Portal:Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portal Australia

Selamat datang di Portal Australia
Bendera Australia.

Lokasi di peta dunia

Persemakmuran Australia adalah sebuah negara di belahan bumi selatan yang juga menjadi nama benua terkecil di dunia. Wilayahnya mencakup seluruh benua Australia dan beberapa pulau di sekitarnya. Negara ini identik dengan binatang kangguru. Ibu kotanya terletak di Canberra dan kota-kota besarnya adalah Sydney dan Melbourne serta Adelaide, Brisbane, dan Perth. Di daerah gurunnya yang luas, jumlah penduduk sangat sedikit.

Australia, walaupun terletak di dekat Asia, lebih sering disebut sebagai bagian dari dunia Barat karena kehidupannya yang mirip Eropa Barat dan Amerika Serikat. Penduduknya pun sebagian besar kulit putih. Pada tahun 2000, di Sydney diselenggarakan Olimpiade 2000.

Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Cerita-cerita zaman Romawi tentang Terra Australis Incognita atau "Daerah di selatan yang tidak diketahui" adalah sesuatu yang umum di zamannya namun istilah tersebut tidak menunjuk langsung pada Australia.

Artikel pilihan

sunting

Sydney Opera House

Sydney adalah kota terbesar di Australia, dan ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan 4.34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. Penduduknya disebut Sydneysiders, dan Sydney dijuluki sebagai "the Harbour City" (Kota Dermaga), "the City of Villages" (Kota Desa-Desa) dan "the Emerald City" (Kota Zamrud). Sydney merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran ke Australia.

Sydney dianggap sebagai sebuah kota dunia A+, berdasarkan daftar kelompok Universitas Loughborough tahun 2008 dan menempati peringkat ke-16 di antara kota global berdasarkan Global Cities Index tahun 2008 oleh Foreign Policy. Menurut survei biaya hidup Mercer, Sydney adalah kota termahal di Australia, dan termahal ke-66 di dunia. Sydney juga menempati peringkat ke-10 kota yang pantas dihuni di dunia menurut Mercer Human Resource Consulting dan The Economist. Sydney juga merupakan pusat keuangan internasional dan menempati peringkat ke-14 dari 50 kota keuangan global menurut Mastercard Worldwide Centers of Commercial Index (2007), dan peringkat ke-1 di Australia. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

sunting

Brisbane pada malam hari.


Brisbane adalah ibu kota negara bagian Queensland di Australia. Kota ini mempunyai penduduk sekitar 957.010 jiwa (Juni 2004) di pusat kota dan 1,77 juta jiwa di wilayah metropolitan. Brisbane mempunyai cuaca subtropis dengan musim panas yang panas dan lembap, dan musim dingin yang sejuk dan kering. Halilintar sering datang pada musim panas, dan pada masa tersebut Brisbane tak jarang juga diserang hujan batu, angin siklon dan kekeringan. Brisbane mempunyai sebuah bandar udara internasional, Bandara Internasional Brisbane. Dalam kota, transportasi umum yang tersedia adalah bus dan kereta api.

Australia dalam berita

sunting 2007

Wikinews
Wikinews berbahasa Inggris memiliki berita mengenai:
Tokoh Australia
Tahukah anda...

sunting

Kategori
Pembagian administratif Australia
Portal Geografi
Portal lain di Wikipedia
Australia dalam Proyek Wikimedia lainnya