Leo Beenhakker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leo Beenhakker.

Leo Beenhakker (lahir di Rotterdam, Belanda, 2 Agustus 1942; umur 72 tahun) adalah pelatih sepak bola internasional asal Belanda yang juga pelatih kepala tim nasional sepak bola Polandia sejak Juli 2006 hingga September 2009. Sebelumnya dari Mei 2005 hingga Juni 2006 ia melatih tim nasional sepak bola Trinidad dan Tobago.

Ia juga melatih beberapa klub seperti Ajax Amsterdam, Feyenoord, Real Madrid, Real Zaragoza dan Club América di Meksiko. Ia juga pernah melatih tim nasional sepak bola Arab Saudi dan tim nasional sepak bola Belanda. Ia melatih Trinidad dan Tobago yang dijuluki Soca Warriors di babak kualifikasi dan untuk pertama kalinya meloloskan negara tersebut ke ajang Piala Dunia yaitu Piala Dunia 2006. Namun di ajang tersebut Soca Warriors seri 0-0 dengan Swedia, kalah 0-2 masing dari Inggris dan Paraguay di penyisihan grup B Piala Dunia 2006, Walaupun begitu menjadi bagian bersejarah bagi persepak bolaan negeri tersebut.

Dari 2000 sampai 2003 Beenhakker menjadi direktur teknik di klub Ajax. Yaitu di era pelatih Co Adriaanse dan Ronald Koeman.

Karena ia aktif juga di persepak bolaan Spanyol ia mempunyai panggilan "Don Leo". Ia juga pelatih yang mempunyai rasa selera humor.