Laguna Karavasta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laguna Karavasta
IUCN Kategori II (Taman Nasional)
Laguna karavasta dilihat dari angkasa
Letak20 km (12 mi) dari Lushnjë, Albania
Luas42 km2 (16 sq mi)[1]
Didirikan1966[2]

Laguna Karavasta (bahasa Albania: Laguna e Karavastasë) adalah laguna terbesar di Albania dan merupakan salah satu laguna terbesar di Laut Mediterania, dengan luas 42 km2 (16 sq mi). Laguna karavasta adalah bagian dari Taman Nasional Divjakë Karavasta yang dipisahkan dari Laut Adriatik oleh sebidang lahan pasir. Laguna ini membentang di pesisir Myzeqe, dekat dengan daerah Divjakë, sekitar 20 km (12 mi) dari Lushnjë, Albania.

Di laguna Karavasta banyak jumpai pohon pinus dan pulau-pulau kecil berpasir. Laguna ini dikenal sebagai habitat utama burung pelikan Dalmatian (Pelecanus crispus); 6,4% populasi pelikan Dalmatian Eropa ditemukan di Karavasta.[3][4][5] Laguna ini berada di dalam kawasan ekologi hutan gugur Illyrian, bioma terestrial hutan Paleartik dari kawasan rimba, hutan, dan semak belukar Mediterania. Daerah ini biasanya beriklim mediterania.

Laguna ini terletak di dalam batas-batas Taman Nasional Divjakë Karavasta dan telah diakui sebagai lahan basah yang penting secara internasional dengan penunjukan di bawah Konvensi Ramsar. Laguna telah diidentifikasi sebagai Daerah Burung Penting oleh BirdLife International, karena menjadi habitat penting dari populasi berbagai spesies burung.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KARAVASTA LAGOON MANAGEMENT PLAN" (PDF). ramsar.org (dalam bahasa English). hlm. 6. The major feature is the large Karavasta lagoon (c.4,200 ha) 
  2. ^ "Bryophytes of the Karavasta Lagoon area, with new reports for Albania" (PDF). bio.bas.bg (dalam bahasa English). hlm. 39. The coastal lagoon, and the forested areas (Forest of Divjaka) on the northwestern side of the lagoon, have been a National Park, and therefore a protected area since 1966. 
  3. ^ "THE COASTAL GEOMORPHOLOGY OF THE SEMANI RIVER MOUTH-KARAVSTA LAGOON IN THE SOUTHERN ADRIATIC SEA" (PDF). balkangeophysoc.gr (dalam bahasa English). hlm. 152. The area well known for the Dalmatian pelican colony Pelicanus crispus which numbers some 60-70 couples, which represent 5% of the total world population of this species. 
  4. ^ "Bashkia Fier » Karavasta Lagoon". Bashkia Fier. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-06. Diakses tanggal 2010-06-29. 
  5. ^ "ACTION PLAN FOR THE DALMATIAN PELICAN" (PDF). ec.europa.eu (dalam bahasa English). hlm. 10. 
  6. ^ BirdLife International. "Karavasta Lagoon". datazone.birdlife.org (dalam bahasa English).