]