Kutu kepala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kutu kepala
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
P. irritans
Nama binomial
Pulex irritans

Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari. Kutu rambut ini sangat senang tinggal di rambut yang lembab.

Kutu rambut ini menyebar di kepala manusia dengan cara bersentuhan langsung, seperti melalui sentuhan dengan orang yang rambutnya sudah dihinggapi dengan kutu. Kutu rambut ini dapat berpindah dengan cara melompat ke kepala, atau melalui pengunaan sisir secara bersama, topi, bantal dan handuk.

Adapun bentuk dari telur kutu ini mirip seperti biji wijen akan tetapi ukurannya lebih kecil. Biasanya telur kutu ini menempel pada pangkal rambut orang yang terkena kutu rambut.

Kutu rambut ini bisa berkembang biak dengan cepat, butuh waktu kurang lebih 30 hari untuk menjadi kutu dewasa. Ciri-cirinya jika rambut kepala sudah dihinggapi kutu adalah timbul rasa gatal yang luar biasa. Hal itu disebabkan karena kutu-kutu dewasa menghisap darah di kulit kepala orang yang di hinggapinya.

Penyebab utamanya adalah karena kurang menjaga kebersihan rambut, rambut tidak pernah keramas atau dicuci dengan sampo, menggunakan barang-barang orang yang sudah dihinggapi oleh kutu terlebih dahulu, dan tinggal 1 asrama atau 1 kamar dengan orang yang sudah terkena kutu rambut

Obat-obat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]