Laeya, Konawe Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laeya
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Tenggara
KabupatenKonawe Selatan
Pemerintahan
 • CamatHADISMAR, S.Pi
Populasi
 • Total20,155 jiwa
Kode Kemendagri74.05.19
Kode BPS7405041
Luas277,968 km²
Desa/kelurahan15/2


Laeya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kecamatan Laeya adalah pemekaran dari Kecamatan Lainea yang pusat pemerintahannya bertempat di Kelurahan Punggaluku.

Di Punggaluku, terdapat instansi pendukung pemerintah seperti Bank BPD SULTRA Capem Punggaluku. di Kelurahan Punggaluku juga tersedia Lapangan Futsal Punggaluku dan fasilitas sentra pelayanan umum seperti Puskesmas Rawat Inap, SMA 3 Konawe Selatan, SMP 1 Laeya, SDN 2 Laeya dan SDN 7 Konawe Selatan dan juga terdapat Mess POLRES Konawe Selatan,sebelah Utara berbatasan dengan kecamatan Wolasi, sebelah selatan berbatasan dengan selat Tiworo, sebelah Timur berbatasan dengan kecamatan Lainea, sebelah Barat berbatasan dengan kecamatan Palangga.

Kecamatan ini memiliki ketinggian dari permukaan air laut mencapai 100 meter. Pada tahun 2013, rata-rata suhu udara maksimum 32 derajat celsius,tekanan udara rata-rata 1.008,6 Milibar dengan kelembaban Udara rata-rata 83 persen, kecepatan Angin pada umamnya berjalan normal mencapai 2 meter/detik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]