Austria Hulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Austria Hulu
Oberösterreich
Bendera Austria Hulu
Lambang resmi Austria Hulu
Location of Austria Hulu
NegaraAustria
Ibu kotaLinz
Luas
 • Total11.981,92 km2 (462,625 sq mi)
Populasi
 • Total1.505.140
 • Kepadatan1,3/km2 (3,3/sq mi)
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode ISO 3166AT-4

Austria Hulu (Jerman: Oberösterreich [ˈoːbɐˌʔøːstɐʁaɪç] ; Bavarian: Obaöstareich) adalah sebuah negara bagian di Austria yang memiliki luas wilayah 11.982 km² dengan populasi sekitar 1,5 juta jiwa (2001). Ibu kotanya ialah Linz. Austria Hulu berbatasan dengan Bavaria (Jerman), Bohemia Selatan (Republik Ceko), Austria Hilir, Styria, dan Salzburg. Nama negara bagian ini berasal dari nama wilayah pendahulunya, Kadipaten Utama Austria di hulu Enns, salah satu wilayah warisan Wangsa Habsburg.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lanskap[sunting | sunting sumber]

Austria Hulu terbagi atas tiga wilayah alami yang luas. Dari utara ke selatan di Austria Hulu, terdapat pembagian tripartit lanskap-geologis, yang berlanjut ke barat ke Bavaria di satu sisi dan ke timur ke Austria Hilir di sisi lain.

  • Mühlviertel, di utara Sungai Danube dan empat bagian di selatan sungai termasuk dataran tinggi granit dan gneiss (Bohemian Massif), merupakan lanskap pegunungan rendah yang khas yang tingginya semakin naik ke arah utara. Di dekat perbatasan barat laut Austria Hulu, dekat tripoin Jerman-Republik Ceko-Austria, negara bagian ini berbagi wilayah Hutan Bohemia dengan Gunung Plöckenstein.
  • Di selatan Sungai Danube adalah bagian wilayah dari kaki bukit utara Pegunungan Alpen (kaki bukit Alpen Austria Hulu), sebagian hutan datar, sebagian hutan berbukit, dan padang rumput dengan pertanian yang gentur. Bagian wilayah ini menempati sebagian besar wilayah negara bagian. Di sebelah barat terdapat Hausruck, rangkaian perbukitan yang sebagian berhutan; di sebelah baratnya adalah Hutan Kobernauss, yang berbeda dengan Hausruck, hutannya masih sangat lebat.
  • Bagian Pegunungan Alpen dibagi menjadi Pegunungan Alpen Austria Hulu (bagian Pegunungan Alpen Salzburg-Austria Hulu yang membentang antara Salzach dan Enns) dan bagian Eisenwurzen dari Enns ke arah timur (Pegunungan Alpen Ybbstal), dan terletak di dua wilayah penting, Salzkammergut dan Pyhrn-Eisenwurzen.

Titik tertinggi negara bagian ini adalah Hohe Dachstein (2995 meter) di wilayah ujung selatan, yang juga merupakan satu-satunya daerah gletser di Austria Hulu. Karena perbatasan dengan Steiermark terletak di punggungan Batu Kapur utama, gunung tertinggi yang seluruhnya berada di wilayah Austria Hulu adalah Großer Priel dengan ketinggian 2515 meter.

Titik terendahnya adalah bagian Sungai Danube yang masuk ke wilayah Austria Hilir, di sebelah timur Machland di pintu masuk ke Nibelungengau.

Budaya dan pemandangan[sunting | sunting sumber]

Negara bagian Austria Hulu mengoperasikan sejumlah institusi budaya seperti Museum Negara Bagian Austria Atas atau Teater Negara di Linz. Ars Electronica, festival internasional terbesar untuk seni digital, diadakan di ibu kota negara bagian ini setiap tahun sejak 1979, diprakarsai oleh ORF Austria Hulu dan Brucknerhaus di Linz.

Biara dan gereja[sunting | sunting sumber]

Biara Kremünster

Terdapat banyak biara di Austria Hulu yang selalu menjadi pusat kebudayaan. Yang paling terkenal adalah Biara Sankt Florian, Biara Wilhering, dan Biara Kremsmünster, serta Biara Schlägl, Schlierbach, Reichersberg, Engelszell, dan Lambach.