Larsen & Toubro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Larsen & Toubro
Publik
Kode emitenNSELT
BSE: 500510
Komponen BSE SENSEX
ISININE018A01030
IndustriKonglomerat
Didirikan07 February 1938; 86 tahun lalu (07 February 1938)
Mumbai, India
PendiriHenning Holck-Larsen,
Søren Kristian Toubro
Kantor
pusat
L&T House, Ballard Estate, ,
India[1]
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
A.M. Naik
(Chairman Grup)
S.N. Subrahmanyan
(CEO)
Produk
Pendapatan141.007 crore (US$20 miliar) (2019)[2]
16.325 crore (US$2,3 miliar) (2019)[2]
8.905 crore (US$1,2 miliar) (2019)[2]
Total aset279.134 crore (US$39 miliar) (2019)[2]
Total ekuitas62.374 crore (US$8,7 miliar) (2019)[2]
Karyawan
44.761 (2019[2])
DivisiLahan yasan, Teknologi, Rekayasa, Konstruksi, Manufaktur
Anak
usaha
L&T Infotech, L&T Technology Services, L&T Hydrocarbon Engineering, L&T Mutual Fund, Mindtree, L&T Finance Holdings
Situs webwww.larsentoubro.com

Larsen & Toubro Limited, atau lebih dikenal sebagai L&T adalah sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Mumbai, Maharashtra, India.[3] Perusahaan ini didirikan oleh dua orang insinyur asal Denmark yang mengungsi ke India.[4] Perusahaan ini bergerak di bidang rekayasa dasar dan berat, konstruksi, lahan yasan, produksi barang modal, teknologi informasi, dan jasa keuangan. Hingga tanggal 31 Maret 2018, L&T Group memiliki 93 anak usaha, 8 perusahaan terafiliasi, 34 joint venture, dan 33 perusahaan kerjasama operasional.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Larsen & Toubro didirikan pada tahun 1938 di Mumbai oleh dua orang insinyur asal Denmark, Henning Holck-Larsen dan Søren Kristian Toubro. Perusahaan ini awalnya merupakan perwakilan bagi sebuah produsen peralatan pengolahan susu asal Denmark. Kemudian, dengan pecahnya Perang Dunia II pada tahun 1939, impor pun dibatasi, sehingga perusahaan ini membuka sebuah bengkel kecil untuk menyediakan fasilitas perbaikan. Invasi Jerman di Denmark pada tahun 1940 membuat pasokan produk dari Denmark terhenti. L&T lalu membentuk Hilda Ltd yang bergerak pada sektor perbaikan kapal, dan kemudian juga mulai membuat kapal. L&T lalu melanjutkan pembangunan pabrik natrium karbonat milik Tata yang sempat terhenti karena insinyurnya yang berasal dari Jerman menjadi interniran.[6]

Pada tahun 1944, kedua pendiri perusahaan ini membentuk ECC (Engineering Construction & Contracts) untuk mengerjakan proyek konstruksi (saat ini, ECC merupakan divisi konstruksi dari L&T). L&T lalu mulai mengadakan sejumlah kolaborasi dengan perusahaan dari luar India. Pada tahun 1945, perusahaan ini menjadi perwakilan bagi sebuah asal Britania Raya yang memproduksi minyak terhidrogenasi, biskuit, sabun, dan kaca. Pada tahun 1945 juga, perusahaan ini menandatangani perjanjian dengan Caterpillar Tractor Company, untuk dapat memasarkan alat berat. Pada saat perang berakhir, banyak peralatan perang buatan Caterpillar dijual dengan harga murah, namun perusahaan ini belum mampu membelinya. Hal tersebut membuat kedua pendiri perusahaan ini ingin mengumpulkan lebih banyak modal, sehingga pada tanggal 7 Februari 1946, Larsen & Toubro Private Limited resmi didirikan.[6]

Setelah India merdeka pada tahun 1947, L&T membuka kantor di Calcutta (kini Kolkata), Madras (kini Chennai), dan New Delhi. Pada tahun 1948, perusahaan ini membeli 55 are lahan terbengkalai di Powai, Mumbai. Lahan ini kini menjadi lokasi pabrik utama L&T. Pada bulan Desember 1950, L&T resmi melantai di bursa saham dengan modal disetor sebesar 20 lakh (US$28,000). Omset L&T pada saat itu mencapai 1,09 crore (US$150,000). Pada tahun 1956, sebagian besar kantor L&T di Mumbai dipindah ke ICI House di Ballard Estate. ICI House kemudian dibeli oleh perusahaan ini untuk dijadikan kantor pusatnya, dan namanya pun diubah menjadi L&T House.[6]

Selama dekade 1960-an, joint venture yang dibentuk oleh perusahaan ini antara lain UTMAL (dibentuk pada tahun 1960), Audco India Limited (1961), Eutectic Welding Alloys (1962), dan TENGL (1963).[6] Largest Indian Engineering Service company.

Divisi operasi[sunting | sunting sumber]

L&T membentuk joint venture dengan SapuraCrest Petroleum Berhad asal Malaysia untuk menyediakan jasa ke industri konstruksi lepas pantai.[7] Joint venture ini memiliki dan mengoperasikan LTS 3000, sebuah kapal derek yang dapat digunakan untuk mengangkut barang berat dan menanam pipa.

Sementara itu, organisasi L&T Power dibagi menjadi proyek pembangkit listrik tenaga uap, tenaga gas, dan tenaga nuklir.[8] L&T memiliki dua joint venture dengan Mitsubishi Heavy Industries asal Jepang untuk memproduksi pendidih super kritis dan generator turbin uap.[9]

L&T merupakan salah satu dari lima perusahaan fabrikasi terbesar di dunia.[10] L&T memiliki sebuah galangan kapal yang dapat digunakan untuk membuat kapal dengan panjang hingga 150 meter dan berat hingga 20.000 ton[11] di kompleks rekayasa beratnya di Hazira, Gujarat. Galangan inipun digunakan untuk membuat kapal muatan berat khusus, pembawa CNG, kapal tanker bahan kimia, kapal pertahanan dan & para-militer, kapal selam, serta kapal khusus lain.

Divisi perancangan dari L&T ECC adalah EDRC (Engineering Design and Research Centre), yang menyediakan jasa konsultansi dan perancangan. EDRC pun mengerjakan rancangan dasar dan rancangan rinci untuk proyek residensial maupun komersial.

L&T Realty[sunting | sunting sumber]

L&T Realty adalah anak usaha L&T yang bergerak di pengembangan lahan yasan.[12][13] Perusahaan ini beroperasi di India bagian barat dan selatan, membangun perumahan, perkantoran, pertokoan, hingga pusat hiburan. Perusahaan ini memiliki lahan seluas 35 juta kaki persegi.[14]

L&T Technology Services[sunting | sunting sumber]

L&T Technology Services adalah sebuah perusahaan jasa rekayasa yang bergerak di sektor Rekayasa, Riset, dan Pengembangan. L&T Technology Services menawarkan jasa perancangan, pengembangan, dan pengujian untuk produk industrial, alat kesehatan, transportasi, antariksa, telekomunikasi, dan proses. Perusahaan ini melayani konsumen pada semua tahapan siklus hidup rekayasa produk, mulai dari konseptualisasi produk hingga implementasi produk. Jasa yang ditawarkan meliputi konsultansi, perancangan, pengembangan, pengujian, perawatan, dan integrasi ke pasar. L&T Technology telah melakukan penawaran umum perdana dengan menjual 10,4 juta lembar sahamnya dengan harga Rs.850 hingga Rs.860[15]

L&T Solar[sunting | sunting sumber]

L&T Solar mengerjakan proyek tenaga surya. Pada bulan April 2012, L&T menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar di India (40 MWp) yang dimiliki oleh Reliance Power di Jaisalmer, Rajasthan dalam waktu 129 hari.[16] Pada tahun 2011, L&T menjalin kemitraan dengan Sharp untuk menangani perekayasaan, pengadaan, dan pembangunan proyek tenaga surya, serta berencana untuk membangun PLTS dengan total produksi sekitar 100 MW dalam waktu 12 bulan ke depan di sejumlah kota besar.[17] L&T Infra Finance juga aktif dalam mendanai proyek tenaga surya di India.[18][19] Perusahaan ini dikendalikan oleh Rebel Enterprises

Listrik dan otomasi[sunting | sunting sumber]

L&T adalah sebuah produsen sistem dan produk listrik dan elektronik global. Perusahaan ini juga memproduksi papan saklar khusus untuk sektor industri, seperti pembangkitan listrik, petrokimia, kilang minyak, dan pabrik semen.[20] Pada segmen elektronik, L&T juga menawarkan sejumlah meteran dan menyediakan sistem otomasi kendali untuk industri.

Sistem dan peralatan medis[sunting | sunting sumber]

L&T mengoperasikan sejumlah fasilitas di Mysore sebagai bagian dari unit bisnis sistem dan peralatan medisnya. Pada bulan November 2012, L&T menjualnya ke Skanray Technologies Pvt Ltd. Saat ini, divisi Mysore L&T memproduksi meteran listrik satu fasa dan tiga fasa untuk dijual di India. Varian meteran ini antara lain Residensial, Industrial, Prabayar, dan Meteran Pintar. Meteran ini juga dilengkapi unit pelayanan relai.

Larsen & Toubro Infotech (LTI)[sunting | sunting sumber]

Larsen & Toubro Infotech Limited, menawarkan teknologi informasi, perangkat lunak, dan jasa dengan fokus pada manufaktur, perbankan, komunikasi, dan sistem tertanam. Perusahaan ini juga menyediakan jasa untuk rekayasa dan kecerdasan tertanam.

Produk permesinan dan industrial[sunting | sunting sumber]

L&T memproduksi, memasarkan, dan menyediakan jasa dukungan untuk permesinan konstruksi dan pertambangan, seperti penambang permukaan, ekskavator, mesin pemecah agregat, loader backhoe, dan pemadat getar; memasok mesin pengolah karet; serta memproduksi dan memasarkan katup industrial.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Contact L&T". www.larsentoubro.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 February 2017. Diakses tanggal 11 February 2017. 
  2. ^ a b c d e f "Larsen & Toubro Annual Report Fiscal Year 2019 Results" (PDF). larsentoubro.com. Larsen & Toubro. February 4, 2019. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-09-30. Diakses tanggal February 4, 2019. 
  3. ^ "Larsen & Toubro Ltd 171109.pdf" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 September 2015. Diakses tanggal 15 November 2019. 
  4. ^ Shah, Shashank (2014-02-18). "Stakeholders Management in the British Construction Industry: Insights into the Approach at Larsen & Toubro's Construction Division". Journal of Values Based Leadership. 7 (1). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 May 2014. Diakses tanggal 11 June 2014. 
  5. ^ "Larsen & Toubro Annual Report 2017-18" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 4 April 2019. Diakses tanggal 15 November 2019. 
  6. ^ a b c d "Larsen & Toubro – Hydrocarbon Upstream". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 May 2013. Diakses tanggal 21 June 2012. 
  7. ^ "(OIF), Joint Venture company formed by Larsen & Toubro Ltd. (L&T), India and SapuraCrest Petroleum Berhad, Malaysia". Offshore International FZC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 May 2010. Diakses tanggal 16 July 2010. 
  8. ^ "Larsen & Toubro (L & T)". India Environment Portal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2010. Diakses tanggal 16 July 2010. 
  9. ^ "MHI Receives Order for 3 Supercritical-Pressure Boiler/Steam Turbine Sets | Asia > South Asia from". AllBusiness.com. 11 May 2010. Diakses tanggal 16 July 2010. 
  10. ^ "No.1 Construction Companies in World". No.1 Construction. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 August 2011. Diakses tanggal 10 August 2011. 
  11. ^ "Larsen & Toubro.It's All About Engineering!". Tej Web World. 28 February 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 September 2010. Diakses tanggal 16 July 2010. 
  12. ^ "An address that is distinctly refined, exceptionally rare". epaperbeta.timesofindia.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 February 2016. Diakses tanggal 2016-01-15. 
  13. ^ "L&T's 'youngest baby' shows growth in face of slowdown | Business Standard Mobile Website". wap.business-standard.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 January 2016. Diakses tanggal 2016-01-15. 
  14. ^ "Blackstone in talks with L&T realty to buy 1 million sq ft retail space - The Economic Times". The Economic Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 January 2016. Diakses tanggal 2016-01-15. 
  15. ^ "L&T Technology hits the capital markets". MyShareBazaar.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 September 2016. Diakses tanggal 2016-09-08. 
  16. ^ "L&T commissions India's largest solar power plant". Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 February 2014. Diakses tanggal 7 February 2013. 
  17. ^ "L&T partners with Sharp to provide turnkey Solar EPC-targets 100MW in 12 months and turnover of Rs 13 billion". Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 January 2012. Diakses tanggal 7 February 2013. 
  18. ^ "L&T Infra bets on solar power". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 October 2013. Diakses tanggal 7 February 2013. 
  19. ^ "L&T Infra raises $ 100 mn through ECB to fund solar projects". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2012. Diakses tanggal 7 February 2013. 
  20. ^ Powered by Intergage http://www.intergage.co.uk. "Larsen & Toubro Limited (L&T)". Rina.org.u. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 July 2011. Diakses tanggal 16 July 2010.