Coloman dari Stockerau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Coloman
Lahir abad ke-10, Irlandia
Wafat 18 Oktober 1012, Stockerau
Dihormati di Katolik Roma
Tempat ziarah utama Biara Melk
Hari peringatan 13 Oktober
Atribut rahib peziarah dengan tali di tangannya; yang digambarkan sedang digantung di tiang gantungan; penjepit dan batang; pastor dengan sebuah buku dan maniple.
Pelindung Austria; Melk; pelindung orang yang digantung, ternak yang bertanduk, dan kuda-kuda; dipanggil melawan wabah dan untuk suami-suami oleh perempuan yang menikah; dipanggil melawan yang digantung; dipanggil melawan encok[1]

Santo Coloman (Koloman, Colman, Colomannus) dari Stockerau (dari Melk) (wafat 18 Oktober 1012) merupakan seorang santo Gereja Katolik. Ia adalah seorang rahib baik Irlandia atau bangsa Skotlandia asli dan garis keturunan kerajaan yang dituduh sebagai mata-mata ketika ziarah ke Yerusalem. Ia dihentikan dan dibunuh di Stockerau, yang terletak sekitar 15 mil dari Wina, pada saat terjadi perang terus-menerus di antara Austria, Moravia, dan Bohemia.

Coloman tidak berbicara Jerman, jadi ia tidak dapat membela dirinya sendiri. Ia digantung bersama beberapa perampok setelah disiksa.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Sarkofagus Coloman. Biara Melk, Austria.

Pada tahun 1015, reliknya dipindahkan ke Biara Melk oleh Uskup Megingard atas permintaan Marquis Santo Henry dari Austria. Coloman menjadi obyek kultus populer dan banyak gereja dan kapel di Austria, Swabia, Palatinate, Hongaria, dan Bayern didedikasikan kepadanya. Ia juga dihormati di Irlandia.

Legenda menyebutkan bahwa jenazah Coloman tidak rusak selama 18 bulan, dan tidak diganggu oleh burung-burung dan binatang-binatang. Perancah itu sendiri dikatakan menjadi akar dan tumbuh dengan ranting yang hijau, dimana yang satunya disimpan dibahwa altar tinggi gerea Fransiskan di Stockerau.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • The Incorruptibles

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]