Luitpold III dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Leopold III dari Austria)
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Luitpold
Patung Luitpold di sisi kapel Santo Luitpold, lorong selatan Stephansdom.
Lahir 1073, Melk, Austria
Wafat 15 November 1136, Biara Klosterneuburg, Niederosterrich, Austria
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Dikanonisasikan 6 Januari 1485 oleh Paus Innosensius VIII
Hari peringatan 15 November
Atribut model gereja
Pelindung Austria; Wina; Austria Hilir; Kematian Anak-anak, Keluarga besar, Orangtua angkat.

Santo Luitpold atau Luitpold III (1073 – 15 November 1136) merupakan seorang Markgraf dari Austria pada tahun 1095–1136. Ia merupakan salah satu Santo pelindung Austria, kota Wina, Austria Hilir dan Austria Hulu. Hari peringatannya jatuh pada tanggal 15 November.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Luitpold dilahirkan di Melk, putra Markgraf Luitpold II dan Ida dari Cham. Ia menikah sebanyak dua kali. Istri pertamanya diduga berasal dari keluarga von Perg, yang meninggal pada tahun 1105. Istri keduanya adalah Agnes, janda saudari Kaisar Heinrich V, Kaisar Romawi Suci yang ia dukung melawan ayahnya Heinrich IV. Koneksi dengan Salian meningkatkan martabat Wangsa Babenberg, yang mana hak-hak penting kerajaan margravate di Austria diberikan. Juga, Agnes memiliki pengaruh koneksi melalui pernikahannya yang sebelumnya, satu dari putranya menjadi Konrad III dari Jerman.

Luitpold menyebut dirinya sendiri "Princeps Terræ", yang berarti suatu cermin kemerdekaan wilayahnya. Ia dianggap sebagai seorang calon di dalam pemilihan Kaiser Kekaisaran Romawi Suci pada tahun 1125, namun menolak penghargaan tersebut.

Ia terutama dikenang pembangun negara dan khususnya membangun beberapa biara. Yayasan terpentingnya adalah Klosterneuburg (1108). Menurut legenda, Santa Perawan Maria menampakkan diri dihadapannya dan memimpinnya ke tempat dimana ia menemukan cadar istrinya Agnes, yang telah hilang selama beberapa tahun sebelumnya. Ia mendirikan sebuah biara Klosterneuburg disana. Ia akhirnya mengembangkan tempat tersebut untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya.

Luitpold juga mendirikan biara-biara Heiligenkreuz, Kleinmariazell dan Seitenstetten yang perkembangan wilayahnya sebagian besar masih tertutup dengan hutan. Atas seluruh hal-hal tersebut membuat gereja untuk mentahbiskannya pada tahun 1485.

Luitpold juga memupuk perkembangan kota-kota, seperti Klosterneuburg, Vienna dan Krems. Kota yang terakhir diberikan hak untuk mencetak uang logam namun tidak pernah mencapai hal penting.

Tulisan-tulisan Heinrich dari Melk dan Ava dari Göttweig, yang merupakan teks-teks sastra pertama dari Austria pada era Luitpold.

Ia dimakamkan di Biara Klosterneuburg, yang didirikannya. Tengkoraknya disimpan di dalam sebuah wadah bersulam, yang menampakkan dahinya mengenakan mahkota adipatinya.

Pada tahun 1663, dibawah pemerintahan Kaisar Luitpold I, ia diumumkan sebagai santo pelindung Austria daripada Santo Koloman.

Joseph dan Michael Haydn bersaudara, yang masing-masing bernyanyi di dalam kor Gereja St. Stephen, keduanya bernyanyi bersama di Klosterneuburg pada hari itu. Joseph Haydn kemudian menjadi seorang penggubah yang terkenal. Michael Haydn kemudian (1805) menulis sebuah Misa untuk menghormati Luitpold, Missa sub titulo Sancti Leopoldi.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Dengan pernikahan pertamanya, kemungkinan dengan seorang wanita dari keluarga Perg:

  • Adalbert, Markgraf (1136-1137), meninggal 1137
Plak peringatan di Leopoldsberg

Dengan istri keduanya, Agnes dari Jerman, janda Friedrich I dari Swabia:

Menurut Continuation of the Chronicles of Klosterneuburg, masih terdapat tujuh anak lainnya (kemungkinan dari kelahiran kembar) yang mati muda atau meninggal pada saat lahir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Karl Lechner, Die Babenberger, 1992.
  • Brigitte Vacha & Walter Pohl, Die Welt der Babenberger: Schleier, Kreuz und Schwert, Graz, 1995.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Luitpold III dari Austria
Lahir: 1073 Wafat: 1136
Jerman
Didahului oleh:
Luitpold II
Markgraf Austria
1095–1136
Diteruskan oleh:
Luitpold IV