ICICI Bank

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ICICI Bank Limited
Publik
Kode emitenBSE: 532174
NSEICICIBANK
NYSE: IBN
IndustriPerbankan, Jasa keuangan
Didirikan1994
Kantor
pusat
Mumbai, Maharashtra, India
Wilayah operasi
Dunia
Tokoh
kunci
Chanda Kochhar (CEO dan Direktur Pengelola)
ProdukKartu kredit
Perbankan Konsumer
Perbankan korporat
Keuangan dan Asuransi
Bank investasi
Pinjaman hipotek
Perbankan swasta
Manajemen kekayaan
PendapatanKenaikan AS$ 13.812.000.000 (2011)[1]
Kenaikan AS$ 1.366.000.000 (2011)[1]
Total asetKenaikan AS$ 119.692.000.000 (2011)[1]
Karyawan
79.978 (2011)[1]
Situs webwww.icicibank.com

ICICI Bank (NSEICICIBANK, BSE: 532174, NYSE: IBN) adalah perusahaan jasa keuangan terbesar kedua di India yang berkantor pusat di Mumbai, Maharashtra. Bank ini didirikan pada tahun 1994 oleh Industrial Credit and Investment Corporation of India, sebuah lembaga keuangan India, sebagai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. Perusahaan induk dibentuk pada tahun 1955 sebagai perusahaan patungan di Bank Dunia, bank sektor publik dan perusahaan asuransi sektor publik India untuk menyediakan pembiayaan proyek ke industri India.[2][3] Bank ini awalnya dikenal sebagai Industrial Credit and Investment Corporation of India, sebelum berubah nama menjadi ICICI Bank disingkat. Perusahaan induk ini kemudian digabungkan ke ICICI Bank.

ICICI Bank menawarkan berbagai produk perbankan dan jasa keuangan kepada pelanggan korporat dan ritel melalui berbagai saluran pengiriman dan melalui anak perusahaan khusus di bidang perbankan investasi, asuransi hidup dan non-jiwa, modal ventura dan manajemen aset. Bank ini memiliki jaringan 2.533 kantor cabang dan 6.800 ATM di India, dan memiliki kehadiran di 19 negara, termasuk India.[4]

Bank ini memiliki anak perusahaan di Britania Raya, Rusia, dan Kanada; kantor cabang di Amerika Serikat, Singapura, Bahrain, Hong Kong, Sri Lanka, Qatar dan Dubai International Financial Centre; dan kantor perwakilan di Uni Emirat Arab, Republik Rakyat Tiongkok, Afrika Selatan, Bangladesh, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Anak perusahaan Britania Raya di ICICI Bank telah didirikan kantor cabang di Belgia dan Jerman.

Saham ekuitas ICICI Bank diperdagangkan di Bursa Efek Mumbai (BSE) dan Bursa Saham Nasional India (NSE), dan juga diperdagangkan sebagai bagian dari American Depositary Receipt (ADR) pada Bursa Efek New York (NYSE).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "2011 ICICI Bank Ltd". Yahoo. 
  2. ^ "NOS on ICICI" (PDF). NOS org. 
  3. ^ "about ICICI". lloydstsb. 
  4. ^ "About Us". ICICI.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]