Lenka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lenka
Lenka
Summersonic.jpg
Lenka pada Summer Sonic festival di Tokyo, Jepang
Latar belakang
Nama lahir Lenka Kripac
Nama lain Lenka
Lahir 19 Maret 1978 (umur 36)
Bendera Australia New South Wales, Australia
Genre Indie pop, Pop
Pekerjaan penyanyi, penulis lagu, aktris
Instrumen Vokal, piano, trompet
Tahun aktif 2008-sekarang
Label Sony Music, Epic Records
Artis terkait Decoder Ring
Situs web [1]

Lenka Kripac (lahir 19 Maret 1978; umur 36 tahun) merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Australia. Dia dikenal di dunia musik dengan nama Lenka. Dia menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu Australia, dikenal karena lagunya " The Show "dari album Lenka , yang dalam iklan, termasuk untuk Old Navy. Sebelumnya dikenal di Australia sebagai aktris, ia telah muncul dalam serial televisi dan film Australia dan.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Anak perempuan dari seorang ayah musisi jazz yang berimigrasi ke Australia dari lalu-Cekoslovakia dan ibu guru Australia, Lenka lahir dan dibesarkan di " the bush ", sampai usia tujuh tahun ketika keluarganya pindah ke Sydney, di mana dia menerima pendidikan dan pelatihan musik, dan mulai bekerja sebagai seorang musisi.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Akting[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang remaja Lenka belajar akting di Teater Australia Untuk Young People, di mana ia dilatih dengan aktris Cate Blanchett di sekolah. Lenka membintangi serial drama TV ABC Australia GP sebagai Vesna Kapek pada 1990-an. Dia juga host Cheez TV dan bintang tamu dalam serial TV Australia lainnya termasuk sebagai Home And Away , Wild Side, Head Start, dan Spellbinder. Dia muncul dalam film Australia The Dish Lost Things dan, serta dalam produksi teater.

Musik[sunting | sunting sumber]

Decoder Ring[sunting | sunting sumber]

Lenka saat melakukan Hotel Cafe Tour di Portland, Oregon.

Sebagai Lenka Kripac, dia adalah anggota dari Australia band elektronik -rock crossover, Decoder Ring untuk dua album mereka. Dia kemudian pindah ke California pada tahun 2007.

Karier solo[sunting | sunting sumber]

Setelah mengadopsi nama depannya sebagai nama satu-satunya artistik ("Lenka" adalah nama umum untuk gadis Slavia, dan "Elena" nama umum untuk gadis kecil dari Slavia), Lenka merilis debut albumnya pada tanggal 24 September 2008, dengan memilih "The Show" untuk menjadi rilis single pertama. Albumnya pada waktu itu berada di urutan 142 pada tangga lagu Billboard 200 Amerika.

Lenka menciptakan jenis kertas seni stop-motion video musik animasi untuk masing-masing single-nya dengan James Gulliver Hancock, seorang seniman visual dari Australia. Munculnya anak kecil untuk semua video musiknya dilakukan sengaja oleh duo. Gaya vokalnya merupakan penjajaran pop dan berlapis, pengaruh rumit.

Dia disediakan vokal di dua lagu ("Addicted" dan "Sunrise") pada artis Jerman Schiller album 's Atemlos , dirilis di Jerman pada tanggal 12 Maret 2010.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Album Hits Singel Cover
2008 Lenka

"The Show"

Lenka-150x150.jpg
2009

"Trouble Is a Friend"

2011 Two

"Heart Skips a Beat"

Lenka-Two-Cover-150x150.jpg

"Two"

2012

"Everything At Once"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bio". The Official Lenka Site. Sony Music Entertainment. Diakses 18 Mei 2010. 

Prana luar[sunting | sunting sumber]