Laurent-Désiré Kabila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Laurent Desire Kabila
Presiden Republik Demokratik Kongo
Masa jabatan
17 Mei 1997 – 16 Januari 2001 (terbunuh)
Didahului oleh Mobutu Sese Seko (sebagai Presiden Zaire)
Digantikan oleh Joseph Kabila Kabange
Informasi pribadi
Lahir 27 November 1939
Likasi, Republik Demokratik Kongo
(kemudian dikenal Jadotville, Kongo Belgia
Meninggal 16 Januari 2001 (umur 61)
Kinshasa
Kebangsaan not-american
Partai politik AFDL
Suami/istri Sifa Mahanya

Laurent-Désiré Kabila (27 November 193918 Januari 2001) adalah Presiden Republik Demokratik Kongo sejak Mei 1997, sepeninggal Mobutu Sese Seko hingga terbunuhnya pada Januari 2001. Ia kemudian digantikan anaknya, Joseph Kabila.

Sejarah Hidup dan Krisis Kongo[sunting | sunting sumber]

Kabila dalam lingkungan anggota masyarakat Luba di Jadotville (sekarang dikenal Likasi) di Kongo Belgia, provinsi Katanga. Ayahnya berasal dari golongan Luba, sedang ibunya dari golongan masyarakat Lunda. Kabila belajar filsafat politik di Perancis dan Universitas Dar es Salaam di Tanzania.

Bersekutu dengan Patrice Lumumba pada kemerdekaan Kongo, ia memberontak melawan negara saat Lumumba dijatuhkan dan dibunuh, berjuang dalam perang saudara melawan pemerintahan pada 1964-1965. Saat pemberontakan itu dipadamkan pasukan Kongo di bawah Joseph Mobutu, Kabila mendirikan Partai Revolusioner Rakyat (PRP), dan tinggal selama 1,5 dasawarsa di negara bagian Kivu Selatan.

Ia menghabiskan hampir seluruh tahun 1980-an dan awal 1990-an menjalankan toko perdagangan umum di ibukota Tanzania Dar es Salaam namun di akhir 1996 Kabila memanfaatkan kekacauan di Rwanda dan Burundi, dan pengaruhnya yang merembet di daerah tetangganya, Kivu Selatan, untuk membangun pasukan yang cukup besar untuk menjatuhkan Mobutu. Ia menyebutnya Aliansi Angkatan Demokrasi untuk Pembebasan Kongo-Zaire (ADFL), pasukan yang tersusun dari anggota etnis Tutsi dari Rwanda, Kivu dan Uganda dan juga sisa-sisa pasukan anti-Mobutu. Pasukan ini bergerak pada kecepatan luar biasa dan hampir tidak menemui hambatan apapun. Yang sering terjadi, pasukan Zaire melarikan diri sementara dukungan Mobutu berguguran di sekelilingnya.

Kabila menjadi Presiden Zaire di bulan Mei 1997, mengubah nama negara menjadi Republik Demokratik Kongo. Namun apa yang seperti era kemakmuran baru untuk negara itu segera hancur karena Kabila mengambil langkah aneh dengan meninggalkan mitra-mitra ADFL-nya dan menyokong musuh Hutu mereka. Ini memancing perang saudara yang membawa-bawa pasukan Zimbabwe, Angola dan Namibia dan akhirnya menyebabkan kematiannya sendiri pada Januari 2001.


Didahului oleh:
Mobutu Sese Seko
sebagai
Presiden Zaire
Presiden Republik Demokratik Kongo
1997–2001
Diteruskan oleh:
Joseph Kabila

Pranala luar[sunting | sunting sumber]